Newborn

11 Desember 2017

Agar Tak Canggung, Ikuti Tips Menyusui dengan Nyaman di Tempat Umum

Setiap ibu memiliki hak untuk menyusui dimana pun dan kapan pun saat Si Kecil merasa lapar
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (ade.ryani)
Disunting oleh (ade.ryani)

Moms mungkin pernah merasa tidak nyaman saat harus menyusui di tempat umum. Namun, perlu Moms ketahui, bahwa setiap ibu memiliki hak untuk menyusui dimana pun dan kapan pun saat Si Kecil merasa lapar.

Di Indonesia sendiri sudah ada hukum yang melindungi hak-hak ibu menyusui. Jika Moms masih merasa kurang nyaman untuk menyusui di tempat umum, Moms bisa mencoba beberapa tips menyusui di tempat umum yang akan kami bagikan di bawah ini:

Kenakan pakaian yang mendukung

Saat hendak bepergian, sebaiknya Moms mengenakan pakaian yang memungkinkan akses mudah ke payudara, seperti atasan kemeja berkancing. Sekarang ini bahkan sudah banyak dijual di pasaran produk baju hingga bra yang didesain secara khusus bagi ibu menyusui.

Tutupi dengan selimut/nursing cover/celemek menyusui

Gunakan selimut atau nursing cover maupun celemek menyusui untuk membantu menutupi area payudara dan bagian depan tubuh Mama selama menyusui. Dengan bantuan selimut, nursing cover atau celemek menyusui, area-area tersebut tidak akan terekspos di hadapan publik.

Baca Juga: 4 Manfaat Menyusui Bagi Ibu yang Baru Melahirkan

Gendongan menyusui

Cobalah untuk menggendong Si Kecil menggunakan gendongan menyusui yang memudahkan Moms saat akan menyusuinya. Gendongan khusus semacam ini akan sangat membantu Moms saat bepergian bersama bayi. Si Kecil juga akan tetap tenang selama berada di dalam gendongan.

Ruangan khusus/ruangan menyusui

Berada di rumah sakit atau sarana publik yang sudah dilengkapi dengan ruang menyusui tentu harus Moms manfaatkan dengan baik. Moms bisa menggunakan ruang menyusui tersebut saat akan menyusui Si Kecil.

Namun, jika sarana publik yang Moms kunjungi tidak menyediakan ruang menyusui, seperti saat berada di pusat perbelanjaan, Moms bisa mencoba meminta izin menggunakan ruang ganti untuk menyusui Si Kecil.

Praktikkan di rumah

Jika Moms masih merasa belum yakin bisa menyusui Si Kecil sambil menggendongnya dan menutupinya menggunakan selimut/celemek menyusui, maka sekarang mulailah untuk mencoba mempraktikkannya di rumah. Moms bisa mencoba teknik-teknik yang aman dan nyaman dalam menggunakan berbagai perlengkapan menyusui di tempat umum saat berada di rumah.

Kenali tanda-tanda Si Kecil butuh menyusu sebelum ia menjadi rewel, sehingga Moms punya waktu yang cukup untuk masuk ke tempat atau mencari posisi duduk yang nyaman saat menyusui.

Baca Juga: Bra Menyusui yang Nyaman untuk Ibu Baru

Seiring waktu Moms akan menjadi lebih mudah untuk mengenali isyarat rasa lapar bayi. Sehingga saat sampai di tempat tujuan, segera temukan tempat yang bisa Moms gunakan untuk menyusui dengan nyaman.

(RGW)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait