Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Kesehatan Anak | Jun 29, 2018

8 Obat Alami untuk Menyembuhkan Flu pada Anak

Bagikan


Ketika anak pilek, tak sedikit orangtua yang panik dan langsung membeli obat di apotek.

Padahal, menurut American Academy of Pediatrics (AAP), obat-obatan yang dijual bebas tidak efektif untuk mengobati flu dan batuk pada anak. Bahkan, dapat berbahaya bagi anak-anak di bawah usia 6 tahun. 

Gejala flu memang tak bisa dianggap enteng. Flu biasanya disertai dengan gejala demam, batuk, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, sakit, bahkan kedinginan.

Meski begitu, bukan berarti anak dibiarkan ‘menderita’ flu. Moms bisa coba cara alami di rumah. Meski mungkin proses penyembuhannya tidak segera. Paling tidak perlu sekitar 10 hari sehingga anak merasa lebih baik.

Baca Juga : 7 Cara Alami untuk Mengobati Radang Tenggorokan pada Anak

Dalam banyak kasus, pengobatan alami yang sederhana justru berkhasiat menghilangkan gejala flu ringan hingga sedang. Nah, berikut ini beberapa solusi alami untuk menangani flu yang dialami Si Kecil :

1. Banyak minum

Flu bisa membuat Si Kecil dehidrasi, terutama jika disertai muntah atau diare. Jadi pastikan anak mendapatkan cairan yang cukup. Mom bisa memberikan air mineral atau jus buah dan minuman elektrolit.

Bagaimana cara mengetahui bahwa Si Kecil mendapatkan cukup cairan? Coba cek urine ketika buang air kecil. Bila warnanya kuning pucat atau hampir tidak berwarna, berarti cairan tubuhnya tercukupi.

Baca Juga : Tak Perlu Obat, Ini 6 Cara Alami Mengatasi Batuk dan Flu Saat Hamil

2. Mengonsumsi sup

Ada salah satu tradisi turun-temurun untuk menangani flu yaitu dengan cara mengonsumsi sup. Apakah itu benar? Mungkin saja. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Chest menunjukkan bahwa sup ayam dapat membantu menangani gejala infeksi saluran pernapasan seperti flu.

“Saya percaya bahwa sup ayam memang membantu menangani gejala flu,” kata Reid B. Blackwelder, MD, profesor kedokteran keluarga di East Tennessee State University di Kingsport.

Namun tidak semua dokter setuju bahwa efek kandungan dalam bahan makanan sup itu yang menyembuhkan flu. Ketika kepala menunduk untuk menyantap sup ayam hangat maka uapnya akan menuju hidung dan membuat saluran pernapasan membaik.

3. Vitamin C

Vitamin C diperlukan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh sehingga kuat. Moms bisa memilihkan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C.

Baca Juga : 4 Bahan Alami Ini Bisa Menjadi Obat Diare, Patut Dicoba!

4. Jahe

Substansi atau kandungan dalam jahe ampuh mencegah adhesi virus ke mukosa saluran pernapasan bagian atas. Jahe bersifat antiradang, antiseptik, dan juga antioksidan.

Jahe juga menenangkan perut dan tenggorokan, memiliki sifat untuk menekan batuk, dan dianggap sebagai pereda nyeri alami dan peredam demam. Buatlah teh jahe hangat sehingga membantu membersihkan saluran hidup Si Kecil.

5. Madu

Madu juga berguna meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan embantu tubuh melawan pilek atau flu lebih cepat. Tahukah Moms bahwa penelitian menunjukkan bahwa anak yang mengonsumsi madu lebih sedikit mengalami flu ketimbang anak yang tidak minum madu.

Bahkan, anak yang makan madu kualitas tidurnya lebih baik. Selain itu, madu tidak memiliki efek samping. Pastikan Moms memilih madu yang berkualitas baik.

Baca Juga : 8 Obat Sakit Kepala dari Bahan Alami

6. Probiotik

Probiotik adalah mikro-organisme, bakteri spesifik, jamur, dan ragi alami, sebagai komponen penting dari saluran pencernaan. Probiotik membantu proses pencernaan, penyerapan nutrisi, dan sebagai benteng depan pertahanan kekebalan tubuh kita.

Karena itu, bila anak mengalami flu, tak ada salahnya mengonsumsi probiotik. Moms coba buat smoothies yang lezat dengan menambahkan dosis probiotik yang direkomendasikan setiap hari. Moms juga dapat menambahkan probiotik ke susu, jus, air atau minuman lainnya.

7. Bawang putih

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa bawang putih merupakan antijamur dan antibakteri alami yang dapat menyembuhkan seseorang dari berbagai penyakit.

Bawang putih juga merupakan antibiotik alami. Namun, bawang putih akan kehilangan khasiatnya ketika dimasak. Karena itu, sebaiknya dikonsumsi dengan cara diminum. Atau, Moms dapat membuat sup bawang putih untuk melawan virus flu yang menyerang Si Kecil.

Baca : 12 Obat Batuk Alami yang Aman untuk Ibu Hamil

8. Istirahat

Istirahatkan tubuh. Mungkin tubuh Si Kecil sedang lelah sehingga mudah terkena penyakit, salah satunya infeksi flu. Hindari dulu berolahraga. Jaga pola tidur yang teratur. Kenapa? Karena siklus tidur yang teratur membantu sistem kekebalan bekerja dengan baik.

(HIL)

Sumber: webmd.com

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.