Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

9 Tips Agar Berat Badan Tak Melonjak Naik Saat Hamil

Bagikan


9 Tips Agar Berat Badan Tak Melonjak Naik Saat Hamil

Kehamilan memang membawa sejumlah perubahan fisik pada tubuh wanita. Salah satunya, berat badan yang bertambah selama 9 bulan mengandung.

Secara medis, kenaikan berat badan ini menunjukkan bahwa tubuh melakukan perannya untuk menyesuaikan nutrisi dan kesiapan bagi ibu hamil maupun bayinya saat waktu persalinan tiba.

Namun, mungkin sebagian dari Moms bertanya-tanya mengapa berat badan pada ibu hamil ada yang naik secara drastis, tapi juga ada yang stabil atau malah tampak tetap langsing ketika hamil?

Kenaikan berat badan ini juga lalu diikuti kekhawatiran Moms, apakah berat badan janin di dalam rahim memiliki berat badan yang ideal?

Untuk itu, sebaiknya Moms mengetahui pula apa saja faktor yang mempengaruhi kenaikan berat badan ibu hamil berikut ini:

  • Bukan hanya pertumbuhan bayi, tetapi tubuh Moms juga mengembangkan jaringan tubuh ekstra, termasuk payudara dan rahim yang lebih besar, plasenta, darah, dan cairan ketuban serta lemak untuk persiapan menyusui dan menyimpan nutrisi.
  • Berat badan sebelum hamil, yang berdampak pada berat badan naik saat hamil, bahkan meningkatkan risiko komplikasi tertentu, seperti diabetes gestational, kelahiran prematur, dan persalinan Caesar.
  • Hamil bayi kembar, wanita yang hamil lebih dari dua bayi kembar akan mengalami berat badan naik saat hamil tergantung dari berapa banyak bayi yang dikandungnya.
  • Mengalami morning sickness, yang menyebabkan pola tidur dan bahkan pola makan tidak terkendali.

Baca: Waspada Mommyrexia, Tren Tetap Langsing Saat Hamil yang Justru Bahayakan Janin

Tips Agar Berat Badan Tak Melonjak Naik Saat Hamil

Menurut dr. R. Bonti Tri H. Shanti, SpOG dari Rumah Sakit Bunda, Jakarta, faktor yang paling mempengaruhi berat badan naik saat hamil, tentunya tergantung pada asupan dan pola makan yang tidak terkontrol di masa kehamilan.

Karena itu, dokter dan ahli gizi menyarankan beberapa cara efektif agar berat badan saat hamil naik secara ideal dan sehat. Antara lain:

1. Awali dengan berat badan ideal yang sehat

Selain mengkonsumsi vitamin prenatal, mulailah kehamilan dengan berat badan ideal yang sehat, demikian menurut Dr. Lauren Hyman, seorang ob-gyn di West Hills, California.

2. Makanlah secukupnya namun sering

Fokuslah makanan utama dalam porsi kecil namun sesering mungkin yang mengandung protein tanpa lemak, serat tinggi, lemak sehat, buah-buahan, dan sayuran.

Kemudian pilihlah cemilan sehat di sela waktu makan setiap tiga jam, yang membantu Moms menghindari makan berlebihan pada jam makan.

Baca: 10 Cemilan Sehat dan Enak Untuk Ibu Hamil

3. Minum air

Hindari dehidrasi selama kehamilan dengan minum cukup air, yang juga memiliki manfaat ekstra untuk membantu Moms tetap kenyang di antara waktu jam makan dan cemilan serta mencegah konstipasi (sembelit).

4. Ngidam lebih variatif

Kuncinya adalah memuaskan keingingan ‘ngemil’ sekaligus mendapatkan protein dan lemak sehat yang Moms dan bayi butuhkan, yang tentunya akan membantu Moms tetap kenyang.

5. Nikmati karbohidrat

Karbohidrat bisa bermanfaat bagi wanita hamil, terutama jika Moms sedang melawan mual dan muntah morning sickness.

Lebih baik pilih karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, quinoa, roti dan pasta gandum utuh yang tidak hanya memberi lebih banyak nutrisi bagi Moms dan bayi, namun membantu Moms merasa kenyang lebih lama.

6. Mulailah jalan santai

Dr. Jeanne Conry, mantan American Congress of Obstetricians and Gynecologists menyarankan agar ibu hamil berjalan 10 menit sehari.

Setelah 30 hari, tambahkan 10 menit lagi, sehingga pada akhir trimester pertama mereka berjalan 30 menit setiap hari.

7. Memanjakan diri sesekali

Dr. Hyman, ob-gyn California, setuju jika pasiennya seharusnya tidak menghindari makanan favorit dan menikmatinya sekali seminggu.

8. Diskusikan dengan ahlinya

Mendiskusikan kenaikan berat badan dengan dokter atau bidan setiap kunjungan prenatal akan membantu Moms melakukan perubahan bila perlu.

9. Menyusui

Setelah bayi lahir, menyusui dapat membantu menurunkan berat badan yang ideal sesudahnya.

Baca Juga : Tips Perut Kembali Rata Pasca Melahirkan

Itulah tips untuk menghindari lonjakan berat badan yang tak terkontrol saat hamil. Nah, kalau Moms bagaimana mengatasi kenaikan berat badan saat hamil selama ini?

(ROS)

Sumber: modernmom.com, pregnancybirthbaby.org.au, babycenter.com

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.