Rupa-rupa

30 Juli 2021

6 Ragam Alat Musik Gendang Nusantara dan Cara Memainkannya

Alat musik ini tersebar di beberapa daerah di Indonesia
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Meiskhe
Disunting oleh Karla Farhana

Gendang merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik gendang terbuat dari kayu dengan selaput atau membran pada sisinya.

Untuk membuat gendang dibutuhkan batang pohon yang bagian dalamnya dilubangi, lalu dibentuk sedemikian rupa. Batang pohon yang digunakan biasanya pohon nangka, kelapa dan cempedak. Sementara selaput gendang dibuat dari kulit sapi, kerbau ataupun kambing.

Menurut sejarahnya, alat musik gendang telah dikenal di Indonesia, tepatnya di Pulau Jawa sejak pertengan abad ke-9 Masehi. Sebenarnya bukan Indonesia saja yang mengenal alat musik gendang, namun beberapa negara lain, salah satunya India.

Penyebutan instrumen ini bervariasi di beberapa daerah. Masyarakat Indonesia pada umumnya menyebutnya gendang, namun di beberapa daerah dikenal juga dengan sebutan kendang. Penyebutan kendang salah satunya oleh masyarakat di Jawa Barat yang mayoritas didiami orang-orang Sunda.

Gendang jarang dimainkan sendiri, melainkan menjadi bagian dari ansambel yang melibatkan bebeberapa jenis alat musik. Dalam budaya Jawa, gendang menjadi salah satu instrumen dalam gamelan, sementara pada budaya Sunda tidak bisa dilepaskan dari ansambel degung.

Ragam Alat Musik Gendang di Indonesia dan Asal Daerahnya

alat musik gendang

Foto: Moondoggiesmusic.com

Tahukah Moms, alat musik gendang bisa dijumpai hampir di seluruh daerah di Indonesia, lho! Berikut adalah jenis-jenis gendang yang ada di Indonesia dan asal daerahnya. Simak yuk, Moms!

Baca Juga: Intip Keunikan 7 Tradisi Cukur Rambut Pertama Anak Dari Berbagai Budaya

1. Gendang Sunda

alat musik gendang

Foto: Kumparan.com

Alat musik gendang yang umumnya dijumpai dalam kesenian Jawa Barat disebut gendang atau kendang Sunda. Kendang Sunda kualitas terbaik biasanya dibuat dari kayu nangka, atau bisa diganti dengan kayu pohon asem karena memiliki kepadatan yang sama dengan kayu nangka.

Menurut ukurannya, kendang Sunda terdiri atas dua, yaitu kendang indung yang memiliki ukuran paling besar dan kendang kulanter atau kendang anak yang berukuran paling kecil.

Sementara menurut fungsinya, kendang Sunda terdiri dari kendang jaipongan untuk mengiringi tarian Jaipongan, kendang kliningan yang digunakan dalam keseniang Kliningan, dam kendang ketuk tilu untuk mengiringi tarian Ketuk Tilu.

Ada juga jenis kendang Sunda kerap dimainkan dalam pertunjukan Degung dan Rampak Kendang yang merupakan kesenian tradisional Sunda, dengan memainkan alat musik gendang sercara bersama-sama.

2. Gendang Jawa Timur

alat musik gendang

Foto: Kabare.id

Alat musik gendang juga dikenal di beberapa daerah di Jawa Timur. Misalnya di Blitar terdapat gendang sentul yang penamaannya sesuai dengan asalnya yaitu Desa Sentul. Gendang sentul dibuat dari kayu mahoni dan bahan kulitnya diambil dari kulit sapi.

Ada pula gendang Jawa Timur khas Banyuwangi. Material pembuatnya dari glugu atau kayu kelapa tua dan kayu pohon nangka. Gendang khas Banyuwangi digunakan dalam kesenian Gandrung, sehingga disebut sebagai gendang gandrung. Semetara gendang yang dimainkan dalam kesenian Janger, sejenis Ketoprak di Jawa Tengah disebut gendang Janger.

Dalam pertunjukan Reog Kendang khas Tulungagung juga dipergunakan gendang yang terdiri dari dua ukuran, yaitu gendang berukuran besar dan gendang berukuruan kecil atau disebut ketipung.

Kalau di Jawa Barat dan Jawa Tengah alat musik gendang dimainkan dalam ansambel gamelan dan dengung, di Jawa Timur lebih sering digunakan untuk mengiringi tari-tarian.

Baca Juga: Ayo Lestarikan Budaya Indonesia, Ini 15 Tarian Tradisional Jawa Timur

3. Gendang Jawa Tengah

alat musik gendang

Foto: Travel.tempo.co

Di Jawa Tengah, gendang digunakan dalam permainan gamelan dan memegang peranang penting dalam karawitan Jawa. Alat musik gendang berfungsi sebagai pamurba atau pemimpin irama. Dimana gendang bertugas untuk mengatur cepat lambatnya irama gendhing dan membuka ataupun menghentikan sajian gendhing.

Dalam kesenian Jawa Tengah, di Yogyakarta maupun Surakarta atau Solo dikenal ragam gendang, di antaranya gendang ageng yang berukuran besar, gendang wayangan yang digunakan dalam pertunjukan wayang kulit, gendang ciblon yang menghasilkan nada tingg dan gendang ketipung yang berukuran kecil.

4. Gendang Panjang

alat musik gendang

Foto: Thegorbalsla.com

Gendang panjang merupakan alat musik tradisional Kepulauan Riau. Instrumen gendang ini biasanya digunakan bersama alat musik lainnya untuk mengiringi lagu-lagu daerah, atau dimainkan untuk menyambut tamu dan dalam pesta pernikahan.

Bentuk gendang panjang serupa dengan gendang pada umumnya. Hanya saja alat musik khas Kepulauan Riau ini dibuat dari kayu marbau dan ukuran tiap sisinya berbeda, yang terdiri dari sisi induk dan sisi anak.

Diameter sisi induk lebih besar dari sisi anak. Material pembuatan membrannya pun berbeda, sisi induk dibuat dari kulit kerbau dan sisi anak dari kulit kambing.

5. Gendang Beleq

alat musik gendang

Foto: Senggiginews.com

Gendang beleq merupakan alat musik tradisional Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kata beleq diambil dari bahasa Sasak, suku yang mendiami Pulau Lombok yang berarti besar. Sesuai dengan ukuran gendang beleq yang besar.

Alat musik ini dimainkan secara berkelompok bersama gabungan alat musik lainnya, di mana gendang beleq menjadi instrumen utamanya.

Dulunya gendang beleq dibunyikan untuk menyemangati prajurit-prajurit yang akan berjuang ke medang perang. Namun dengan seiring berjalannya waktu, alat musik ini digunakan sebagai musik pengiring sebuah acara adat, kesenian, perlombaan budaya, maupun hiburan rakyat.

Baca Juga: 15 Makanan Khas Lombok yang Sulit Dilupakan, Bikin Kangen Liburan!

6. Gendang Beriak (Gendang Dayak)

alat musik gendang

Foto: Indonesiakaya.com

Beranjak ke Kalimantan ada gendang beriak yang merupakan alat musik tradisional suku Dayak. Gendang beriak digunakan dalam pertunjukan Gendang Beriak, di mana dimainkan dua orang laki-laki yang mengenakan pakaian adat Dayak. Biasanya pementasan ini digelar untuk menyambut tamu agung dan saat panen raya.

Bentuk gendang khas Suku Dayak ini berbeda dari gendang pada umumnya. Bagian tengahnya menyempit kemudian melebar pada bagian ujung. Bentuk tersebut diyakini dapat menghasilkan suara yang nyaring.

Gendang beriak biasanya dibuat dari kulit kerbau atau babi, dan dilengkapi tali penyangga ke badan yang terbuat dari rotan.

Cara Memainkan Alat Musik Gendang

alat musik gendang

Foto: Pinterest.com

Pada dasarnya alat musik gendang dimainkan dengan cara dipukul. Namun, tidak bisa asal pukul, karena memainkan gendang membutuhkan teknik dasar agar bisa menghasilkan bunyi gendang yang indah.

Meski tiap daerah di Indonesia memiliki jenis gendang dengan bentuk yang berbeda, namun cara memainkannya hampir serupa. Gendang dibunyikan dengan cara ditepak dengan menggunakan telapak tangan atau ditabuh dengan alat pemukul bernama panakol gendang.

Yang membedakan adalah tempo atau ritme cepat lambatnya atau keras lembutnya suatu pukulan, atau disesuaikan dengan irama lagu dan pertunjukan kesenian yang diiringinya.

Alat musik gendang ada yang dimainkan sambil duduk dengan gendang diletakkan dalam wadah atau bingkai yang terbuat dari kayu atau bambu. Ada juga gendang yang dimainkan dengan dipegang sambil duduk atau dalam posisi berdiri dengan digantungkan di leher atau bahu menggunakan tali atau rotan.

Untuk mahir bermain gendang, seseorang perlu berlatih kepada guru atau ahli gendang, bahkan tidak jarang mereka masuk ke sanggar musik demi bisa memiliki keahlian menabuh gendang lho, Moms.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Mainan Alat Musik untuk Anak, Banyak Manfaatnya!

Demikian ragam alat musik gendang yang ada di Nusantara dan cara memainkannya, Moms. Yuk, lestarikan alat musik tradisional Indonesia salah satunya dengan mengenalkannya kepada si Kecil di rumah!

  • http://digilib.isi.ac.id/2028/2/Pages%20from%20Metode%20Belajar%20Kendang.pdf.pdf
  • https://wisatatulungagung.com/2018/01/17/reog-kendang-tulungagung/
  • https://hanyaberbagi.com/alat-musik-kendang/
  • https://indonesiakaya.com/pustaka-indonesia/gendang-beriak-pertunjukan-gendang-masyarakat-dayak/
  • https://indonesiakaya.com/pustaka-indonesia/gendang-beleq-alat-musik-kebanggaan-suku-sasak/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait