Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

9 Pertanyaan yang Wajib Ditanyakan Ke Dokter Kandungan Saat Program Hamil

Bagikan


9 Pertanyaan yang Wajib Ditanyakan Ke Dokter Kandungan Saat Program Hamil

Bukan hanya kehamilan yang butuh persiapan. Mengunjungi dokter kandungan untuk pertama kali juga butuh persiapan Moms. Tanpa persiapan, Moms malah tidak dapat informasi yang Moms butuhkan.

Seperti kebanyakan dokter, dokter kandungan juga tidak akan bertele-tele saat melakukan pemeriksaan. Apalagi dokter favorit yang antreannya mengular. Dapat waktu 10-15 menit saja sudah bagus.

Nah, agar 10-15 menit Moms tidak sia-sia, ada baiknya Moms mempersiapkannya terlebih dahulu. Buatlah daftar pertanyaan yang ingin Moms tanyakan. Tanpa daftar itu, Moms kemungkinan besar akan lupa.

Baca Juga : Jangan Salah Memilih Dokter Kandungan untuk Persalinan

Lantas, apa saja pertanyaan yang perlu diajukan saat pertama kali mengunjungi dokter kandungan untuk program hamil? Berikut daftarnya.

1. Kapan mulai minum suplemen persiapan hamil?

Kehamilan memang perlu disiapkan. Salah satunya dengan mengonsumsi suplemen tertentu. Biasanya yang mengandung asam folat tinggi. Penting untuk Moms menanyakan kapan sebaiknya suplemen tersebut mulai di konsumsi. Moms juga bisa minta diresepkan jika dokter sudah menyarankan untuk mengonsumsi suplemen tersebut.

Baca Juga : Dokter Kandungan yang Aktif di Sosial Media untuk Konsultasi Gratis Sekaligus Berbagi Ilmu

2. Olahraga apa yang direkomendasikan?

Tubuh yang sehat menjadi modal untuk hamil. Moms bisa meminta saran dari dokter olahraga apa yang sebaiknya Moms lakukan. Biasanya, dokter akan menyarankan olahraga yang tidak terlalu berat untuk Moms lakukan selama persiapan hamil.

3. Kapan peluang terbesar untuk hamil?

Agar sel telur bisa bertemu dengan sperma dan terjadi pembuahan, Moms harus tahu kapan waktu yang tepat untuk berhubungan dengan Dads. Dokter mungkin akan menyakan beberapa hal terkait siklus menstruasi atau menyarankan untuk melakukan tes kesuburan untuk bis amenentukan kapan waktu terbaik.

4. Harus tunggu berapa lama setelah lepas KB?

Moms yang sebelumnya menggunakan KB tentu perlu bertanya harus berapa lama menunggu untuk hamil lagi setelag lepas KB.

5. Apakah berat badan sudah ideal untuk hamil?

Berat badan menjadi salah satu faktor penunjang kesuburan. Tanyakan kepada dokter Moms apakah berat badan yang sekarang sudah ideal atau belum. Jika belu, apa yang harus Moms lakukan untuk mencapai berat badan ideal itu.

6. Apakah terlalu tua untuk hamil?

Pertanyaan ini juga bisa Moms ajukan kepada dokter. Hamil di usia yang terlalu muda atau terlalu tua akan meningkatkan risiko pada kehamilan. Sebaiknya Moms pastikan betul ya. Jika memang usia Moms terlalu tua, Moms bisa meminta saran untuk mengurangi risiko yang mungkin akan dialami.

7. Perlukah vaksin tertentu?

Beberapa penyakit bisa menular dari ibu kepada bayi dalam kandungan. Moms pastikan hal tersebut. Tanyakan juga apakah Moms perlu vaksin tertentu sebelum hamil.

8. Perlukan screening genetic carrier?

Beberapa penyakit bisa menurun dari Moms dan Dads ke Si Kecil. Untuk mengetahui hal tersebut, Mom dan Dads biasanya perlu melakukan screening genetic carrier. Pastikan kepada dokter apakah hal tersebut perlu dilakukan.

9. Apakah obat atau suplemen yang sedang dikonsumsi aman?

Moms yang sedang menjalani pengobatan wajib menanyakan apakah obat-obatan yang sedang Moms konsumsi aman selama persiapan hamil atau tidak.

Itulah beberapa pertanyaan yang bisa Moms ajukan kepada dokter kandungan saat akan mengikuti program hamil. Semoga sukses ya Moms!

(AND)

Sumber: popsugar.com, verywellfamily.com, parents.com, mother.ly

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.