Parenting Islami

16 April 2021

Pahala Berlipat Datang Saat Mengerjakan Amalan Hari Jumat Ini

Ada banyak amalan hari jumat yang sangat disayangkan jika terlewatkan begitu saja
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Amelia Puteri

Dalam Islam, hari Jumat disebut juga hari raya bagi umat muslim. Ada banyak amalan hari jumat yang bisa dilakukan oleh semua orang, baik oleh perempuan atau pun laki-laki.

Sebab, akan sangat banyak pahala yang akan diturunkan secara sekaligus dan juga kesempatan emas untuk menghapus dosa.

Untuk menjelaskan tentang besarnya pahala amalan hari Jumat ini, dalam Alquran Allah SWT berfirman:

“Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jumat, Maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli.

Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila telah ditunaikan shalat, Maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung,” (QS Al-Jumu’ah: 9-10).

Baca Juga: Bolehkah Puasa di Hari Jumat? Ini Penjelasannya!

Amalan Hari Jumat

Amalan Hari Jumat -1

Foto: Orami Photo Stock

Di hari Jumat, selain ada kewajiban bagi laki-laki untuk menjalankan sholat Jumat, ada banyak amalan lain yang bisa dikerjakan termasuk dapat juga dilakukan oleh kaum hawa.

Amalan-amalan tersebut juga termasuk ke dalam ibadah sunnah. Apa saja amalan hari Jumat tersebut? Simak beberapa di antaranya.

1. Perbanyak Sholawat

Jika di hari biasa saja akan mendatangkan pahala, maka membaca sholawat saat hari Jumat akan dilipat gandakan pahalanya sebagai amalan hari Jumat. Bukan hanya pahala, Rasulullah SAW juga menjanjikan posisi yang dekat dengan beliau saat hari kiamat yang tentunya amat diinginkan oleh kaum muslimin.

Rasulullah SAW bersabda:

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap hari Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti,” (HR Al-Baihaqi).

2. Perbanyak Dzikir dan Doa

Ini adalah amalan hari Jumat yang bisa dilakukan oleh semua orang, termasuk laki-laki dan perempuan. Dzikir adalah mengingat Allah yang meski bisa dikerjakan kapan saja, namun ada baiknya hal tersebut juga diperbanyak untuk dilakukan pada hari Jumat.

Ada banyak manfaat berdzikir yang dilakukan pada hari Jumat. Ini pun mendapat penjelasan dalam Alquran saat Allah SWT berfirman: “Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian diseru untuk shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah mengingat Allah…,” (Al Jumu’ah: 9).

Terkait dengan memperbanyak doa, Rasulullah SAW bersabda:

“Pada hari itu ada saat yang tidaklah seorang hamba muslim bertepatan dengannya dalam keadaan dia berdiri shalat yang ia meminta sesuatu kepada Allah SWT melainkan akan dikabulkan oleh-Nya,” (HR Bukhari).

3. Perbanyak Amal Ibadah

Kaum perempuan juga bisa mendapatkan keutamaan hari Jumat tidak kalah dengan laki-laki yang mengerjakan sholat Jumat.

Misalnya dengan meningkatkan jumlah rakaat sholat sunnah, memperbanyak sedekah, menambah bacaan Alquran, lebih banyak menolong sesama, dan sebagainya.

Imam Ja’far Shadiq berkata:

“Malam dan hari Jumat itu memiliki hak, maka jangan menyia-nyiakan kemuliaannya, jangan mengurangi ibadah, dekatkan diri kepada Allah dengan amal-amal sholeh dan tinggalkan semua yang haram. Karena di dalamnya Allah telah melipatgandakan kebaikan, menghapus kejelekan dan mengangkat derajat.

Hari Jumat sama dengan malamnya. Jika kamu mampu, hidupkan malam dan siangnya dengan doa dan shalat. Karena di dalamnya Allah mengutus para Malaikat ke langit dunia untuk melipatgandakan kebaikan dan menghapus keburukan, sesungguhnya Allah Maha Luas ampunan-Nya dan Maha Mulia."

4. Membersihkan Diri

Sunnah untuk membersihkan diri ini tidak hanya berlaku untuk kaum laki-laki yang akan menunaikan sholat Jumat saja.

Akan tetapi, ini juga berlaku untuk perempuan sebagai amalan hari Jumat yang utama karena disunnahkan untuk membersihkan diri di hari yang istimewa ini.

Selain itu, mandi hari jumat juga merupakan hal yang wajib bagi semua orang yang sudah baligh. Bukan hanya mandi, Rasulullah SAW juga menganjurkan amalan yang lain yang bisa dilakukan dengan mudah. “Hendaklah juga ia menyikat gigi dengan siwak,” (HR Bukhari dan Muslim).

Bukan hanya mandi dan sikat gigi, memotong kuku juga menjadi amalan hari Jumat yang bernilai pahala. Selain mendapatkan kebersihan dan turut membantu dalam menjaga kondisi kesehatan, membersihkan diri di hari Jumat juga sebagai wasilah dalam mengikuti sunnah nabi.

Baca Juga: 11 Inspirasi Nama Bayi Lahir Jumat Menurut Islam, Masya Allah Indahnya!

5. Shalat Dhuhur di Awal Waktu

Amalan Hari Jumat -2

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun tidak bisa menunaikan shalat Jumat, para muslimah juga bisa mendapatkan pahala sunnah dengan menunaikan shalat Dhuhur di awal waktu. Selain merupakan amalan hari Jumat yang khusus diberikan untuk kaum hawa, sholat di awal waktu juga lebih disukai oleh Allah SWT.

Sholat di awal waktu juga dijanjikan akan memperoleh pahala besar bagi orang yang mengerjakannya. Hal ini sesuai dengan keterangan dari sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, dia berkat bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“…Seandainya orang-orang mengetahui pahala azan dan barisan (shaf) pertama, lalu mereka tidak akan memperolehnya kecuali dengan ikut undian, niscaya mereka akan berundi. Dan seandainya mereka mengetahui pahala menyegerakan shalat pada awal waktu, nisaya mereka akan berlomba-lomba melaksanakannya…"

6. Pakai Pakaian Terbaik dan Gunakan Wewangian

Rasulullah SAW mendorong umatnya untuk membeli pakaian terbaik agar bisa dikenakan pada hari yang istimewa, yakni hari Jumat. Beliau bersabda:

“Wajib bagi kalian membeli 2 buah pakaian untuk shalat jum’at, kecuali pakaian untuk bekerja,” (HR Abu Dawud dan Ibnu Majah, dinilai shahih oleh Al Albani).

Terkait dengan wewangian, Rasulullah SAW juga bersabda:

“Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu shalat sesuai dengan kemampuan dirinya, dan ketika imam memulai khutbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jum’at ini sampai Jum’at berikutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Selain menjadi amalan hari Jumat, wewangian juga dapat digunakan sebagai agen penghilang stres, menurut penelitian yang dilakukan oleh Chemical Sense . ini juga akan meingkatkan mood saat digunakan dalam beribadah, dan memberi semangat saat melakukannya.

7. Membaca Surat Al-Kahfi

Baik bagi laki-laki ataupun perempuan, keduanya mempunyai kesempatan yang sama untuk mendapatkan pahala berlimpah saat membaca Surat Al Kahfi sebagai amalan hari Jumat. Membaca surat Al-Kahfi juga bisa dilakukan pada awal Jumat, yaitu pada Kamis malam setelah masuk waktu maghrib.

Dalam sebuah hadits dari Abu Sa’id Al-Khudri RA, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dua Jumat,” (HR Al-Hakim dan Al-Baihaqi, dishahihkan Al-Albani).

8. Mandi Jumat

Karena termasuk dalam amalan hari Jumat yang disunnahkan, penjelasannya didapatkan dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah. Dia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat, maka ia mandi seperti mandi janabah…,” (HR Bukhari dan Muslim).

Bahkan ada sebagian ulama yang menjadikan mandi Jumat ini wajib hukumnya. Hal ini berdasarkan sebuah hadits dari Abu Sa’id Al Khudri, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Mandi pada hari Jumat adalah wajib bagi setiap orang yang telah baligh,” (HR Bukhari dan Muslim).

Hadis ini menunjukan anjuran yang perlu dilakukan ketika akan menegrjakan shalat Jumat. Bukan hanya mandi dan berpakaian terbaik, tapi juga disempurnakan dengan wewangian. Karena sesungguhnya Allah SWT menyukai kebersihan dan keindahan, apalagi jika dilakukan di hari Jumat.

9. Tidak Duduk Memeluk Lutut

Ini khusus diberikan kepada para laki-laki yang akan mengikuti sholat Jumat.

Ada sebuah larangan yang disampaikan Rasulullah SAW dalam sebuah hadis hasan yang diriwayatkan Abu Dawud dan Tirmidzi dari Sahl bin Mu’adz bin Anas terkait dengan tindakan yang lebih lebih baik tidak dilakukan saat sholat Jumat.

Ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW melarang Al Habwah atau duduk sambil memegang lutut ketika sedang mendengarkan khatib berkhotbah.

Maka, menghindarkan diri dari perilaku yang dilarang ini bisa berubah menjadi sebuah amal ibadah yang baik dan mengundang pahala.

Baca Juga: 7+ Amalan Ibu Hamil Menurut Islam, Yuk Lakukan Moms!

10. Memperbanyak Shalat Sunnah Sebelum Khatib Naik Mimbar

Amalan Hari Jumat -3

Foto: Orami Photo Stock

Memperbanyak shalat sunnah sebelum khatib naik mimbar juga merupakan amalan hari Jumat yang bisa dilakukan oleh kaum Adam. Dalam sebuah hadits yang berasal dari Abu Hurairah RA, menyatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Barangsiapa yang mandi kemudian datang untuk sholat Jumat, lalu ia shalat semampunya dan dia diam mendengarkan khutbah hingga selesai, kemudian shalat bersama imam, maka akan diampuni dosanya mulai Jumat tersebut sampai Jumat berikutnya ditambah tiga hari,” (HR Muslim).

Dalam hadis ini, selain disunnahkan memperbanyak shalat sunnah ketika khatib belum naik ke atas mimbar, ini juga menunjukkan bahwa berbicara saat khatib sedang berkutbah itu dilarang.

Oleh karena itu, jamaah yang melaksanakan shalat Jumat wajib untuk mendengarkan khutbah tanpa berbicara.

11. Menyegerakan Berangkat ke Masjid

Selain akan mendapatkan shaf terbaik yakni berada di barisan paling depan saat sholat Jumat, menyegerakan untuk berangkat ke masjid merupakan salah satu sunnah yang bisa menjadi amalan hari Jumat yang akan bernilai pahala.

Bersegera berangkar ke masjid juga mendapat penjelasan dari salah satu hadis yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik. Dia berkata: “Kami berpagi-pagi menuju sholat Jumat dan tidur siang setelah shalat Jumat,” (HR Bukhari).

12. Mengerjakan Shalat Sunnah Setelah Shalat Jumat

Sama seperti shalat wajib lainnya, ada juga shalat sunnah yang bisa dilakukan setelah shalat Jumat sebagai amalan hari Jumat. Shalat sunnah setelah shalat Jumat dilakukan dua rakaat atau empat rakaat. Dalam hal ini, Rasulullah SAW bersabda:

“Apabila kalian telah selesai mengerjakan shalat Jumat, maka shalatlah 4 rakaat.” Amr menambahkan dalam riwayatnya dari jalan Ibnu Idris, bahwa Suhail berkata, “Apabila engkau tergesa-gesa karena sesuatu, maka shalatlah 2 rakaat di masjid dan 2 rakaat apabila engkau pulang,” (HR Muslim, Tirmidzi).

13. Lakukan Kegiatan Sosial

Dikutip Jatim NU, dalam beberapa riwayat dikisahkan bahwa Rasulullah SAW melakukan aktivitas tertentu di hari Jumat. Aktivitas tersebut tidak melulu bersifat ibadah, seperti wiridan, doa, shalat, dan sejenisnya.

Akan tetapi, juga suka mengerjakan ibadah yang bersifat sosial dan bisa menjadi amalan hari Jumat.

Al-Suyuthi dalam kitabnya, ‘Amal Yaum wa Lailah mengatakan: “Nabi SAW membaca surat al-Ikhlas, al-Falaq, dan an-Nas usai shalat Jumat sebanyak tujuh kali dan beliau juga memperbanyak shalawat pada hari Jumat dan malamnya.

Ia juga mengerjakan shalat sunah setelah shalat Jumat di rumahnya, tidak di masjid. Setelah itu apa yang dilakukan Nabi SAW? Beliau mengunjungi saudaranya, menjenguk orang sakit, menghadiri penyelenggaraan jenazah, atau menghadiri akad nikah,”.

Meski sering dianggap sepele, namun amalan hari Jumat yang dilakukan secara rutin dan menjadi kebiasaan yang sering dilakukan meski terhitung kecil namun bisa saja menjadi pahala yang diterima oleh Allah SWT.

  • https://dalamislam.com/akhlaq/amalan-hari-jumat-untuk-wanita
  • https://www.islampos.com/ini-11-amalan-sunnah-di-hari-jumat-66099/
  • https://jatim.nu.or.id/read/ini-amalan-nabi-muhammad-saw-di-hari-jumat
  • https://www.researchgate.net/publication/7996053_Effects_of_Fragrance_on_Emotions_Moods_and_Physiology
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait