Rupa-rupa

10 Agustus 2021

Mengenal Berbagai Alat Musik Tiup, Tradisional Hingga Modern

Tak hanya suling bambu, ternyata ada banyak jenis alat musik tiup di dunia berikut ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Amelia Puteri

Alat musik tiup adalah alat musik yang bunyinya berasal dari getaran udara. Istilah lainnya adalah aerophone. Getaran udara yang dihasilkan alat musik tiup bisa dengan dua cara.

Pertama adalah getaran udara terjadi dalam instrumen seperti seruling, klarinet, oboe, terompet.

Kedua adalah alat musik tiup yang menghasilkan udara yang bergetar namun tidak terkandung di dalam instrumen itu sendiri, seperti akordeon, dan harmonika.

Ketika orkestra muncul pada abad ke-17 dan ke-18, diputuskan bahwa alat musik tiup juga dikategorikan menurut bahan pembuatannya, yakni alat musik tiup kayu dan alat musik tiup yang terbuat dari kuningan.

Alat musik ini adalah salah satu dari empat kelas utama instrumen dalam skema klasifikasi instrumen musik Hornbostel-Sachs asli. Tiga lainnya adalah idiophone, membranophone dan chordophone.

Kelas kelima adalah elektrofon, ditambahkan dalam revisi selanjutnya.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Mainan Alat Musik untuk Anak, Banyak Manfaatnya!

Mengenal Jenis Alat Musik Tiup

Berikut ini adalah beberapa jenis alat musik tiup dari yang tradisional hingga modern:

1. Seruling

Alat Musik Tiup - Suling

Foto: Orami Photo Stock

Alat musik tiup ini sudah sangat populer di masyarakat, tak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia.

Seruling adalah yang tertua dari semua instrumen yang menghasilkan suara bernada (bukan hanya ritme), dan pada awalnya terbuat dari kayu, batu, tanah liat atau buluh berlubang seperti bambu.

Seruling modern terbuat dari perak, emas atau platinum; umumnya ada 2 sampai 4 seruling dalam orkestra.

Alat musik ini memiliki enam hingga tujuh lubang.

Cara memainkan seruling adalah dengan memegangnya ke samping dengan kedua tangan dan meniup melalui lubang di corong, seperti meniup di bagian atas botol.

Jari-jari membuka dan menutup kunci untuk mengubah nada.

Pada suling tradisional, umur dan kekerasan bambu pembuatnya sangat memengaruhi kualitas suara yang dihasilkannya.

Oleh karena itu, jika Moms hendak membelinya, jangan ragu untuk menanyakan informasi tentang umur dan kekerasan bambu seruling tersebut kepada penjualnya.

2. Piccolo

Alat Musik Tiup - Piccolo

Foto: primanada.com

Seruling versi yang lebih pendek disebut piccolo, yang berarti kecil dalam bahasa Italia. Dengan ukuran setengah dari seruling standar, piccolos memainkan nada tertinggi dari semua alat musik tiup kayu.

Dalam orkestra salah satu pemain suling juga akan memainkan piccolo jika instrumen itu diperlukan. Suara pipa tinggi dari piccolo juga terdengar di korps drum tradisional dan musik marching band.

3. Oboe

Alat Musik Tiup - Oboe

Foto: bandungpiano.com

Oboe adalah silinder hitam sepanjang 60 cm dengan kunci logam menutupi lubangnya. Corongnya menggunakan buluh ganda, yang bergetar saat Moms meniupnya.

Getaran buluh ini membuat udara di dalam obo bergerak, dan dengan demikian menciptakan suara.

Untuk memainkannya, pegang obo dengan tegak, tiup melalui buluh ganda di mulut, dan gunakan kedua tangan untuk menekan tombol untuk membuka dan menutup lubang dan mengubah nada.

Biasanya ada 2 hingga 4 obo dalam sebuah orkestra dan mereka menghasilkan berbagai nada, dari suara tinggi hingga nada lembut nan hangat. Alhasil, suara obo sangat berkesan.

Baca Juga: 10 Lagu Melow Indonesia untuk Menemani Cuaca Hujan dan Galau

4. English Horn

Alat Musik Tiup - English Horn

Foto: youtube.com

Terlepas dari namanya, alat musik tiup ini bukan bahasa Inggris dan juga bukan jenis klakson. English horn sebenarnya terkait erat dengan oboe, ia juga menggunakan buluh ganda, dan dimainkan dengan cara yang sama.

Alat musik tiup lebih panjang dari oboe dan tabungnya sedikit lebih lebar. Di ujung bawah, ada bagian yang terbuka menjadi bentuk lonceng bundar, yang memberinya suara yang lebih hangat dan lebih penuh.

Karena lebih besar, alat musik tiup ini juga memiliki jangkauan nada yang lebih rendah daripada oboe. Pemain oboe juga akan memainkan English horn jika diperlukan.

5. Klarinet

Alat Musik Tiup - Klarinet

Foto: buddyrogers.com

Klarinet bisa dengan mudah disalahartikan sebagai oboe, kecuali corongnya, yang menggunakan satu buluh.

Klarinet sebagai alat musik tiup yang juga populer hadir dalam beberapa ukuran yang berbeda, dan klarinet B-flat standar hanya lebih dari 60 cm panjangnya.

Beberapa karya musik mengharuskan pemain klarinet memainkan beberapa jenis klarinet dalam satu bagian.

Dua sampai empat klarinet dalam orkestra memainkan melodi dan harmoni, dan mereka memiliki suara kaya nan gelap di nada bawahnya, sedangkan bagian atas jangkauan klarinet cerah nan bergema.

Moms dapat memainkan klarinet jika bisa memainkan oboe.

Cara memainkannya adalah dengan memegangnya tegak, meniup melalui buluh, dan menggunakan tangan untuk mengubah nada dengan membuka dan menutup kunci dengan jari-jari.

6. Terompet

Alat Musik Tiup - Trumpet

Foto: winstonmusic.com.au

Berikutnya, beralih ke alat musik tiup yang berasal dari barat yang cukup populer, yakni terompet. Suara yang dihasilkan oleh alat musik tiup ini sangat keras dan umum digunakan juga untuk drum band event.

Terompet terbilang cukup sederhana untuk dipelajari karena hanya memiliki tiga buah tombol.

Untuk menentukan nadanya juga cukup mudah yakni dengan mengatur udara yang lewat. Yang butuh dipelajari saat memainkan alat musik terompet adalah konsistensi peniupan.

Jadi, kalau Moms berminat untuk belajar meniup terompet, hal yang paling penting untuk dipelajari dulu adalah berlatih bernapas panjang.

7. Saxophone

Alat Musik Tiup - Saxophone

Foto: freepik.com

Alat musik tiup populer selanjutnya adalah saxophone atau saksofon. Nama saksofon ini berasal dari nama penemunya yaitu Adolphe Sax. Suara yang dihasilkan dari alat musik tiup ini tergolong keras karena sama halnya dengan terompet, alat ini terbuat dari logam.

Karena ukurannya juga cukup besar, alat musik ini memiliki jangkauan suara yang juga lebih besar. Dahulu, saksofon lebih umum dipakai pada orkestra.

Namun kini sudah banyak yang memakai saksofon yang dimainkan untuk iringan lagu populer.

Baca Juga: Musisi Jazz Senior Benny Likumahuwa Meninggal Dunia, Turut Berduka Cita

8. Harmonika

Alat Musik Tiup - Harmonika

Foto: stocksy.com

Harmonika adalah alat musik tiup sederhana yang bisa Moms mainkan atau ajarkan kepada anak-anak. Harmonika adalah salah satu jenis alat musik dari barat yang kabarnya bahkan sudah ditemukan sejak abad ke-18.

Instrumen musik tiup ini tergolong sederhana karena bentuknya pun hanya berupa pelat logam getar yang disusun secara horizontal.

Namun sebetulnya cara mempelajari alat musik tiup ini sebenarnya gampang-gampang susah. Hanya aja, alat musik ini bisa dibawa ke mana pun yang tentunya akan memudahkan seseorang untuk berlatih.

Kalau sudah mahir, suara merdu dari harmonika ini bisa memberikan efek yang sangat menenangkan.

9. Trombon

Alat Musik Tiup - Trombone

Foto: miro.medium.com

Seperti pada alat musik tiup yang terbuat dari logam lainnya, suara trombone dihasilkan dengan menggetarkan bibir.

Kata trombone ini diambil dari bahasa Italia tromba (terompet) dan -one (akhiran yang berarti besar), maka secara bahasa tulis arti trombon adalah "trumpet besar".

Ini karena memang secara ukuran alat musik tiup trombone lebih besar daripada terompet. Para pemain trombone biasanya disebut dengan trombonis.

Baca Juga: Bagaimana Musik Berpengaruh pada Kecerdasan Janin?

10. Bassoon atau Fagot

Alat Musik Tiup - Bassoon

Foto: limelightmagazine.com.au

Alat musik tiup selanjutnya adalah fagot atau bassoon yang merupakan jenis alat musik tiup yang terbuat dari kayu.

Alat musik tiup bassoon ini terbagi atas pipa panjang berbentuk "U" dan logam berbentuk "S" dengan lidah ganda. Alat musik tiup ini mempunyai sebuah corong (bore) kerucut dan panjang alat musik ini adalah sekitar 2.5 m.

Alat musik tiup ini digunakan untuk menghasilkan nada rendah. Bassoon juga tidak mampu beroperasi lebih dari satu oktaf tanpa mengorbankan kualitas suara.

Itulah beberapa alat musik tiup yang selama ini dikenal, selamat mencoba memainkannya ya!

  • https://www.sweetwater.com/insync/aerophone/
  • https://www.orsymphony.org/learning-community/instruments/woodwinds/
  • https://artsandculture.google.com/exhibit/what-is-a-wind-instrument/AgKyIICujzTAJg
  • https://id.yamaha.com/id/products/musical_instruments/winds/index.html
  • https://www.europeana.eu/pt/exhibitions/byzantine-musical-instruments/aerophones
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait