Kesehatan Umum

31 Agustus 2021

Ketahui Berbagai Gejala yang Timbul Saat Tubuh Kekurangan Vitamin B, Waspada Moms!

Akibat kekurangan vitamin B, tubuh Moms bisa alami beberapa gejala berikut ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Vitamin B adalah kelompok delapan nutrisi yang masing-masing memiliki peran unik dalam menjaga kesehatan tubuh. Nutrisi ini sangat penting untuk menjaga kesehatan sel dan membuat Moms tetap bersemangat dalam menjalani aktivitas harian. Saat Moms alami kekurangan vitamin B, gejalanya akan bervariasi tergantung pada vitamin B mana yang kurang.

Menurut dr. Wirawan Hambali, Sp.PD Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Pondok Indah – Puri Indah, vitamin B merupakan vitamin larut air yang memiliki peranan penting dalam metabolisme sel dan pembentukan sel darah merah.

"Golongan vitamin yang termasuk ke dalam Vitamin B adalah thiamine (vitamin B1), riboflavin (Vitamin B2), niasin (Vitamin B3), pantothenic acid (vitamin B5), pyridoxine (vitamin B6), biotin (vitamin B7), folat (vitamin B9), dan cobalamin (vitamin B12)," jelasnya.

Ada banyak jenis makanan yang memiliki vitamin B yang tinggi, dan untuk mencegah gejala akibat kekurangan vitamin B, Moms wajib makan makanan dengan gizi seimbang.

Baca Juga: Kenali Kondisi Avitaminosis, Simak Dampaknya pada Tubuh dan Cara Mengatasinya

Akibat Kekurangan Vitamin B

kekurangan vitamin b

Foto: Orami Photo Stock

Namun, ada juga kelompok tertentu, seperti orang dewasa yang lebih tua dan wanita hamil, yang lebih berisiko mengalami kekurangan vitamin B.

Jika tidak segera ditangani dengan benar, kekurangan vitamin B dapat mengakibatkan gangguan kesehatan yang tidak bisa dianggap sepele.

Selain itu, kondisi tertentu, seperti penyakit Crohn, penyakit Celiac, HIV, dan gangguan penggunaan alkohol juga dapat mencegah tubuh menyerap vitamin B secara efektif.

Alhasil mereka dengan penyakit ini memiliki risiko kekurangan vitamin B yang lebih tinggi lagi.

Cari tahu lebih lanjut tentang gejala kekurangan vitamin B dan bentuk pencegahannya berikut ini.

Baca Juga: Waspada! Inilah Dampak Jika Si Kecil Kekurangan Asam Amino Esensial

Tanda Kekurangan Vitamin B dan Cara Mengatasinya

Gejala Kekurangan Vitamin B dan Cara Mengatasinya

Foto: Orami Photo Stock

Kekurangan vitamin B dapat mengakibatkan gejala seperti kelelahan dan kebingungan hingga anemia atau sistem kekebalan yang terganggu.

Pada beberapa kasus, pengidapnya juga bisa alami ruam kulit lho Moms. Berikut ini akan dibahas gejala dan cara mengatasi kekurangan vitamin B menurut jenis-jenisnya:

1. Vitamin B12

sumber Vitamin B12.png

Foto: Orami Photo Stock

Vitamin B12, juga disebut cobalamin berfungsi untuk mengatur sistem saraf. Ia juga berperan dalam pertumbuhan dan pembentukan sel darah merah.

Mengutip Mayo Clinic, akibat kekurangan vitamin B jenis ini, Moms bisa alami gangguan pada sistem saraf dan sistem peredaran darah.

Kekurangan vitamin B12 juga dapat menyebabkan anemia megaloblastik, suatu kondisi di mana sumsum tulang menghasilkan sel darah merah besar berbentuk tidak normal yang tidak berfungsi dengan baik.

Kondisi psikologis seperti demensia, paranoid, depresi, dan perubahan perilaku dapat terjadi akibat kekurangan vitamin B12. Parahnya, kerusakan neurologis terkadang tidak dapat dibalik.

Ada beberapa tanda kekurangan vitamin B jenis B12, seperti:

  • Kelelahan
  • Kelemahan
  • Sembelit
  • Kehilangan selera makan
  • Penurunan berat badan
  • Mati rasa dan kesemutan di tangan dan kaki
  • Gangguan keseimbangan
  • Kebingungan
  • Ingatan yang buruk
  • Nyeri pada mulut atau lidah

Vitamin B12 ditemukan terutama dalam daging dan produk susu, sehingga orang yang menjalankan pola makan vegan berisiko mengalami defisiensi.

Namun, ada pilihan makanan untuk memenuhi kebutuhan diet B12 mereka. Sumber vitamin B12 terbaik meliputi:

  • Hati sapi
  • Daging, termasuk ikan dan unggas
  • Telur
  • Susu
  • Keju
  • Sereal sarapan yang diperkaya vitamin B12
  • Susu nabati dan tepung.

Baca Juga: 9 Akibat Kekurangan Vitamin E, Lemah Otot hingga Penyakit Pankreas

2. Vitamin B6

vitamin b6

Foto: getsom

Vitamin B6 atau yang juga disebut piridoksin berfungsi untuk mengubah makanan menjadi energi.

Mengutip U.S. Office of Dietary Supplements, vitamin ini juga dapat membantu tubuh melawan infeksi dengan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Wanita hamil dan menyusui sangat membutuhkan vitamin B6 untuk membantu otak bayinya berkembang secara normal.

Kekurangan vitamin B jenis B6 dapat menyebabkan anemia serta gangguan kulit, seperti ruam gatal atau retakan di sekitar mulut. Tanda kekurangan vitamin B6 antara lain:

Untuk mencegah gejala di atas, maka Moms wajib mengonsumsi beberapa jenis makanan yang tinggi kandungan vitamin B6, seperti:

  • Unggas, ikan, dan jeroan
  • Kentang dan sayuran bertepung lainnya
  • Buah-buahan, kecuali buah jeruk.

Baca Juga: 15 Manfaat Vitamin B1 untuk Fungsi Tubuh

3. Vitamin B1 dan B2

VitamineB1.jpeg

Foto: Orami Photo Stock

Vitamin B1 juga disebut tiamin, dan vitamin B2 juga disebut riboflavin. Dua vitamin ini juga membantu mengubah makanan menjadi energi.

Vitamin B1 memiliki manfaat neurologis, dan vitamin B2 membantu menjaga penglihatan yang tepat.

Kekurangan vitamin B dua jenis ini sebetulnya jarang terjadi. Pasalnya, banyak makanan, seperti susu dan sereal gandum, diperkaya dengan vitamin ini.

Namun, gejala kekurangan vitamin B jenis B1 dan B12 ini biasanya terjadi pada orang-orang yang menyalahgunakan alkohol. Biasanya akan muncul gejala seperti kebingungan dan retakan di sepanjang sisi mulut.

Kebanyakan orang mendapatkan vitamin B1 dan B2 dari sereal sarapan yang diperkaya dan biji-bijian.

Sumber vitamin B1 meliputi:

  • Biji-bijian
  • Roti, sereal, pasta, dan nasi
  • Ikan
  • Kacang-kacangan, termasuk kacang hitam dan kedelai.

Sementara itu, sumber vitamin B2 meliputi:

  • Telur
  • Jeroan
  • Daging tanpa lemak
  • Susu rendah lemak
  • Sayuran hijau, termasuk brokoli dan bayam
  • Sereal dan biji-bijian.

Baca Juga: Vitamin E: Manfaat dan Sumber Makanannya

4. Vitamin B3

vitamin b3.jpg

Foto: iStock

Vitamin B3, juga disebut niacin, membantu mengubah makanan menjadi energi.

Melansir U.S. Office of Dietary Supplements, vitamin ini juga membantu fungsi pencernaan yang baik dan nafsu makan yang sehat, dan penting untuk perkembangan sel.

Saat seseorang alami kekurangan vitamin B atau niacin, ia akan alami masalah pencernaan, seperti mual dan kram perut.

Kekurangan yang parah juga dapat menyebabkan kebingungan mental. Kekurangan yang parah dapat menyebabkan kondisi yang disebut pelagra, dengan gejala seperti:

  • Kulit kasar yang berubah menjadi merah atau cokelat di bawah sinar matahari
  • Lidah merah cerah
  • Muntah
  • Sembelit atau diare
  • Kelelahan
  • Perilaku agresif, paranoid, atau bunuh diri
  • Halusinasi.

Sumber makanan vitamin B3 meliputi:

  • Daging, termasuk unggas, daging sapi, dan ikan
  • Beberapa kacang-kacangan, polong-polongan, dan biji-bijian
  • Roti dan sereal.

Baca Juga: Akibat Kekurangan Vitamin K, Inilah yang Terjadi!

5. Vitamin B9

vitamin b9

Foto: iStock

Vitamin B9 juga disebut folat, yang terjadi secara alami dalam makanan. Sementara asam folat adalah bentuk sintetis dan sering ditemukan dalam makanan yang difortifikasi dan diproses.

Seperti kebanyakan vitamin B, B9 membantu pertumbuhan sel darah merah.

Selain itu menurut Journal of Obstetrics & Gynecology kekurangan folat telah dikaitkan dengan kelainan pada ibu (anemia, neuropati perifer) dan janin (kelainan kongenital). Oleh karena itu, kebutuhan folat meningkat selama kehamilan karena juga dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

Kekurangan vitamin B jenis B9 dapat menyebabkan gejala berikut:

  • Anemia megaloblastik, yang menyebabkan kelemahan.
  • Kelelahan
  • Kesulitan berkonsentrasi
  • Sifat lekas marah
  • Sakit kepala
  • Palpitasi jantung
  • Sesak napas
  • Adanya luka di mulut
  • Perubahan warna kulit, rambut, atau kuku

Wanita hamil dengan defisiensi folat dapat menyebabkan bayi mereka lahir dengan cacat tabung saraf, seperti spina bifida.

Namun, asam folat tambahan yang berlebihan selama kehamilan juga dapat menyebabkan bayi mengembangkan masalah neurologis.

Sumber makanan folat meliputi:

  • Hati sapi
  • Asparagus
  • Sayuran berdaun hijau tua, termasuk bayam dan sawi
  • Jeruk dan jus jeruk
  • Buah-buahan dan jus buah lainnya
  • Kacang tanah dan kacang lainnya
  • Kacang-kacangan, termasuk kacang merah
  • Kacang polong, termasuk kacang polong hitam

Baca Juga: 11 Sumber Vitamin A yang Penting untuk Bayi

6. Vitamin B7

vitamin b7

Foto: iStock

Vitamin B7 disebut juga dengan biotin. Tubuh membutuhkan biotin untuk memetabolisme lemak, karbohidrat, dan protein.

Selain itu, bioti adalah koenzim untuk enzim karboksilase. Enzim ini terlibat dalam:

  • Mensintesis, atau membuat, asam lemak
  • Mensintesis asam amino isoleusin dan valin
  • Glukoneogenesis, atau menghasilkan glukosa

Vitamin B7 memiliki peran utama dalam meningkatkan kekuatan dan daya tahan kuku serta rambut dan kulit. Ada beberapa bukti bahwa biotin dapat meningkatkan kekuatan dan daya tahan kuku serta meningkatkan kesehatan rambut dan kulit.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh U.S National Library of Medicine pada tahun 1989 menemukan bahwa di antara 45 pasien yang mengonsumsi suplemen biotin 2,5 mg sehari, 91 persen memiliki "kuku jari yang lebih kencang dan lebih keras" setelah 5 bulan.

Biotin juga penting untuk sejumlah fungsi, yakni menjaga kehamilan yang sehat, menurunkan glukosa darah, membantu mengurangi kerusakan saraf, hingga memperbaiki gejala pada orang dengan multiple sclerosis (MS).

Menurut dr. Wirawan, gejala kekurangan biotin (vitamin B7), yakni:

Untuk mencegah dan mengatasi kekurangan vitamin B7, berikut daftar makanan yang bisa dikonsumsi karena kaya akan biotin:

  • Ragi pada roti
  • Gandum
  • Daging organ, seperti hati dan jeroan
  • Telur utuh yang dimasak hingga matang
  • Tiram.

Baca Juga: 15 Sumber Vitamin C untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh saat Pandemi Corona

7. Vitamin B5

vitamin b5

Foto: iStock

Vitamin B yang lainnya, yakni vitamin B5 atau yang disebut juga dengan asam pantotenat. Vitamin B5 diperlukan bagi tubuh untuk membuat koenzim, protein, dan lemak baru.

Sel darah merah nantinya akan membawa asam pantotenat ke seluruh tubuh sehingga dapat menggunakan nutrisi dalam berbagai proses untuk energi dan metabolisme.

"Kekurangan antothenic acid (vitamin B5) dapat ditandai dengan adanya jerawat dan paresthesia (sensasi abnormal pada kulit seperti kesemutan)." jelas dr. Wirawan.

Ada banyak makanan yang mengandung asam pantotenat (vitamin B5), tetapi beberapa makanan yang memiliki kandungan vitamin B5 tertinggi, yakni:

  • Hati sapi
  • Jamur shitake
  • Biji bunga matahari
  • Ayam
  • Ikan tuna
  • Alpukat
  • Sereal sarapan yang diperkaya dengan vitamin B5.

Cara Mencegah Kekurangan Vitamin B

cara mencegah kekurangan vitamin B

Foto: eatthis

Moms sudah mengetahui ragam gejala kekurangan vitamin B. Lalu, seperti apa bentuk pencegahan yang bisa dilakukan?

Agar tetap sehat, kebanyakan orang tidak perlu mengonsumsi suplemen untuk mendapatkan cukup vitamin B.

Pasalnya ada banyak makanan lezat yang bisa memenuhi kebutuhan Vitamin B secara alami. Oleh karena itu, cobalah makan makanan lengkap seperti:

  • Daging
  • Biji-bijian
  • Buah-buahan
  • Sayuran

Jika Moms tidak makan daging, telur, atau produk susu, Moms masih bisa mendapatkan vitamin B12 dari makanan yang diperkaya atau ragi bergizi untuk membantu mencegah defisiensi.

Suplemen biasanya hanya merupakan pilihan terakhir jika Moms kekurangan vitamin B dan tidak dapat memperoleh vitamin B melalui makanan, atau jika Moms memiliki kondisi kesehatan tertentu yang perlu penggunaan suplemen.

Jika Moms sedang hamil atau ada anggota keluarga yang sudah berusia di atas 50 tahun, kemungkinan besar suplemen dibutuhkan.

Risiko overdosis lebih rendah dibandingkan nutrisi lain karena vitamin B larut dalam air.

Nah, itu dia Moms berbagai gejala yang dapat dialami tubuh ketika mengalami kekurangan vitamin B dan cara mengatasinya. Semoga informasinya bermanfaat, ya!

  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/vitamin-deficiency-anemia/symptoms-causes/syc-20355025
  • https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminB6-Consumer/
  • https://ods.od.nih.gov/factsheets/Niacin-Consumer/
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/287720#health-benefits
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/2648686/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3218540/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait