Rupa-rupa

4 Agustus 2021

11 Alat Musik Jawa Timur dan Cara Memainkannya, Kenali Yuk!

Dimainkan untuk mengiringi tarian dan dalam gamelan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Meiskhe
Disunting oleh Karla Farhana

Apa saja alat musik Jawa Timur yang Moms ketahui? Seperti hal daerah lainnya di Indonesia, Jawa Timur memiliki ragam alat musik tradisional dengan bunyi yang khas.

Jika di Jawa Tengah alat musik tradisional kerap dimainkan dalam pertunjukan gamelan, di provinsi bagian Timur pulau Jawa umumnya digunakan untuk mengiringi tari-tarian ataupun pesta rakyat.

Untuk lebih mengenal ragam alat musik dari daerah-daerah Jawa Timur, mari simak ulasan lengkapnya!

Keunikan Alat Musik Jawa Timur dan Cara Mainnya

Beberapa alat musik Jawa Timur mirip dengan alat musik yang ada di beberapa daerah di Indonesia, terutama Jawa Tengah dan Jawa Barat. Cara memainkan alat musik Jawa Timur ada yang dipukul atau ditabuh, ditiup maupun digesek.

Yuk, simak jenis-jenisnya berikut ini!

Baca Juga: 10 Alat Musik Jawa Barat yang Suaranya Khas dan Merdu Pisan!

1. Kendang

alat musik jawa timur

Foto: Ethnic-ina.com

Kendang atau gendang adalah alat musik pukul yang umum dijumpai di beberapa daerah di Indonesia. Dalam ragam alat musik Jawa Timur juga terdapat kendang.

Penamaan kendang khas Jawa Timur biasanya sesuai daerah asal dan pertunjukannya. Misalnya saja, di Banyuwangi terdapat kendang gandrung yang digunakan dalam kesenian Gandrung. Kendang ini terbuat dari glugu atau kayu kelapa tua dan kayu pohon nangka.

Dalam pertunjukan Reog Kendang khas Tulungagung, juga dipergunakan kendang yang terdiri dari dua ukuran, yaitu kendang berukuran besar dan gendang berukuruan kecil atau disebut ketipung.

Selain itu, di Blitar dikenal kendang sentul yang terbuat dari kayu mahoni dan bahan kulitnya diambil dari kulit sapi. Nama kendang sentul sesuai dengan asalnya yaitu Desa Sentul, salah satu desa di Blitar.

2. Saronen

alat musik jawa timur

Foto: Antarafoto.com

Saronen adalah alat musik Jawa Timur dari Madura. Penamannya berasal dari bahasa Madura "sennenan" yang berarti hari Senin. Bentuknya seperti perpaduan antara terompet dan seruling, dan dimainkan dengan cara ditiup.

Biasanya saronen dibuat dari kayu jati pilihan, yang dibentuk memanjang dan bagian ujungnya kerucut seperti terompet. Panjangnya sekitar 40 cm dengan dan memiliki tujuh lubang. Enam lubang berderet di bagian atas dan 1 lubang berada di bagian bawahnya.

Sebuah gelang kecil dari kuningan mengaitkan bagian bawah, sementara pangkal atas saronen ditambah sebuah sayap dari tempurung menyerupai kumis.

Saronen biasanya dimainkan pada pesta adat dan acara pernikahan. Selain itu dimainkan secara berkelompok dengan alat musik lainnya.

3. Angklung Jawa Timur

alat musik angklung

Foto: Orami Photo Stock

Selain dikenal sebagai alat musik khas Jawa Barat, angklung juga dimainkan oleh masyarakat Banyuwangi. Mengutip East Java, salah satu jenis angklung khas Banyuwangi yang sering digunakan dalam pertunjukan adalah angklung caruk.

Angklung caruk berasal dari kata asli Banyuwangi berarti "pertemuan". Sesuai namanya, dua kelompok bertemu dan bersaing memainkan angklung bersama. Masing-masing kelompok memainkan angklung dengan rancak dan beradu kecepatan.

Selain angklung caruk, masyarakat Banyuwangi juga mengenal angklung tetak yang sering digunakan saat jaga malam atau ronda, angklung paglak untuk menjaga padi dari burung, dan angklung blambangan, instrumen improvisasi dari angklung caruk, yang sering dimainkan bersama gong dan alat musik gandrung.

Baca Juga: Serba-serbi Alat Musik Angklung dan Cara Memainkannya, Ajarkan ke Anak Yuk!

4. Terompet Reog

alat musik jawa timur

Foto: Gasbanter.com

Terompet reog merupakan alat musik Jawa Timur yang digunakan dalam kesenian reog. Terbuat dari kayu dengan bentuk mengerucut seperti terompet pada umumnya.

Pada bagian memanjang seperti suling, terbuat dari kayu atau bambu dengan enam buah lubang yang berfungsi untuk mengatur nada. Sementara satu lubang dipangkal untuk ditiup untuk menghasilkan harmoni nada yang indah.

Ciri khas terompet reog ada pada ujungnya yang dihiasi ukiran, biasanya berbentuk naga.

Konon terompet tradisional ini dimainkan bersama alat musik lainnya untuk memanggil arwah reog pada kesenian Reog Ponorogo lho.

Alat Musik dalam Gamelan Jawa Timur

Sama halnya dengan gamelan di Jawa Tengah, gamelan Jawa Timur terdiri dari perpaduan beberapa alat musik tradisional.

Melansir E Catalog Gamelan Jawa Timur, berikut adalah alat musik Jawa Timur yang dimainkan dalam pertunjukan gamelan atau karawitan.

Baca Juga: 8 Alat Musik Bali dan Cara Memainkannya, Yuk Kenali Budayanya Lebih Dekat!

5. Bonang Babok

alat musik bonang

Foto: Orami Photo Stock

Bonang babok merupakan instrumen gamelan Jawa Timur berbentuk pencu, yang jumlahnya terdiri dari 10 hingga 14 buah dalam satu perangkat atau sarancak bonang.

Bonang babok terbuat dari logam, seperti besi, kuningan atau perunggu. Dalam satu set gamelan, biasanya terdapat dua bonang babok berlaras pelok dan slendro.

Untuk memainkan bonang babong, bagian pencon dipukul dengan tongkat pemukul bernama bindhi.

6. Gambang

gambang

Foto: En.wikipedia.org

Gambang adalah alat musik dalam gamelan yang terdiri dari bilahan yang dibuat dari kayu. Bilahan tersebut terdiri dari 18 atau 20 bilah yang disusun horizontal pada rancakan yang berbentuk persegi panjang.

Dalam satu perangkat gamelan, biasanya terdiri dari dua set gambang dalam laras pelog dan slendro. Cara memainkan instrumen ini dengan dipukul menggunakan duba buah penabuh berukurang panjang.

Dalam sajian karawitan, gambang berfungsi sebagai pengisi lagu.

7. Gender Babok

gender

Foto: Id.wikipedia.org

Alat musik Jawa Timur ini terdiri dari bilah-bilah metal, biasanya besi kuningan atau perunggu.

Sumber suara berasal dari bilahan yang dipukul menggunakan tabuh dan diperkuat bunyinya oleh pipa yang ada di bawahnya. Bagian pipa ini terbuat dari bambu, plastik ataupun seng.

Untuk memainkan instrumen ini menggunakan pemukul khusus berbentuk bulat pipih dengan tangkai pendek.

Dalam karawitan, gender berfungsi sebagai penghias lagu, memimpin pengambilan nada dan mengiringi percakapan.

8. Kempul

kempul

Foto: Encyclopedia.jakarta-tourism.go.id

Kempul adalah alat musik khas Jawa Timur yang terbuat dari logam, berupa besi, kuningan ataupun perunggu.

Kempul disebut juga gong kecil karena peletakannya seperti gong, yaitu digantung pada tiang penyangga. Dalam satu set kempul jumlahnya bervariasi tergantung kebutuhan sajian karawitan.

Berbeda dengan gong, kempul menghasilkan suara atau nada lebih tinggi, dan berbeda-beda sesuai karakteristiknya. Apapun cara memainkannya adalah dengan dipukul menggunakan alat pemukul yang bentuknya sama dengan gong, namun ukurannya lebih kecil.

9. Saron Babok

alat musik saron

Foto: Orami Photo Stock

Saron atau sering disebut ricik terdiri dari bilah-bilah logam dari besi, kuningan ataupun perunggu.

Alat musik saron babon mewakili setiap nada pada tangga nada pentatonis dalam gamelan.

Saron babok diletakkan dalam rancakan berbentuk gelungan, dan dimainkan dengan cara dipukul pada tiap bilahan.

Bilah dipukul dengan tangan kanan untuk menghasilkan nada tertentu, kemudian diredam menggunakan tangan kiri, agar nada berikutnya terdengat dengan baik.

10. Siter

alat musik siter

Foto: Orami Photo Stock

Siter adalah instrumen dalam gamelan Jawa Timur yang dimainkan dengan cara dipetik dan memiliki oktaf paling tinggi.

Alat musik ini tersusun dari kayu berbentuk kotak trapesium yang berfungsi sebagai resonator. Memiliki bidang rata sejajar dan lubang pada bagian bawah.

Jumlah dawainya ada 11 sampai 13 pasang yang direntangkan dan dikaitkan pada suatu sekrup kecil pada sisi kanan atas kotak.

11. Kecer

kecer

Foto: Kharoozo.livejournal.com

Kecer adalah instrumen yang terdiri dari lempengan logam berbentuk bundar, di mana salah satu sisinya terdapat pencu.

Nama kecer sendiri berasal dari bunyi yang dihasilkan yaitu "cer". Cara memainkannya dengan memukul bagian terbuka satu sama lain untuk menghasilkan bunyi yang diinginkan.

Dalam sajian karawitan, kecer kadang digunakan sebagai penghias atau pemanis harmoni, sehingga terdengar makin menarik dan rancak.

Selain itu, dalam gamelan juga dikenal alat musik kenong, kethuk, rebab, slenthem dan suling.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Mainan Alat Musik untuk Anak, Banyak Manfaatnya!

Demikian ragam alat musik Jawa Timur beserta cara memainkannya, Moms! Mari kenalkan kepada anak agar makin mengenal budaya Indonesia yang beraneka ragam.

  • http://digilib.isi.ac.id/5466/1/Mengenal%20Berbagai%20Macam%20Alat%20Musik%20Jawa%20Timur.PDF
  • https://pubhtml5.com/qkjs/afdx
  • http://encyclopedia.jakarta-tourism.go.id/post/kempul--seni-musik?lang=id
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait