Kesehatan

KESEHATAN
31 Maret 2021

7 Manfaat Adas, Baik untuk Kesehatan Wanita dan Jantung

Moms, berikut ini tanaman adas yang baik untuk kesehatan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms, pernahkah mendengar tentang tanaman adas (fennel)? Ternyata, tanaman ini banyak dilirik karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain itu, daun adas juga dikenal memiliki banyak keuntungan untuk kesehatan.

Jurnal dari Universitas Gadjah Mada, Agritech, mengungkapkan, adas adalah salah satu tanaman obat penting yang tumbuh di wilayah Mediterania, Eropa, dan Mesir yang digunakan untuk pengobatan dan konsumsi manusia.

Selain itu, tanaman adas juga dikenal memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, antidemensia, hingga antikanker. Nah, ini ulasan selengkapnya yang bisa Moms ketahui.

Baca Juga: 7 Manfaat Minum Jahe, Bisa Atasi Mual saat Hamil

Mengenal Manfaat Tanaman Adas

Meski tidak sepopuler sayuran-sayuran lainnya, ternyata adas bisa dikonsumsi dan menjadi sumber nutrisi yang mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan, lho, Moms. Tidak percaya?

Satu cangkir irisan adas mentah hanya mengandung 27 kalori, dengan kandungan hampir 3 gram serat. Selain itu, satu cangkir adas mentah juga mengandung 17% dari kebutuhan harian vitamin C dan 10% untuk kalium pengatur tekanan darah.

Selain itu, ada juga kandungan dalam jumlah yang lebih kecil, yaitu mangan, kalsium, zat besi, dan vitamin B. Jadi, melihat banyak nutrisi di dalamnya, tidak mengherankan kalau adas dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat tersebut bisa didapatkan dari daun hingga biji dari tanaman adas. Nah, dilansir dari berbagai sumber, yuk kenali manfaat tanaman adas berikut ini:

1. Memelihara Kesehatan Tulang

Memelihara Kesehatan Tulang.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari Medical News Today, adas bermanfaat untuk memelihara kesehatan tulang. Hal ini karena kandungan vitamin dan mineral dalam adas mampu membangun dan memelihara struktur dan kekuatan tulang dengan baik.

Tanaman adas mengandung fosfat dan kalsium yang penting untuk menjaga struktur tulang. Selain itu, terdapat juga kandungan zat besi dan zinc yang penting untuk pematangan kolagen.

Terdapat juga asupan vitamin K yang sudah dikaitkan dengan pencegahan risiko patah tulang.

Asupan vitamin K yang cukup memiliki manfaat untuk memodifikasi protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan mengurangi ekskresi kalsium dalam urine. Itulah sebabnya, Moms dapat mengonsumsi tanaman adas untuk menjaga kesehatan tulang.

Namun, mungkin karena masih terdengar asing, apakah Moms dapat membayangkan bagaimana rasa dari tanaman adas?

Dikutip dari laman Health, adas memiliki aroma yang lembut, dengan rasa agak manis namun tidak menyengat.

Sementara itu, biji adas memiliki rasa yang lebih kuat, hangat, dan manis. Ini juga yang menyebabkan biji adas biasanya digunakan sebagai bumbu masakan.

Baca Juga: Cara Menanam Kunyit di Rumah untuk Dijadikan Obat Tradisional

2. Membantu Meredakan Rasa Nyeri

Membantu Meredakan Rasa Nyeri

Foto: Orami Photo Stock

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, manfaat tanaman adas ternyata juga mampu meredakan rasa nyeri. Hal ini diungkapkan dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Complementary Therapies in Clinical Practice.

Studi ini mengamati efek adas pada wanita yang mengidap sakit osteoartritis lutut. Hasilnya cukup mengejutkan, Moms.

Mereka yang secara rutin mengonsumsi kapsul dengan kandungan ekstrak adas bubuk sebanyak dua kali sehari, mengalami pengurangan rasa nyeri dan kekakuan pada bagian lutut.

Hal ini menunjukkan bahwa tanaman adas juga bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri, terutama bagi mereka yang mungkin memiliki masalah pada sendi dan tulang.

Jika Moms masih bingung bagaimana cara mengolah adas menjadi makanan yang lezat, sebenarnya teknik memasaknya sama saja dengan mengolah sayuran lainnya. Moms bahkan juga bisa makan daun adas langsung yang dicampurkan ke dalam semangkuk salad dan minyak zaitun.

Pilihan lainnya, Moms bisa mengolah adas dengan cara menumis dan memanggang, yang diberikan bumbu-bumbu tambahan seperti sea salt dan lada hitam. Intinya, temukan olahan adas yang paling sesuai dengan selera Moms dan keluarga.

3. Memiliki Manfaat untuk Kesehatan Wanita

Memiliki Manfaat untuk Kesehatan Wanita.jpg

Foto: planetnatural.com

Secara spesifik, adas disebutkan memiliki manfaat untuk kesehatan wanita. Manfaat ini bisa didapatkan dari fennel oil atau minyak adas.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Menopausal Medicine mengulas manfaat dari minyak adas dalam pengelolaan nyeri haid, sindrom pramenstruasi, telat haid, masa menopause, menyusui, dan sindrom ovarium polikistik (PCOS).

Studi ini menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi 100 miligram minyak adas setiap hari selama 8 minggu berturut-turut mampu meningkatkan hormon estrogennya.

Sementara itu, beberapa penelitian lainnya menyebutkan, ekstrak adas dapat mengurangi efek sindrom pramenstruasi (PMS).

Namun, sebenarnya mengonsumsi minyak adas secara oral ini memang masih menimbulkan banyak pertimbangan. Mungkin saja ada efek samping seperti alergi atau iritasi yang dapat ditimbulkan.

Selain itu, bagi Moms yang saat ini sedang menjalani program hamil juga berhati-hati dalam mengonsumsi apa pun.

Ada baiknya, Moms tetap memakai cara yang paling aman untuk mengonsumsi adas, yaitu menjadikannya sayuran atau makanan matang. Sebab, manfaat yang didapatkan juga tak kalah baiknya, lho!

Baca Juga: Tak Disangka, 6 Sayuran Ungu Ini Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

4. Baik untuk Kesehatan Kulit

Baik untuk Kesehatan Kulit.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat tanaman adas lainnya, yaitu baik untuk menjaga kesehatan kulit. Mengapa demikian? Adas mentah adalah sumber vitamin C yang sangat baik.

Nah, vitamin C in penting untuk pembentukan kolagen, pendukung kesehatan kulit, dan berfungsi juga sebagai antioksidan.

Dengan demikian, adas mampu memelihara kesehatan kulit, serta mencegah kerusakan akibat sinar matahari, polusi, dan asap.

Selain itu, vitamin C juga meningkatkan kemampuan kolagen untuk menghaluskan kerutan dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung.jpg

Foto: videohive.net

Manfaat tanaman adas lainnya, yaitu mampu menjaga kesehatan jantung dengan baik. Hal ini karena tanaman adas mengandung serat, kalium, folat, vitamin C, dan vitamin B6 yang semuanya mampu mendukung kesehatan jantung dengan baik.

Mari kita ulas satu per satu mengenai nutrisi di dalam adas yang baik untuk kesehatan jantung, ya, Moms:

  • Adas mengandung banyak serat. Serat sudah dikenal mampu menurunkan risiko penyakit jantung karena dapat mengurangi jumlah total kolesterol dalam darah.
  • Kalium juga mampu meningkatkan kesehatan jantung, karena mampu menurunkan tekanan darah yang tinggi.
  • Vitamin B6 dan folat mampu mencegah pembentukan senyawa yang disebut homosistein dengan mengubahnya menjadi senyawa lain, yaitu metionin. Ketika jumlah homosistein yang berlebihan menumpuk, maka dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan masalah pada jantung.

Itulah sebabnya, tanaman adas bisa dijadikan salah satu nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga: 6 Sayuran yang Bisa Mencegah Penyakit Autoimun, Bisa Jadi Pilihan!

6. Menjaga Metabolisme Tubuh

Menjaga Kesehatan Jantung.jpg

Foto: verywellfamily.com

Manfaat tanaman adas berikutnya, yaitu mampu menjaga metabolisme tubuh dengan baik.

Adas adalah sumber vitamin B-6 yang berperan penting dalam metabolisme energi dengan cara memecah karbohidrat dan protein menjadi glukosa dan asam amino.

Nah, senyawa yang lebih kecil ini lebih mudah digunakan untuk energi di dalam tubuh.

Selain itu, adas juga mengandung serat yang cukup untuk menjaga kesehatan pencernaan Moms. Hal ini juga akan mengurangi risiko terjadinya sembelit.

7. Meningkatkan Penyerapan Zat Besi

Meningkatkan Penyerapan Zat Besi.jpg

Foto: healthline.com

Manfaat tanaman adas berikutnya, yaitu membantu meningkatkan penyerapan zat besi.

Perlu Moms pahami, kekurangan zat besi adalah salah satu kekurangan nutrisi yang paling umum di dunia dan juga menjadi penyebab utama anemia.

Mengonsumsi makanan mengandung vitamin C, termasuk adas, dengan makanan kaya zat besi dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi.

Baca Juga: 8 Makanan Sumber Zat Besi untuk Ibu Hamil, Yuk Simak!

Itulah pentingnya tanaman adas bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Nah, tertarik untuk mencobanya, Moms?

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6487283/
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/284096#benefits
  • https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S1744388119308849

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait