Gaya Hidup

22 Juni 2020

Prosedur Aman ke Salon Selama New Normal

Pergi ke salon jadi salah satu pilihan masyarakat setelah lebih dari 3 bulan di rumah saja
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Sejak awal Juni 2020, pemerintah telah memberlakukan New Normal. Pergi ke salon jadi salah satu pilihan masyarakat setelah lebih dari 3 bulan di rumah saja sebagai usaha memutus rantai penyebaran Covid-19.

Apakah Moms salah satu pergi ke salon setelah New Normal? Jika ya, maka Moms harus tahu dan menaati prosedur saat pergi ke salon agar kegiatan merawat diri jadi lebih aman dan nyaman.

Baca Juga: 4 Cara Tampil Cantik Tanpa Perlu Pergi Ke Salon Mahal

Prosedur Aman ke Salon saat New Normal

Tak hanya mall, gym, atau pusat perbelanjaan saja yang ramai didatangi pengunjung. Tempat-tempat perawatan diri seperti salon jadi alternatif masyarakat untuk menghilangkan penat setelah hampir 3 bulan lamanya di rumah saja.

Meski begitu, pergi ke salon tak lagi semudah dulu, kontak fisik antara pegawai salon dengan pelanggan jadi hal yang perlu diwaspadai. Mengingat, penularan Covid-19 bisa terjadi karena menyentuh bagian mulut, hidung dan mata.

Hal ini dijelaskan dalam penelitian yang dilakukan oleh Indian J Pediatr berjudul A Review of Coronavirus Disease-2019 (COVID-19), mengatakan bahwa infeksi Covid-19 bisa terjadi karena tetesan air liur, tangan yang terkontaminasi dan menyentuh hidung, mulut, serta mata.

Untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19, Moms harus mengetahui dan menjalankan prosedur aman ketika pergi ke salon.

Baca Juga: 6 Mitos Soal Perawatan Kulit Wajah yang Selama Ini Dipercaya

1. Pastikan Salon Telah Melakukan Protokol Kesehatan

Prosedur Aman ke Salon saat New Normal

Foto: Orami Stock Photos

Sebelum pergi ke salon, pastikan untuk menelpon pihak salon terlebih dahulu untuk memastikan bahwa salon yang akan dikunjungi telah melakukan protokol kesehatan yang sesuai dengan standar pemerintah.

Misalnya, menyemprotkan disinfektan, tidak menerima banyak tamu, dan menjaga jarak. Selain itu, tanyakan juga, apakah karyawan dibekali dengan masker, sarung tangan dan hand sanitizer saat berinteraksi dengan pelanggan.

Jangan lupa untuk menanyakan pengaturan kursi dan meja pelanggan dalam menjaga jarak antara satu pelanggan dengan pelanggan lainnya.

2. Gunakan Masker

Prosedur Aman ke Salon saat New Normal

Foto: Orami Stock Photos

Penelitian yang dipublikasikan oleh European Respiratory Journal berjudul Universal use of face masks for success against COVID-19: evidence and implications for prevention policies menjelaskan bahwa masker wajah mampu menghalau penyebaran Covid-19 melalui udara, batuk dan bersin, sekaligus sebagai media kontrol ketika berada di tempat umum. Jadi, pastikan untuk selalu menggunakan masker selama di salon.

Meski begitu, Danielle Ompad, seorang profesor dan ahli epidemiologi penyakit menular di New York University, menganjurkan untuk melepas masker setelah memakainya selama 4 jam untuk menghindari masker basah karena keringat.

Namun, Moms perlu ingat, ketika melepas masker pastikan tidak ada orang yang berada dekat dengan Moms untuk menghindari penularan.

3. Dalam Keadaan Sehat

Prosedur Aman ke Salon saat New Normal

Foto: Orami Stock Photos

Tak ada yang lebih penting dari kondisi tubuh yang sehat saat akan pergi ke salon. Kesehatan dan imunitas tubuh sangat penting untuk dipertimbangkan ketika Moms akan melakukan kegiatan di luar rumah.

Jika Moms merasa tidak enak badan, jangan disepelekan. Urungkan niat untuk pergi ke salon dan beristirahat di rumah hingga kondisi tubuh benar-benar pulih. Sebab, penularan Covid-19 akan sangat cepat dan berbahaya ketika sedang sakit dan imunitas menurun.

Baca Juga: Organisasi Kesehatan Dunia Sebutkan 6 Syarat New Normal, Ini Penjelasannya

4. Jangan Terlalu Lama di Salon

Prosedur Aman ke Salon saat New Normal

Foto: Orami Stock Photos

Buat kunjungan ke salon sesingkat mungkin. Untuk mengantisipasi daftar tunggu yang lama, Moms bisa menelepon pihak salon dan membuat janji bertemu dan utarakan maksud kedatangan ke salon.

Pastikan untuk tidak terlambat dan datang tepat waktu agar tidak berlama-lama di salon. Hindari juga perawatan yang memungkinkan terjadi kontak langsung dengan wajah seperti facial atau spa dan pijat.

5. Segera Mandi, Cuci dan Ganti Pakaian Setelah Dari Salon

Prosedur Aman ke Salon saat New Normal

Foto: Orami Stock Photos

Protokol kesehatan yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan RI ialah untuk segera mandi, mencuci dan mengganti baju usai bepergian dari luar rumah.

Hal ini juga harus diterapkan setelah Moms pergi ke salon. Sebab, pakaian yang dikenakan berpotensi untuk terkontaminasi dengan kuman atau penyakit lainnya. Sehingga penting untuk segera mengganti baju usai melakukan aktivitas dari luar rumah termasuk ke salon.

Itulah lima prosedur aman pergi ke salon yang wajib diterapkan dan dipatuhi agar aktivitas selama di salon aman serta terhindar dari penularan Covid-19. Jangan lupa selalu membawa tisu basah anti bakteri dan hand sanitizer dan pastikan tangan selalu dalam keadaan bersih ya, Moms!

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait