Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Kesehatan Bayi | Aug 1, 2018

Amankah Lotion Anti Nyamuk untuk Bayi?

Bagikan


Terlepas dari berbagai perlindungan yang Moms letakkan di rumah, nyamuk selalu menemukan jalan untuk mengganggu Si Kecil.

Obat dan lotion anti nyamuk memang bekerja sangat baik dalam mengusirnya, serta mencegah agar anak tidak tergigit. Namun, apakah lotion anti nyamuk aman digunakan untuk bayi?

Lotion Anti Nyamuk Khusus untuk Bayi

Jika ingin menggunakan lotion anti nyamuk, Moms bisa memilih yang memang diformulasikan khusus untuk bayi dan anak-anak.

Jangan mengaplikasikan produk terlalu tebal dengan harapan mampu memberikan perlindungan yang lebih baik.

Jika terlalu tebal, justru akan memaparkan si kecil ke lebih banyak bahan kimia dari yang dibutuhkan, tanpa manfaat tambahan apa pun.

Sebagai gantinya, gunakan lotion anti nyamuk yang cukup untuk menutupi kulit Si Kecil yang terbuka.

Selain itu, selalu ikuti instruksi yang tertera pada label kemasan dan terapkan kembali sesuai yang diperlukan untuk menjaganya tetap terlindungi.

Lotion anti nyamuk juga merupakan bagian penting dalam melindungi Si Kecil dari virus tic dan nyamuk, terutama saat Moms mengajaknya bepergian ke tempat-tempat di mana penyakit ini umum terjadi.

Baca Juga: Lakukan 5 Cara Mudah Ini Agar Anak Tidak Digigit Nyamuk 

Perhatikan Usia Bayi Sebelum Menggunakan Lotion Anti Nyamuk

Berdasarkan rekomendasi Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) Amerika Serikat dan Badan Perlindungan Lingkungan, Moms bisa mulai menggunakan lotion anti nyamuk yang mengandung DEET, picaridin, atau IR3535 saat bayi sudah berusia minimal 2 bulan.

Sementara untuk anak-anak berusia 3 tahun atau lebih tua, bisa mulai menggunakan produk yang mengandung minyak eukaliptus lemon.

Baca Juga: Ketahui Tempat Nyamuk Demam Berdarah Bersarang dan Cara Membasminya

Do’s and Don’ts dalam Menggunakan Lotion Anti Nyamuk untuk Bayi

Perhatikan hal-hal di bawah ini untuk memastikan Si Kecil tetap aman saat menggunakan lotion anti nyamuk:

1. Oleskan lotion anti nyamuk khusus untuk bayi hanya di kulit yang terbuka atau tidak terlindungi oleh pakaian, sebagaimana yang disarankan dalam label kemasan. Jangan pernah mengaplikasikan lotion anti nyamuk pada kulit yang terlindungi pakaian.

2. Jangan gunakan lotion anti nyamuk pada kulit yang terluka atau teriritasi.

3. Jangan biarkan Si Kecil mengambil atau menggunakan sendiri lotion anti nyamuk.

Tuangkan lotion anti nyamuk khusus bayi ke tangan Moms kemudian oleskan ke bagian tubuh Si Kecil yang membutuhkan perlindungan. Hindari mengoleskannya di tangan atau area sekitar mata dan mulut Si Kecil.

4. Gunakan lotion anti nyamuk secukupnya untuk melindungi kulit yang terbuka. Mengoleskan lotion anti nyamuk terlalu banyak tidak akan memberikan perlindungan lebih baik atau lebih tahan lama.

5. Setelah kembali ke dalam ruangan, cucilah kulit yang sudah diolesi lotion anti nyamuk menggunakan sabun dan air, atau mandi.

Ini sangat penting saat Moms mengaplikasikan lotion anti nyamuk berulang kali dalam sehari atau beberapa hari berturut-turut.

6. Jika Si Kecil mengalami ruam atau reaksi lain dari lotion yang digunakan, hentikan penggunaannya. Segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

7. Jangan gunakan lotion anti nyamuk bersamaan dengan tabir surya. Gunakan secara terpisah dan ikuti petunjuk pada label kemasan.

Mengoleskan tabir surya terlebih dahulu sebelum lotion anti nyamuk lebih direkomendasikan.

Jadi, menggunakan lotion anti nyamuk untuk bayi itu aman selama mengikuti petunjuk yang tepat. Apalagi yang digunakan merupakan produk yang diformulasikan khusus untuk bayi dan anak-anak.

Kalau Moms sendiri, setuju atau tidak jika bayi menggunakan lotion anti nyamuk?

(RGW)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.