Parenting Islami

PARENTING ISLAMI
5 Maret 2021

7+ Amalan Istri Agar Rezeki Suami Lancar, Yuk Lakukan Moms!

salah satu amalan istri agar rezeki suami lancar adalah bersedekah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

SIapa yang tidak ingin dilancarkan rezekinya oleh Allah SWT? Moms dan Dads juga tentu ingin rezekinya dilancarkan. Tahukah Moms, sebenarnya adalah lho amalan istri agar rezeki suami lancar.

Saat memasuki gerbang rumah tangga, setiap suami tentu mengharapkan mendapatkan istri yang shalihah. Sebab, istri shalihah akan menentramkan hati dan membawa kebaikan bagi pasangannya. Rasulullah SAW Bersabda: “Sebaik-baik perhiasan dunia adalah istri yang shalihah.” (HR Muslim).

Bahkan, ada pepatah lama yang mengungkapkan bahwa laki-laki yang hebat memiliki istri yang luar biasa di belakangnya. Bukan hanya itu, ternyata istri juga merupakan ‘kunci’ mengalirnya rezeki bagi suami. Bagaimana bisa? Apa saja amalan istri agar rezeki suami lancar? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Ini Dia yang Bikin Pasangan Makin Cinta

Riset tentang Suami dan Istri yang Saling Melengkapi

Amalan yang Bisa Dilakukan Istri Agar Rezeki Suami Lancar -1

Foto: Orami Photo Stock

Keseimbangan menjalankan kewajiban dan hak dalam rumah tangga juga turut menciptakan keluarga keharmonisan. Sebab, saat keduanya dipenuhi, maka tidak akan ada lagi perselisihan yang berkepanjangan dan menimbulkan keharmonisan.

Rumah tangga juga membutuhkan keterampilan khusus untuk menjalankannya. Journal of Social and Personal Relationship mencatat, siapapun yang telah menikah akan tahu bahwa dibutuhkan keterampilan tertentu untuk menjaga agar kapal perkawinan tetap mengapung di perairan yang terkadang berombak.

Dalam perjalanannya, suami istri yang kompak pun akan saling mempengaruhi, terutama dalm hal sifat dan kebiasaan. Sebuah penelitian di AS American Psychological Association melakukan penelitian dalam hal kepribadian pada lebih dari 2.000 peserta paruh baya dua kali selama periode antara enam dan sembilan tahun.

Hasilnya, peelitian tersebut menunjukkan bahwa pernikahan yang sehat akan menghasilkan perilaku yang lebih baik karena ‘bertukar’ sifat dengan pasangannya. Ini juga bisa menjadi alasan ilmiah mengapa amalan istri bisa mempengaruhi kelancaran rezeki suami. Jadi tidak perlu diragukan lagi bahwa ada amalan istri agar rezeki suami lancar.

Baca Juga: Mengapa Pasangan Berubah Sikap?

Amalan Istri Agar Rezeki Suami Lancar

Amalan yang Bisa Dilakukan Istri Agar Rezeki Suami Lancar -3

Foto: Ormi Photo Stock

Berikut adalah amalan istri agar rezeki suami lancar yang bisa Moms lakukan. Simak di sini!

1. Pandai Bersyukur

Amalan istri agar rezeki suami lancar ini sebenarnya bentuk syukurnya kepada Allah SWT dan termasuk amalan yang mulia. Sebab sebenarnya, apa yang diberikan oleh suami adalah rizki yang diberikan oleh Allah SWT.

Istri shalihah harus mensyukuri apa yang didapatkan suami baik sedikit ataupun lebih dari cukup. Jangan pernah memaksa kehendak atau menuruti nafsu. Jangan sampai rezeki yang didapatkan tidak halal karena hanya ingin memuaskan nafsu.

2. Bertawakal kepada Allah SWT

Tawakal kepada Allah SWT adalah cara terbaik untuk meraih rezeki dan nikmat dari-Nya. Allah berfirman: “Dan siapa yang bertawakkal pada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya.” (QS Ath Thalaq: 3).

Bertawakal adalah salah satu amalan istri agar rezeki suami lancar, karena pasrah akan ketentuan Allah dan tidak banyak berburuk sangka terkait rizki yang diberikan.

3. Banyak Beristighfar

Allah berfirman: “Maka saya katakan pada mereka, ‘Mohonlah ampun pada Tuhanmu’, sesunguhnya Dia adalah Maha Pengampun, pasti Dia akan mengirimkan hujan padamu dengan lebat, memperbanyak harta dan anak-anakmu, mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (juga di dalamnya) sungai-sungai untukmu.” (QS Nuh: 10-12).

Kalimat istighfar dapat menjadi magnet penarik rezeki. Selain dapat mengingt kekuasaan Allah dan membersihkan dosa, istrighfar menjadi kunci diraihnya rezeki yang berkah.

4. Suka Bersedekah

Istri yang suka bersedekah, pada hakikatnya sedang melipatgandakan rezeki suaminya. Janji Allah itu pasti kepada setiap hamba-Nya yang bertakwa. Allah SWT berfirman: “Siapa bertaqwa pada Allah, niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya serta memberinya rizki dari arah yg tidak disangka-sangka.” (QS. At Thalaq: 2-3).

Sedekah bukan hanya kepada kaum papa, akan tetapi sedekah terbaik adalah kepada keluarga dekat seperti orang tua, mertua, dan saudara. Bersedekah sambil berilaturahim tentu akan melipatgandakan pahala dan rezeki yang akan didapatkan.

Baca Juga: Hadapi Pasangan Pasif Dengan 4 Trik Ini

5. Selalu Mendoakan Suami

Doa dua orang yang saling mencintai karena Allah SWT tentunya akan diijabah. Mendoakan suami dalam segala kondisi akan menjadi amalan istri agar rezeki suami lancar dan berkah. Berdoa agar suami tetap sehat rohani dan jasmani, tentu akan melancarkan ikhtiar suami saat mencari nafkah.

Meminta Allah SWT untuk selalu melindungi suami dimanapun berada dengan pasrah dan ikhlas, akan mendatangkan pahal dan juga keberkahan dalam rezekinya.

6. Taat dan Melayani Suami dengan Baik

Salah satu kewajiban istri pada suami adalah menaatinya. Selama perintah suami tidak dalam rangka mendurhakai Allah dan Rasul-Nya, istri wajib menaati suaminya. Taat pada suami juga merupakan ibadah yang pahalanya akan terus mengalir.

Selain itu, ketika istri taat pada suaminya, hati suaminya juga tenang dan damai. Saat hatinya damai, bekerja dan beribadah juga lebih tenang dan rezeki akan mengalir lancar.

7. Sempatkan Beribadah Bersama

Banyak ibadah yang bisa dilakukan bersama suami, seperi shalat berjamaah, melaksanakan shaum senin-kamis, membaca alquran dan shalat malam bersama suami. Selain menjadi amalan agar rezeki suami lancar, Allah juga akan memberkahi keluarga.

Sebab, Allah SWT menyukai suatu golongan yang selalu bersyukur dan menjalankan kewajiban.

8. Sebisa Mungkin Menghindari Pertengkaran

Walaupun rumah tangga tidak akan terlepas dari permasalahan, lebih baik menghindari konflik. Sebab, pertengkaran hanya akan menyulut amarah dan mengikis solusi. Jika harus sampai bertengkar, bersabarlah dan bersikap tenang.

Jangan lupa untuk tetap mendoakan suami, agar Allah SWT senantiasa memberi jalan terbaik dari setiap permasalahan yang sedang dihadapi.

Itulah beberapa amalan istri agar rezeki suami lancar. Yuk lakukan amalan istri agar rezeki suami lancar ini agar keluarga impian ini senantiasa diberikan keberkahan.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait