Kesehatan

23 April 2021

5 Manfaat Air Kelapa Hijau, Cegah Dehidrasi dan Baik Bagi Jantung

Air kelapa hijau memiliki rasa yang sangat menyegarkan bahkan memiliki banyak manfaat kesehatan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Intan Aprilia

Tampaknya tidak ada yang lebih menyegarkan dari minum air kelapa hijau di tengah cuaca yang panas atau hanya sekadar untuk melepas dahaga sehabis olahraga.

Terlebih lagi, air kelapa hijau memiliki beberapa manfaat baik itu untuk kesehatan organ tubuh atau kulit, hingga membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Kelapa hijau sebetulnya adalah jenis yang sama dengan kelapa cokelat yang mungkin lebih Moms kenal. Keduanya berasal dari buah kelapa sawit (Cocos nucifera). Perbedaannya terletak pada umur buah kelapa.

Kelapa hijau yang masih muda belum matang sempurna, sedangkan yang berwarna cokelat sudah matang sempurna.

Selain itu, kelapa hijau juga memiliki daging yang jauh lebih sedikit daripada yang matang. Sebaliknya, kelapa hijau disukai karena air yang terkandung di dalamnya sangat menyegarkan dan sehat.

Air kelapa hijau atau degan ijo dan dagingnya memiliki tekstur yang lembut dan dikemas dengan elektrolit dan mikronutrien di dalamnya.

Mengutip U.S. Department of Agriculture, dalam 100 ml air kelapa hijau, terdapat beberapa nutrisi yang terkandung di dalamnya seperti:

  • Kalori 18
  • Protein Kurang dari 1 gram
  • Lemak 0 gram.
  • Karbohidrat 4 gram.
  • Serat 0 gram.
  • Mangan 7 persen dari kebutuhan harian.
  • Tembaga 2 persen dari kebutuhan harian.
  • Selenium 1 persen dari kebutuhan harian.
  • Magnesium 6 persen dari kebutuhan harian.
  • Fosfor 2 persen dari kebutuhan harian.
  • Besi 2 persen dari kebutuhan harian.
  • Kalium 7 persen dari kebutuhan harian.
  • Sodium 4 persen dari kebutuhan harian.

Manfaat Air Kelapa Hijau

Manfaat Air Kelapa Hijau

Foto: Orami Photo Stock

Degan ijo atau air kelapa hijau memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, misalnya:

1. Mencegah Dehidrasi

Mengutip International Journal of Food Properties, air kelapa memiliki komposisi gula dan elektrolit yang mirip dengan larutan rehidrasi oral, sehingga dapat digunakan untuk menggantikan cairan yang hilang akibat diare ringan.

Selain itu, banyak orang lebih suka minuman olahraga seperti air kelapa hijau karena terasa menyegarkan.

Sebuah penelitian pada delapan pria yang bersepeda dalam kondisi panas selama mereka dapat menentukan bahwa minum air kelapa memungkinkan peserta untuk berolahraga lebih lama, mencapai detak jantung yang lebih tinggi, dan mengalami lebih sedikit dehidrasi, dibandingkan dengan minuman olahraga atau air putih.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Air kelapa dapat membantu memperbaiki sindrom metabolik, yaitu sekelompok kondisi yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

Sindrom metabolik inu umumnya ditandai dengan tekanan darah tinggi, gula darah, trigliserida, dan kadar kolesterol LDL (jahat), serta kolesterol HDL (baik) rendah dan lemak perut berlebih.

Mengutip Asian Pacific Journal of Tropical Medicine, studi selama tiga minggu pada tikus dengan sindrom metabolik yang disebabkan oleh diet fruktosa tinggi telah menemukan bahwa minum air kelapa hijau meningkatkan tekanan darah, gula darah, trigliserida, dan kadar insulin.

Para peneliti juga mencatat tingkat aktivitas antioksidan yang lebih tinggi dalam tubuh hewan, yang menurut mereka dapat melindungi dari kerusakan oksidatif pada pembuluh darah. Namun karena belum dilakukan uji coba pada manusia, fakta ini belum sepenuhnya akurat.

3. Menangkal Radikal Bebas

Air kelapa hijau sangat kaya akan antioksidan, bahkan ia juga ada dalam dagingnya.

Mengutip International Journal of Food Properties, antioksidan tersebut adalah senyawa fenolik, yang merupakan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan oksidatif pada sel.

Dalam studi tabung reaksi, air kelapa dari salah satu varietas sel kelapa yang paling umum melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh hidrogen peroksida.

Vitamin dan mikronutrien dalam kelapa, seperti seng, tembaga, mangan, dan selenium, juga membantu mendukung sistem pertahanan antioksidan alami tubuh.

Baca Juga: Apa Benar Es Kelapa Muda Bisa Membuang Racun?

4. Dapat Bermanfaat Melawan Diabetes

Penelitian telah menunjukkan bahwa air kelapa hijau mungkin dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan penanda kesehatan lainnya pada hewan yang mengidap diabetes.

Dalam sebuah penelitian, tikus diabetes yang diobati dengan air kelapa mempertahankan kadar gula darah yang lebih baik daripada kelompok kontrol.

Studi yang sama juga menemukan bahwa tikus yang diberi air kelapa memiliki kadar hemoglobin A1c yang lebih rendah, yang menunjukkan kontrol gula darah jangka panjang yang baik.

Studi lain mencatat bahwa memberikan air kelapa kepada tikus dengan diabetes menyebabkan peningkatan kadar gula darah dan penurunan penanda stres oksidatif.

Namun, studi terkontrol diperlukan untuk mengkonfirmasi efek ini pada manusia.

Mengutip Journal of Diabetes Care, air kelapa hijau juga merupakan sumber magnesium yang baik, yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2 dan prediabetes.

5. Membantu Mencegah Batu Ginjal

Minum cukup cairan penting untuk pencegahan batu ginjal. Meskipun air putih adalah pilihan yang bagus, sebuah penelitian menunjukkan bahwa air kelapa mungkin lebih baik.

Batu ginjal terbentuk ketika kalsium, oksalat, dan senyawa lain bergabung membentuk kristal dalam urin.

Ini kemudian bisa membentuk batu. Namun, beberapa orang lebih rentan untuk mengembangkannya daripada yang lain.

Dalam sebuah penelitian pada tikus dengan batu ginjal, air kelapa mencegah kristal menempel pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih. Ini juga mengurangi jumlah kristal yang terbentuk dalam urin.

Peneliti percaya bahwa air kelapa membantu mengurangi produksi radikal bebas yang terjadi sebagai respons terhadap tingginya kadar oksalat dalam urin.

Perlu diingat bahwa ini adalah studi pertama yang meneliti efek air kelapa terhadap batu ginjal. Penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk membuktikannya.

Baca Juga: Ternyata Mudah, Begini Cara Membuat Minyak Kelapa Murni di Rumah!

Cara Menikmati Air Kelapa Hijau

Cara Menikmati Kelapa Hijau

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun Moms kini dapat membeli air kelapa kemasan, kelapa hijau adalah cara yang jauh lebih segar dan lebih alami untuk menikmatinya.

Kelapa hijau muda mengandung sekitar 11.325 ml air yang menyegarkan. Air dan dagingnya steril sampai kelapa dibuka, sehingga bisa dinikmati tanpa pengolahan atau pengawet.

Jika Moms memilih kelapa hijau yang sedikit lebih matang, Moms akan menemukan bahwa dagingnya jauh lebih empuk daripada yang berwarna cokelat.

Saat memilih kelapa hijau, pilih kelapa yang berat. Saat menggoyangnya, Moms tidak akan mendengar air mengalir. Itu menandakan bahwa ia sudah penuh dengan air dan masih belum matang.

Kelapa hijau memiliki kulit luar dan kulit dalam yang lebih lembut, sehingga lebih mudah dibuka daripada yang keras dan berwarna cokelat.

Untuk meminum air kelapa hijau, caranya:

  1. Keluarkan bagian atas kelapa yang seperti kelopak dengan pisau.
  2. Potong ke dalam dan di sekitar area yang tertutup kelopak. Cara lainnya, gunakan pembuka kelapa yang runcing, dan tusuk ujungnya ke area kelopak dan pelintir.
  3. Tarik inti keluar, dan minumlah air melalui sedotan atau tuangkan ke dalam gelas.
  4. Untuk melihat apakah kelapa memiliki daging, potong menjadi dua memanjang dengan pisau atau golok yang sangat tajam. Jika ada daging, Moms bisa mengikisnya dengan sendok.

Air kelapa hijau dan daging adalah suguhan lezat dan menyegarkan untuk dimakan langsung dari kelapa, atau Moms juga bisa menambahkannya ke protein shake untuk camilan pemulihan usai olahraga.

Baca Juga: 11+ Olahan dan Resep Es Buah untuk Buka Puasa, Segar dan Lezat!

Daging kelapa hijau yang lembut juga bisa digunakan untuk membuat makanan penutup seperti es krim.

Air kelapa agak manis dengan rasa pedas yang lembut. Ini juga cukup rendah kalori dan karbohidrat. Airnya paling segar jika berasal langsung dari kelapa.

Cukup tekan sedotan ke bagian lembut kelapa hijau dan mulailah minum. Simpan kelapa di lemari es dan konsumsilah dalam dua hingga tiga minggu setelah dibeli.

  • https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/170174/nutrients
  • https://www.healthline.com/nutrition/green-coconut#benefits
  • https://www.healthline.com/nutrition/8-coconut-water-benefits#TOC_TITLE_HDR_4
  • https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/10942912.2018.1522329
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22449517
  • https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/10942912.2015.1099042
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/12663588
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait