Rupa-rupa

RUPA-RUPA
9 Februari 2021

Viral Pengguna TikTok Unggah Video dengan Ajakan Konsumsi Postinor, Efek Sampingnya Fatal!

Obat ini tak bisa sembarang dikonsumsi dan butuh resep dokter
placeholder

Foto: TikTok @kenapasayasadgirl/pilldoctor.com.gh

placeholder
Artikel ditulis oleh Teti
Disunting oleh Amelia Puteri

Baru-baru ini ada unggahan viral di TikTok oleh pengguna @kenapasayasadgirl dengan caption video yang tampak menantang perempuan lain untuk mengonsumsi postinor.

Tertulis caption "Cantik doang berani ga makan ini?" yang selanjutnya ditampilkan foto-foto dari Postinor.

Lalu, seorang pengguna Twitter @ansiboi memberikan respon bahwa Postinor bahkan sebenarnya tidak boleh dikonsumsi rutin, karena risikonya yang besar.

"Postinor tidak baik (dan tidak boleh sebenernya) dikonsumsi rutin. Risikonya sangat besar. Bisa jadi kesuburan kamu nanti kena masalah. Paling buruknya malah amit2 banget bisa jadi kehamilan di luar kandungan (ET atau Ectopic Pregnancy)," tulisnya.

Lalu, sebenarnya apa itu Postinor, kegunaan serta efek samping dan bahayanya bagi tubuh perempuan? Simak penjelasannya lebih lanjut berikut ini.

Baca Juga: Berhasil Turunkan Ukuran Baju dari XXL ke M, Simak Penampilan Baru Melly Goeslaw Ini!

Pengertian Postinor

pengertian Postinor

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip WebMD, postinor yang juga dikenal dengan levonorgestrel digunakan oleh wanita untuk mencegah kehamilan setelah kegagalan pengendalian kelahiran (seperti kondom rusak) atau hubungan seks tanpa kondom.

Obat ini adalah kontrasepsi darurat, tidak boleh digunakan sebagai bentuk kontrasepsi biasa, dan untuk membelinya diperlukan resep dari dokter.

Meski begitu, obat ini tidak bisa menghentikan kehamilan dan juga penyakit kelamin jika sudah terlanjur terjadi.

Baca Juga: Tak Lagi Bersama, Ini Pelajaran yang Bisa Dipetik dari Perceraian Rachel Vennya dan Niko Al-Hakim

Efek Samping Penggunaan Postinor

obat COVID-19 yang disetujui BPOM

Foto: Orami Photo Stock

Postinor tidak bisa dikonsumsi oleh perempuan hamil, perempuan yang tengah mengalami pendarahan, kanker patudara, penyakit jantung, penyakit hati, diabetes, asma dan ada alergi.

Namun kalau Moms bisa mengonsumsinya, obat ini harus diminum sesegera mungkin setelah berhubungan seks tanpa kondom.

Instruksi penggunaan bergantung pada merek yang digunakan. Karena itu, periksa label pada merek dan tanyakan kepada dokter atau apoteker jika ada pertanyaan.

Apalagi kalau tiba-tiba muntah dalam rentang waktu dua jam usai mengonsumsi obat tersebut, segera hubungi dokter, termasuk juga saat menstruasi darah yang keluar lebih banyak dari biasanya.

Bagi beberapa perempuan, kemungkinan terjadi mual/muntah, sakit perut, kelelahan, pusing, perubahan perdarahan vagina, nyeri payudara, diare, atau sakit kepala sangat mungkin terjadi ketika mengonsumsi ini.

Baca Juga: Suami Ditangkap Polisi, Curhatan Nindy Ayunda di Instagram Tuai Komentar Sinis Netizen

Tidak Bisa Sembarang Dikonsumsi

Postinor-3

Foto: Orami Photo Stock

Biasanya, dokter yang mengarahkan untuk mengonsumsi obat ini sudah memprediksi kalau penggunaan Postinor lebih baik dibandingkan obat lain yang bisa jadi memiliki efek samping lebih serius.

Karena efek sampingnya, obat ini hanya boleh dikonsumsi sebanyak empat tablet per bulan, dengan kondisi yang sangat darurat.

Perempuan yang mengonsumsi postinor disarankan untuk menemui dokter setidaknya tiga pekan sesudahnya.

Apalagi kalau ternyata tidak terjadi menstruasi, yang sangat mungkin terjadi kehamilan, ataupun kehamilan tuba jika tidak datang bulan namun disertai dengan sakit perut yang sangat parah.

Untuk penyimpanannya, tablet ini harus disimpan pada kemasannya hingga mau diminum.

Simpanlah di tempat yang sejuk dan kering dengan suhu di bawah 25 derajat Celcius. Serta jauhkan dari anak kecil dan pastikan tanggal kedaluwarsanya tidak terlewat saat ingin diminum.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait