Gratis Ongkir minimum Rp 300.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Jalan-jalan | May 29, 2018

9 Fakta Unik Candi Borobudur yang Perlu Diketahui

Bagikan



Indonesia patut berbangga karena punya Candi Borobudur. Candi tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi turis asing untuk datang ke Indonesia.

Hari Raya Waisak di Indonesia tentu saja tidak bisa dilepaskan dari perayaan di candi Buddha terbesar di negeri ini.

Candi Borobudur merupakan tempat ibadah penting bagi umat Buddha. Borobudur juga menjadi salah satu situs warisan budaya paling terkenal. 

Selain masuk ke dalam tujuh keajaiban dunia, candi yang berlokasi di Kabumapen Magelang, Jawa Tengah, itu punya banyak fakta unik lainnya. Apa saja? Simak yuk Moms!

1. Bangunan yang unik

Moms yang pernah mengunjungi Candi Borobudur sebelumnya pasti tahu betul candi tersebut dibangun tanpa perekat sedikit pun.

Candi ini hanya tersusun dari batu-batu yang dibentuk sedemikian rupa sehingga bisa mengunci satu sama lain.

Membutuhkan waktu 23 tahun untuk membangun Borobudur dengan alat seadanya. Candi Borobudur ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia oleh UNESCO tahun 1991.

2. Kuil Buddha terbesar di dunia

Borobudur terdaftar dalam Guiness World Records sebagai situs kuil Buddha terbesar di dunia dengan luas 15.129 meter persegi, tinggi 42 meter, panjang 1 kilometer, tingkat 10, dan memiliki 72 stupa.

Baca Juga : 5 Patung Buddha Paling Terkenal di Dunia

3. Memiliki 2672 relief

fakta candi borobudur, candi borobudur, relief candi borobudur

Candi Borobudur memiliki banyak sekali relief, jumlahnya mencapai 2672 relief. Jika disusun memanjang, panjangnya bisa mencapai 6 kilometer lho Moms.

Relief-relief ini terbagi dalam empat cerita utama, yakni Karmawibangga, Lalita Wistara, Jataka dan Awadana, serta Gandawyuha.

Relief tersebut bercerita tentang perjalanan dan nilai-nilai Buddha. ada beberapa relief juga yang berkisah tentang masyarakat Jawa kala itu.

4. Kepala patung Buddha sering dicuri karena bernilai jual tinggi

Ancaman akan kerusakan bangunan candi bukan hanya datang dari kondisi alam, melainkan beberapa kriminalitas dengan mencuri beberapa bagian candi terutama kepala arca Buddha.

Kepala arca Buddha dipenggal dengan cara mendorongnya sampai jatuh dan patah. Harganya yang tinggi jadi incaran para pencuri untuk dijual kepada para kolektor.

5. Diperkenalkan oleh Sir Thomas Raffles ke seluruh dunia

Sir Thomas Raffles adalah orang yang pertama kali ‘memperkenalkan’ Borobudur kepada dunia pada 1814.

Awal mulanya, Raffles mendengar berita tentang adanya benda purbakala di desa Borobudur. Ia lantas menyuruh anak buahnya bernama H.C. Cornelius untuk mencari kebenaran berita.

Setelah Cornelius menemukannya, ia bersama beberapa prajuritnya membersihkan semua semak belukar yang menutupi candi. Raffles pun menuliskan peristiwa ini dalam bukunya.

6. Stupa digunakan sebagai jam matahari

candi borobudur, fakta tentang candi borobudur, stupa candi borobudur

Berdasarkan para ilmuwan, stupa terbesar pada Candi Borobudur juga berfungsi sebagai jam matahari yang digunakan sebagai petunjuk waktu pada masanya.

7. Makna nama Borobudur masih jadi misteri

Raffles menuliskan Bore-Budur untuk bahasa Inggris yang mengacu pada desa Bore dan “Budur” yang berarti Purba dalam bahasa Jawa. Namun ,ada yang bilang bahwa Budur di situ berarti gunung.

Selain Raffles, teori lain menyebutkan bahwa nama Borobudur diambil dari istilah Sambharabudhara yang berarti gunung yang memiliki teras-teras.

Lain lagi halnya dengan etimologi penduduk setempat bahwa Borobudur adalah sebuah nama yang terpeleset dari ujaran ‘para-buddha’ menjadi “Borobudur”.

8. Berada sejajar dengan Candi Pawon dan Candi Mendut

Jika ditarik garis lurus maka candi Borobudur, candi Pawon dan candi Mendut letaknya sejajar, ketiga candi tersebut juga bercorak Buddha Mahayana.

Memang kebetulan ketiga candi tersebut bercorak Buddha Mahayana yang menyebar ke Asia Timur.

Bahkan mitosnya ada sebuah jalan lurus antara tiga candi tersebut yang sering digunakan pada zaman dahulu. Namun penelitian yang dilakukan tidak menemukan bukti tersebut.

9. Sebagian relik candi Borobudur tersebar di 6 museum dunia

museum louvre

Bukan hanya di museum-museum Indonesia, ternyata akibat kemasyurannya, banyak dari potongan bangunan candi meyebar ke banyak museum di dunia. Di antaranya Museum Nasional Bangkok dan Museum Louvre di Paris.

Itulah beberapa fakta menarik tentang Candi Borobudur. Fakta mana yang paling membuat Moms kaget? Share yuk!

(AND)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.