Rupa-rupa

18 Agustus 2021

Moms, Kenalkan Si Kecil dengan Alat Musik Ritmis dan Beberapa Jenisnya

Alat musik ritmis adalah alat musik yang berfungsi untuk memberikan irama. Berikut jenisnya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Amelia Puteri

Daftar isi artikel

Ada berbagai alat musik di dunia ini, dan kadang alat musik tertentu menjadi ciri khas dari suatu genre musik. Salah satu jenis alat musik yang cukup penting kehadirannya, hampir di seluruh genre musik adalah alat musik ritmis.

Ini karena mereka memberikan irama (ritme) tertentu dalam pergelaran musik. Jadi secara sederhana, pengertian alat musik ritmis adalah alat musik yang berperan memberikan irama dalam pertunjukan musik.

Alat musik ritmis mempunyai peranan penting dalam alunan sebuah lagu, ia tak hanya jadi pengiring lagu, tetapi juga memiliki fungsi sebagai pengatur tempo atau irama.

Jadi, alat musik ritmis ini akan memberikan harmoni, terutama saat dipadukan dengan alat musik lainnya.

Ada banyak jenis alat musik ritmis yang populer di kalangan masyarakat dan setiap jenis alat musik ritmis ini memiliki bentuk dan cara memainkan yang juga berbeda-beda.

Moms bisa menemukan alat musik ritmis yang mengeluarkan bunyi jika ia dimainkan dengan cara dipukul, digoyang atau digesek. Bahkan alat musik ini bisa menjadi pilihan alternatif untuk mengenalkan musik kepada anak.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Mainan Alat Musik untuk Anak, Banyak Manfaatnya!

Jenis Alat Musik Ritmis

Setelah memahami pengertian alat musik ritmis, berikut ini adalah beberapa jenis alat musik ritmis yang paling sering Moms temui:

1 . Drum

Alat Musik Ritmis - Drum

Foto: dynamix-audio.com

Ini adalah jenis alat musik ritmis pertama dan ia hadir sebagai instrumen perkusi yang kompleks di dalamnya. Satu set drum terdiri dari snare, bass drum, tom-tom, simbal, hi-hat, sampai cowbell.

Set drum tidak perlu sama antara satu dengan yang lainnya dan semuanya hanya perlu disesuaikan dengan kebutuhan dari komposisi lagu yang akan dibawakan.

Set drum yang sederhana biasanya hanya terdiri dari snare, satu buah bass drum, hi-hat, dan simbal saja untuk bisa dimainkan.

2. Kendang

kendang.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Tak hanya alat musik modern seperti drum, alat musik tradisional seperti kendang juga merupakan contoh alat musik ritmis.

Alat musik ini cukup populer di Indonesia dan merupakan alat musik tradisional khas Jawa Barat dan Jawa Tengah. Alat musik satu ini umumnya dibuat dari kayu dengan rongga yang ditutup kulit sapi.

Kendang pada dasarnya adalah pengiring musik-musik tradisional, namun belakangan ini ia juga menjadi pengiring dalam musik kontemporer.

3. Tifa

Tifa.png

Foto: Orami Photo Stock

Alat musik tradisional lain yang tergolong ke dalam alat musik ritmis adalah tifa. Sama seperti kendang, cara memainkan alat musik tifa adalah dengan dipukul pada bagian kulitnya.

Tifa sendiri adalah alat musik yang sering dimainkan pada upacara tradisional masyarakat Indonesia Timur, semisal Maluku dan Papua. Fungsinya juga untuk mengiri lagu dan tari-tarian khas.

Jika Moms pernah melihat alat musik ini, ia hanya terbuat dari kayu yang diberi rongga di bagian tengah dan ditutup kulit di salah satu sisinya.

Jika dibandingkan kendang, bentuk tia lebih panjang dan lebih ramping, namun bunyinya mirip.

4. Conga

Alat Musik Ritmis - Conga

Foto: masterclass.com

Conga adalah alat musik ritmis yang sudah cukup terkenal di berbagai penjuru dunia. Alat musik ritmis ini berasal dari Afrika dan masyarakat di sana mengenalnya dengan sebutan tumbora.

Bentuknya menyerupai kendang yang dipasang dengan menggunakan alat bantu dari besi. Kini conga juga sudah banyak digunakan dalam musik populer modern dan bentuknya juga menyesuaikan zaman.

Kini conga kebanyakan terbuat dari serpihan kayu atau fiber glass.

Baca Juga: Sarana Edukasi Anak, Ini 10 Ragam Tarian Tradisional Indonesia

5. Calung

Calung jawa barat

Foto: Orami Photo Stock

Bersama dengan angklung, instrumen musik yang satu ini telah lama digunakan di dalam pertunjukan musik khas tanah Sunda atau Jawa Barat.

Bahan dasar dari alat musik ritmis ini adalah bambu pilihan. Untuk calung juga umumnya menggunakan bambu berjenis awi wulung dan awi temen.

Alat musik ini memiliki perbedaan mendasar dengan angklung. Calung dimainkan dengan cara dipukul dan tidak digoyangkan seperti halnya angklung.

Calung memiliki dua jenis, yaitu calung rantay dan calung jinjing dan pemain calung rantay umumnya memainkannya dalam posisi duduk, sementara calung jinjing pemainnya dalam posisi berdiri.7.

7. Tamborin

alat musik tamborin

Foto: Orami Photo Stock

Jika kendang atau tifa hanya mengeluarkan satu bunyi yakni bunyi saat dipukul, maka berbeda dengan tamborin. Alat musik ritmis ini punya dua jenis bunyi saat dimainkan.

Bunyi pertama adalah bunyi pukulan dari bagian kulit dan bunyi lainnya adalah gemerincing. Jadi bisa dikatakan bahwa alat musik ini bisa dimainkan dengan cara dipukul dan dikocok.

Kini sudah banyak musisi yang menggunakan alat musik tamborin dalam karya-karyanya. Ia juga semakin mudah dijumpai bahkan yang terbuat dari plastik.

8. Rebana

Alat Musik Betawi - Rebana

Foto: Orami Photo Stock

Alat musik ritmis selanjutnya adalah rebana yang merupakan alat musik yang terkenal dari tanah Melayu. Kerap kali alat musik ini sering jadi pengiring lagu-lagu melayu yang bertema Islam.

Rebana juga kini sudah tersebar di beberapa daerah di Indonesia dan digunakan untuk beberapa keperluan seni dan adat.

Jika Moms melihat rebana, oa memiliki bentuk mirip dengan drum kecil dengan bagian kulit yang besar dan keras. Cara memainkannya juga mudah yakni dengan dipukul pada bagian kulitnya dengan tempo yang disesuaikan.

9. Kastanyet

Alat Musik Ritmis - Kastanyet

Foto: andromeda21.com

Alat musik ritmis yang satu ini memiliki bentuk yang unik, yakni seperti kerang kecil. Beberapa pembuat alat musik pun bikin kastanyet dengan berbagai warna agar semakin menarik.

Karena bentuk dan warnanya yang menarik, kastanyet pun lebih sering dikira mainan oleh beberapa orang.

Cara memainkan alat musik satu ini adalah dengan menyatukan dua sisinya seperti tepuk tangan. Karena bentuknya kecil, umumnya alat musik ini hanya dimainkan dengan dua atau tiga jari saja, jempol, telunjuk, dan jari tengah.

Baca Juga: Cari Tahu di Sini Asal-usul 7 Tarian Tradisional Jawa Barat

10. Simbal

Alat Musik Ritmis - Simbal

Foto: daviddarling.info

Simbal adalah alat musik ritmis yang memiliki beberapa pilihan ukuran, mulai dari kecil hingga besar.

Simbal terbuat dari logam dengan bentuk bulat seperti cakram dan ia bisa dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan atau stik. Sementara untuk simbal tangan, biasanya dimainkan dengan memadukan dua simbal.

11. Triangle

Alat Musik Idiophone - Triangle

Foto: Orami Photo Stock

Tahukah Moms bahwa alat musik satu ini sudah ada sejak abad ke-16 dan telah banyak digunakan dalam musik klasik. Triangle adalah alat musik ritmis yang bisa mengeluarkan bunyi dengan dipukul pada bagian mana pun caranya.

Alat musik ritmis ini sudah banyak dipakai dalam lagu-lagu modern berbagai aliran, mulai dari jazz, pop, bahkan dangdut.

Alat musik ini terbuat dari logam dengan berbentuk seperti namanya, yakni segitiga.

Namun, ujung satu dengan ujung lainnya tidak saling menyatu dan biasanya ada semacam tali di salah satu sudutnya untuk memegang alat musik ini.

12. Marakas

Alat Musik Marakas

Foto: Orami Photo Stock

Ini adalah alat musik ritmis yang juga sudah mendunia dan ia mampu menghasilkan bunyi yang khas namun sangat meriah. Tak heran kalau marakas jadi alat musik pengiring untuk lagu-lagu yang biasanya akan mengajak Moms atau penontonnya berdansa.

Jika dilihat, bentuk marakas seperti permen lolipop besar. Alat musik ini juga punya pegangan serta bola besar di atasnya yang akan mengeluarkan bunyi saat digoyang-goyang.

Itu dia beberapa jenis alat musik ritmis yang cukup populer dan bisa Moms perkenalkan kepada anak!

  • https://www.ccsoh.us/cms/lib/OH01913306/Centricity/Domain/585/Jazz%20History%20Lesson%203.pdf
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait