Parenting Islami

19 Agustus 2021

Ini Adab dan Doa Masuk Kamar Mandi dalam Islam, Yuk Ajarkan pada Si Kecil!

Masuk kamar mandi harus mendahulukan kaki kiri
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Doa masuk kamar mandi perlu diketahui. Dalam ajaran Islam, ketik ingin buang air atau mandi, dianjukan untuk membaca doa masuk kamar mandi terlebih dahulu.

Seperti yang sudah diketahui, kamar mandi adalah tempat yang kotor karena fungsinya untuk buang hajat dan membersihkan kita dari berbagai macam najis.

Tempat yang kotor sendiri pun diketahui sebagai tempat yang membuat setan nyaman dan berdiam diri. Hal tersebutlah yang membuat doa masuk kamar mandi sangat dianjurkan.

Bukan hanya doa masuk kamar mandi, doa keluar kamar mandi pun dianjurkan untuk dibaca.

Yuk ketahui doa masuk kamar mandi, doa keluar kamar mandi, dan adab masuk kamar mandi!

Baca Juga: 7 Kumpulan Doa untuk Diri Sendiri, Wajib Diketahui!

Doa Masuk Kamar Mandi

Doa masuk kamar mandi

Foto: Orami Photo Stock

Adapun doa masuk kamar mandi yang perlu Moms ketahui dan juga ajarkan pada Si Kecil. Ini doa masuk kamar mandi beserta latin dan juga artinya yang dilansir dari Islam NU!

اَللّٰهُمَّ اِنّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

"Allahumma innii a’uudzubika minal khubutsi wal khabaaitsi.”

Artinya: Wahai Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan kepada-Mu dari (godaan) setan laki-laki dan setan perempuan.

Selain doa masuk kamar mandi, Moms juga perlu mengetahui doa keluar kamar mandi. Berikut doanya!

Baca Juga: Yuk Ajarkan Doa Buka Puasa dan Maknanya pada Si Kecil, Intip di Sini!

Doa Keluar Kamar Mandi

Doa masuk kamar mandi

Foto: Orami Photo Stock

Seperti yang sudah disebutkan, demi melindungi kita dari godaan setan, ada baiknya kita semua menghafal doa keluar kamar mandi usai doa masuk kamar mandi.

Ini dia bacaan dia keluar kamar mandi yang perlu diketahui beserta latin dan juga artinya!

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

"Ghufranaka. Alhamdulillahilladzi azhaba ‘annil adzaa wa’aafaanii."

Artinya: Dengan mengharap ampunan-Mu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan.

Baca Juga: Kirim Doa untuk Orang Meninggal dalam Agama Islam dan Kristen

Adab Masuk Kamar Mandi

Doa masuk kamar mandi

Foto: Orami Photo Stock

Bukan hanya mengetahui doa masuk kamar mandi dan keluar kamar mandi. Ternyata ada adab yang perlu diperhatikan ketika memasuki kamar mandi.

Dilansir dari Islam NU Ulama adalah pewaris Nabi dalam masalah agama. Ungkapan tersebut adalah hadits nabi, maka selayaknyalah seorang muslim mengambil ilmu dari para ulama.

Berikut ini adab masuk toilet atau jamban menurut Imam Abi Hamid Muhammad bin Muhammad Al-Ghazali.

Jadi, hendaknya setiap orang muslim yang hendak masuk toilet atau jamban melakukan hal-hal di bawah ini:

Baca Juga: Ini Doa Agar Cepat Kontraksi dan Melahirkan

1. Mendahulukan Kaki Kiri

Ketika memasuki kamar mandi atau toilet, hendaknya mendahulukan kaki kiri. Namun ketika keluar dari kamar mandi, hendaknya mendahulukan kaki kanan.

Hal tersebut dikarenakan kamar mandi merupakan salah satu tempat yang kotor. Jadi, sebaiknya ketika memasukinya, kita mendahulukan kaki kiri.

Dalam HR. Bukhari Muslim menyebutkan:

"Rasulullah SAW lebih suka mendahulukan yang kanan ketika memakai sandal, menyisir rambut, ketika bersuci dan dalam setiap perkara (yang baik-baik)."

2. Tidak Membawa Benda dengan Asma Allah dan Nabi atau Rasul

Ketika di dalam kamar mandi, hendaknya tidak membawa barang apapun yang melambangkan asma Allah atau sesuatu yang berhubungan dengan nabi dan rasul.

Tak hanya itu, bahkan dalam laman Islam NU lainnya dikatakan bahwa melafalkan bismillah di kamar mandi pun sebaiknya tidak dilakukan.

Hal tersebut pun dijelaskan dalam Al Mawsu'atul Fiqhiyyah yang menyebutkan:

قال ابن عابدين: لو توضأ في الخلاء فهل يأتي بالبسملة وغيرها من أدعية الوضوء مراعاة لسنته؟ أو يتركها مراعاة للمحل؟ قال: الذي يظهر الثاني لتصريحهم بتقديم النهي على الأمر وهو مقتضى ما عند الحنابلة من أن التسمية في الوضوء واجبة، وأن الذكر بالقلب لا يكره، وذهب المالكية إلى يكره الذكر في الخلاء

Artinya: “Ibnu ‘Abidin mengatakan, andaikan seorang berwudhu di kamar kecil, apakah dianjurkan baginya membaca bismillah dan kesunahan lainnya dari membaca do’a wudhu demi menjaga kesunahan atau meninggalkannya mengingat tempatnya?

Menurut Ibnu ‘Abidin, pendapat yang jelas adalah meninggalkan kesunahan karena kebanyakan ulama lebih memprioritaskan larangan dari perintah. Hal ini sesuai dengan pendapat ulama dari Madzhab Hanbali yang mengatakan bismillah wajib dalam wudhu. Sementara tetap berdzikir di dalam hati tidak dimakruhkan dan menurut ulama Madzhab Maliki dimakruhkan zikir di kamar kecil.”
Merujuk pada ajaran tersebut disebutkan bahwa sebaiknya tak mengucapkan bismillah ketika melakukan wudhu di kamar mandi.

Baca Juga: Cara dan Doa Meminta Rezeki dalam Islam, Yuk Panjatkan Moms!

3. Tidak Bersuci dengan Tangan Kanan

Dalam agama Islam, diketahui bahwa sebaik-baiknya hal dilakukan dengan menggunakan tangan kanan. Namun ternyata, dalam Islam mengajarkan bahwa ketika beristinja atau bersuci sebaiknya menggunakan tangan kiri.

Dalam HR. Bukhari dan Muslim disebutkan bahwa sebaiknya menggunakan tangan kiri ketika membersihkan diri usai membuang kotoran.

Ajaran tersebut berbunyi:

"Jika salah seorang di antara kalian minum, janganlah ia bernapas di dalam bejana. Jika ia buang hajat, janganlah ia memegang kemaluan dengan tangan kanannya. Janganlah pula ia beristinja’ dengan tangan kanannya."

4. Tidak Bersuara di Kamar Mandi

Ketika kita di kamar mandi, terkadang tak sengaja bernyanyi. Namun ternyata, diam ketika berada di kamar mandi sangat dianjurkan.

Hal tersebut pun diungkapkan oleh Ibnu 'Umar Radhiyallahu 'anhuma. Beliau berkata:

"Ada seseorang yang melewati Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan beliau sedang kencing. Ketika itu, orang tersebut mengucapkan salam, namun beliau tidak membalasnya." (HR. Muslim).

Baca Juga: Ini Doa-doa Diberi Kemudahan, Yuk Amalkan Agar Segera Keluar dari Kesulitan!

5. Tak Menghadap Kiblat

Ketika buang air, dikatakan sebaiknya kita tidak menghadap kiblat. Hal ini pun diungkapkan dalam HR. Bukhori dan Muslim yang berbunyi

"Jika kalian mendatangi jamban, maka janganlah kalian menghadap kiblat dan membelakanginya. Akan tetapi, hadaplah ke arah timur atau barat."

Nah itu dia doa masuk kamar mandi, keluar kamar mandi, dan adabnya yang perlu diketahui dan dilakukan.

  • https://islam.nu.or.id/post/read/81455/doa-tatakrama-dan-cara-bersuci-saat-buang-air
  • https://islam.nu.or.id/post/read/65827/adab-buang-air-menurut-imam-al-ghazali#:~:text=Berikut%20ini%20adab%20masuk%20toilet,Muhammad%20bin%20Muhammad%20Al%2DGhazali.&text=1.,Asma%20Allah%20dan%20Nabi%2FRasulnya.
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait