Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

ASI & MPASI | Jan 3, 2019

Amankah Bayi Minum ASI Jika Ibu Sedang Sakit?

Bagikan


Ketika Moms adalah seorang ibu yang sedang dalam masa menyusui, tentu saat sedang terserang penyakit membuat Moms bertanya-tanya apakah aman ASI yang diminum Si Kecil.

Sebagian besar penyakit disebabkan oleh virus dan menular. Moms akan terinfeksi oleh virus jauh sebelum tubuh menunjukkan gejala seperti pilek, batuk atau demam.

Oleh karena itu, sangat mungkin bayi juga terinfeksi, jauh sebelum ibunya sadar bahwa ia sedang sakit. Namun, untuk urusan menyusui, bolehkah bayi minum ASI jika ibu sedang sakit?

Menyusui Saat Ibu Sedang Sakit

Flu, batuk, atau demam memang dapat ditularkan melalui udara, kontak kulit, mulut, dan hidung tetapi tidak melalui ASI.

Ketika Moms menyusui saat sedang sakit, antibodi yang diproduksi di dalam tubuh untuk virus akan ikut masuk ke dalam tubuh bayi, sehingga meningkatkan kekebalannya.

Bahkan dalam kasus seperti keracunan makanan sekalipun, menyusui tidak boleh dihentikan karena memang tidak ada kemungkinan bayi terinfeksi melalui ASI.

Tiba-tiba berhenti menyusui bayi ketika Moms sakit malah akan meningkatkan kemungkinan bayi jatuh sakit dan menghilangkan nutrisi yang mereka butuhkan.

Baca Juga: Bisakah Mengatasi Batuk Pilek Bayi Baru Lahir dengan ASI?

Apakah Obat yang Ibu Minum Mempengaruhi Bayi?

Memang hampir semua obat yang ada dalam darah Moms akan ditemukan dalam ASI sampai batas tertentu.

Namun, kuantitas yang ada akan sangat rendah sehingga risikonya juga lebih rendah untuk menyusui bayi.

Seperti contohnya, ketika ibu mengonsumsi ibuprofen, akan diteruskan pada bayi melalui ASI, tapi hanya 0,06 persen dari jumlah takaran ibuprofen yang diminum si ibu.

Meski demikian, tetap ada beberapa obat yang tentunya membutuhkan perhatian khusus. Dengan kata lain, penting sekali bagi Moms untuk memberitahu dokter bahwa sedang dalam masa menyusui.

Dokter akan memberikan obat yang sesuai dan tentunya aman. Sebagai contoh, jika Moms mengalami demam dengan nyeri tubuh, maka dokter mungkin akan meresepkan obat yang merupakan kombinasi dari dua obat umum seperti ibuprofen dan parasetamol.

Namun, jika Moms sedang menyusui, dokter mungkin akan meresepkan dua obat yang berbeda. Risiko paparan obat dalam ASI tinggi untuk bayi prematur, bayi baru lahir, dan bayi dengan fungsi ginjal yang buruk.

Jika bayi Moms sehat dan sehat dan berusia lebih dari 6 bulan, ia akan memiliki sistem pencernaan yang dapat mengolah obat secara efektif.

Baca Juga: Sakit Kepala Saat Menyusui, Apakah Normal?

Mencegah Bayi Terinfeksi Saat Ibu yang Sakit Menyusui

Menyusui, bahkan selama sakit memang dianjurkan. Namun, selalu disarankan untuk mengambil tindakan pencegahan tertentu untuk melindungi bayi dari infeksi seperti:

1. Hidrasi tubuh

Ada kemungkinan pasokan susu menurun selama sakit. Upayakan untuk selalu minum banyak cairan untuk menjaga suplai ASI.

2. Jauhi bayi setelah menyusui

Infeksi menyebar melalui udara dan cairan tubuh seperti air liur, cairan hidung dan lain-lain. Hindari bersin, batuk di dekat bayi dan cucilah tangan sebelum menyentuh atau menggendong bayi. Meskipun sulit, disarankan untuk menjauh dari bayi kecuali selama menyusui.

3. Jangan pernah berhenti menyusui

Jika menyusui dihentikan tiba-tiba, susu dapat menumpuk di payudara dan menyebabkan peradangan dan infeksi, yang disebut mastitis. Kecuali, dokter telah menyarankan untuk berhenti menyusui.

Kini Moms sudah tahu bukan bahwa rupanya aman menyusui Si Kecil meski sedang sakit?

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.