Program Hamil

PROGRAM HAMIL
29 Januari 2020

Adakah Harapan Hamil Alami Setelah Gagal IVF?

Pertahankan gaya hidup sehat untuk wujudkan hamil alami setelah gagal IVF
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Gladys
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Saat belum dapat mewujudkan keinginan untuk memiliki anak dengan hamil alami, beberapa pasangan akan mencoba beralih menjalani program IVF.

Meski telah banyak kasus sukses dengan IVF, namun beberapa pasangan belum juga berhasil mendapatkan kehamilan dengan proses ini, meski telah mencobanya selama beberapa siklus.

Hal ini seringkali membuat pasangan terpuruk dengan masalah infertilitas. Kini harapan lain muncul, setelah sebuah penelitian menemukan wanita tetap dapat hamil alami setelah gagal IVF, berikut ulasannya.

Baca Juga: Selain IVF, Ini Cara Hamil Buat Penderita PCOS

Peluang Hamil Alami Setelah Gagal IVF

1 Peluang Hamil Alami Setelah Gagal IVF.jpg

Foto: freepik.com

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Human Reproduction mencoba meneliti 2.133 wanita yang telah menerima perawatan IVF dari tahun 1998 hingga 2011 di Aberdeen.

Hasilnya, sekitar setengah wanita dalam penelitian tersebut (1.073 wanita) berakhir tanpa hasil kehamilan atau keguguran. Namun 17% dari wanita tersebut berhasil hamil alami setelah gagal IVF, setidaknya dalam kurun waktu lima tahun.

Tidak hanya wanita yang telah gagal IVF, 1.060 wanita yang sukses memiliki anak dalam penelitian ini, sekitar 15%-nya berhasil hamil anak selanjutnya dengan cara alami dalam kurun waktu lima tahun.

“Studi ini akan memberi pasangan informasi yang lebih jelas bahwa masih ada kesempatan untuk hamil secara alami, bahkan setelah IVF sebelumnya gagal,” ungkap ketua peneliti, Dr. David McLernon, seperti dikutip dari dailymail.co.uk.

Baca Juga: Mudah Hamil Di Segala Usia Dengan IVF. Benarkah?

Faktor Gaya Hidup

2 Faktor Gaya Hidup.jpg

Foto: empowher.com

Dikutip dari Bio News, dalam sebuah penelitian berbeda yang dilakukan antara tahun 1983 hingga 1995 (proyek OMEA) di Belanda, tim peneliti juga menemukan kesuksesan hamil alami setelah gagal IVF.

Namun berbeda dengan penelitian di atas, penelitian ini lebih menekankan tentang pentingnya perubahan gaya hidup. Saat berbicara dalam European Society of Human Reproduction & Embryology di Barcelona, Dr. Ame Lintsen dari Radboud University di Nijmegen, Belanda menyebutkan bahwa mempertahankan gaya hidup sehat setelah perawatan IVF akan memaksimalkan peluang selanjutnya untuk hamil alami.

Penelitian ini mensurvei 8.669 wanita dimana para peneliti mencoba mendata usia, sejarah kehamilan, durasi dan penyebab subfertilitas, jumlah siklus IVF yang sebelumnya dicoba, berat badan, asupan alkohol, kafein, hingga kebiasaan merokok.

Baca Juga: Masih Mempertimbangkan Program Hamil IVF? Simak Penjelasannya di Sini!

Gaya Hidup Yang Perlu Dibatasi

3 Gaya Hidup Yang Perlu Dibatasi.jpg

Foto: pixabay.com

Hasil penelitian proyek OMEA menyebutkan bahwa 1.349 wanita (16%) berhasail hamil alami setelah berhenti menjalani perawatan IVF (dalam periode 13 tahun). Lalu 45% berhasil hamil alami setelah gagal IVF terakhir setidaknya enam bulan.

Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa merokok lebih dari satu batang sehari membuat peluang wanita hamil alami setelah gagal IVF berkurang hingga 44%, mengonsumsi kopi (atau minuman berkafein lainnya) lebih dari empat cangkir sehari mengurangi peluang hamil alami setelah gagal IVF hingga 26%, dan mengonsumsi minuman beralkohol lebih dari tiga kesempatan per minggu menurunkan peluang hamil alami setelah gagal IVF hingga 26%.

Selain itu, berat badan berlebih juga memengaruhi penurunan peluang hamil alami setelah gagal IVF hingga 29%.

Baca Juga: Apa Yang Membedakan Kehamilan Alami dan IVF?

Tidak perlu lagi khawatir bagi Moms yang terus mengalami kegagalan program IVF. Karena peluang untuk hamil secara alami dan memiliki anak masih terbuka lebar, sambil memaksimalkan usaha Moms dengan menyeimbangkannya melalui gaya hidup sehat.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait