3-5 tahun

7 November 2020

4 Tips Agar Anak Suka Olahraga dan Aktif Bergerak, Simak di Sini!

Bagi yang kesulitan membuat anak bergerak aktif, simak ya Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Mengajak Si Kecil berolahraga bisa memberikan manfaat kesehatan dan tumbuh kembangnya. Mengutip Kids Health, ada banyak manfaat dari olahraga untuk anak, beberapa yaitu:

  • Otot dan tulang yang lebih kuat
  • Tubuh lebih ideal
  • Mengurangi risiko kelebihan berat badan
  • Kemungkinan lebih rendah mengalami diabetes tipe 2
  • Menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol darah
  • Pandangan hidup yang lebih baik

Tetapi, tidak semua anak terbiasa melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga. Moms mungkin akan sedikit kesulitan agar anak suka olahraga.

Maka dari itu, pentingnya Moms mengetahui tips agar anak suka olahraga.

Baca Juga: 5 Olahraga untuk Anak TK yang Sederhana dan Mudah Dilakukan

Tips Agar Anak Suka Olahraga

Menurut American Academy of Child and Adolescent Psychiatry, disebutkan bahwa, jika satu orang tua mengalami obesitas, maka akan ada kemungkinan 50% anak-anaknya juga akan mengalami obesitas.

Dengan begitu, kegiatan olahraga tidak hanya dilakukan oleh anak-anak saja, tetapi juga dengan orang tua.

Berikut ini beberapa tips agar anak menyukai olahraga:

1. Ajak Anak Jalan Santai/Joging

tips agar anak suka olahraga-1.jpg

Foto: ccfinorman.org

Kegiatan paling sederhana yang bisa Moms and Dads lakukan untuk membuat anak suka olahraga adalah jalan-jalan pagi atau joging. Joging bisa menjadi olahraga sederhana yang mudah bisa dilakukan bersama-sama setiap harinya atau jika sibuk, bisa dilakukan setiap weekend.

Cukup dengan mengenakan pakaian yang nyaman dan sepatu olahraga, Moms and Dads bersama Si Kecil siap berkeliling kompleks atau taman di sekitar lingkungan rumah. Atau jika ada waktu, bisa mengunjungi lokasi car free day dengan tetap menerapkan protokol kesehatan tentunya.

Sambil menikmati pemandangan, kegiatan agar anak suka olahraga satu ini juga dapat Moms manfaatkan untuk bermain dan berbincang lebih dalam dengan Si Kecil lho.

Baca Juga: Jalan Kaki, Aktivitas Sederhana yang Punya 7 Manfaat Luar Biasa

2. Jadikan Sebagai Kegiatan Menyenangkan dan Rutin Dilakukan

tips agar anak suka olahraga-2.jpg

Foto: raisingchildren.net.au

Moms, tidak semua anak tertarik dengan olahraga, apalagi dengan aturan ketat seperti sepakbola atau baseball.

Moms and Dads bisa mencari kegiatan lain agar anak suka olahraga, seperti panjat tebing, berenang, atau bela diri.

"Mungkin saatnya untuk mengeksplorasi pilihan lain ketika anak Anda tidak lagi bersenang-senang," kata Eric Small, MD, spesialis kedokteran olahraga anak/remaja dan penulis Kids & Sports, mengutip WebMD.

Ia juga menyarankan bahwa penting untuk membuat anak-anak merasa termotivasi untuk bergerak, sehingga ia dapat membentuk kebiasaan untuk berolahraga dan melakukan aktivitas fisik.

Setelah Moms and Dads menemukan olahraga apa yang menjadi kesukaannya, jadikanlah olahraga tersebut sebagai rutinitas. Fokuskan mereka pada satu olahraga supaya ia semakin terbiasa.

Bila ia menyukai bola atau renang, maka tak ada salahnya mendaftarkannya di sekolah bola maupun renang. Biarkan mereka dilatih langsung oleh sang ahli. Hal itu juga akan membuka peluang mereka untuk mengikuti berbagai jenis perlombaan.

3. Orang Tua Turut Bergabung dengan Anak

tips agar anak suka olahraga-3.jpg

Foto: todaysparent.com

Anak-anak sangat menyukai ketika orang tua mereka juga turut berolahraga dan aktif bergerak bersama mereka. Jadikan ini kesempatan agar anak suka olahraga.

Misalnya, dengan melakukan kegiatan mendaki bukit, bersepeda bersama berkeliling komplek perumahan, atau melakukan olahraga nyata seperti basket atau berenang.

"Anda tidak perlu banyak peralatan mewah atau mengikuti kelas khusus untuk mendorong anak Anda berolahraga," kata Patricia Nixon, PhD, presiden terpilih dari North American Society of Pediatric Exercise Medicine.

Baca Juga: Patut Dibiasakan Sejak Dini, Ini Dia 4 Manfaat Olahraga untuk Anak

4. Batasi Penggunaan Gadget

tips agar anak suka olahraga-4

Foto: Orami Photo Stock

American Academy of Pediatrics merekomendasikan supaya anak-anak tidak menatap layar ponsel lebih dari 1-2 jam per hari, baik itu menonton televisi, berselancar di internet, atau bermain games.

Maka dari itu, menjadi langkah penting untuk membuat Si Kecil lebih aktif dan agar anak suka olahraga. Moms bisa mengajaknya bermain di taman dekat rumah atau ikut berjalan-jalan dengan hewan peliharaan.

Untuk mencegah godaan menggunakan gadget atau menatap layar, jangan bawa ponsel saat olahraga dan keluar rumah bersama Si Kecil.

Itu dia tips supaya anak suka bergerak dan aktif. Yuk, dicoba, demi kesehatan buah hati Moms.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait