20 November 2017

4 Aktivitas yang Akan Membuat Jantung Si Kecil Semakin Sehat

Selain bergerak aktif dan makan sehat, apalagi ya?
4 Aktivitas yang Akan Membuat Jantung Si Kecil Semakin Sehat

Saat membahas penyakit yang sering diderita oleh balita, kebanyakan orang tidak menyangka bahwa penyakit jantung balita juga cukup umum terjadi. Bahkan, riset yang dilakukan oleh NCBI mengatakan bahwa balita yang menderita penyakit jantung semakin tahun semakin meningkat. Meski penyebabnya beragam, tapi para peneliti percaya kalau obesitas adalah salah satu penyebab utamanya.

Obesitas atau kelebihan berat badan memang dapat membuat kinerja jantung melemah. Jantung balita yang menderita obesitas akan tertutup oleh lemak, sehingga harus bekerja lebih keras dan cepat. Jika terus dibiarkan, jantung bisa kolaps dan berhenti bekerja, lho.

Jangan sampai hal ini menimpa si kecil ya, Moms. Yuk, jaga jantung balita tetap sehat dengan melakukan 5 aktivitas berikut ini:

1. Jalan pagi

4 aktivitas yang akan membuat jantung si kecil semakin sehat 1
Foto: 4 aktivitas yang akan membuat jantung si kecil semakin sehat 1
foto: novakdjokovicfoundation.org

Aktivitas sederhana seperti jalan kaki di pagi hari ternyata bisa membuat jantung balita sehat, lho. Udara pagi yang masih segar tentu merupakan satu hal yang baik bagi organ pernapasan si kecil, apalagi jika dibarengi dengan olahraga ringan seperti kardio.

Saat balita berjalan kaki atau melakukan olahraga kardio, tubuhnya akan membakar lemak sekaligus menguatkan otot pada tubuhnya. Kardio juga akan memperlancar saluran darah sehingga jantung balita bisa bekerja lebih optimal. Bila dilakukan secara rutin, tubuh dan jantung balita pasti semakin sehat dan kuat.

2. Memasak bersama

4 aktivitas yang akan membuat jantung si kecil semakin sehat 2
Foto: 4 aktivitas yang akan membuat jantung si kecil semakin sehat 2
foto: contenful.com

Obesitas biasanya terjadi akibat balita terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula. Akibatnya, gula akan menumpuk menjadi lemak dan lambat laun akan memengaruhi fungsi seluruh organ tubuh.

Agar mencegah si kecil mengonsumsi gula terlalu banyak, Moms bisa mengajak balita untuk memasak bersama. Biarkan ia turut berpartisipasi langsung dalam menjaga kesehatan tubuhnya, dimulai dengan memilih sendiri menu yang baik untuknya. Selain menyenangkan, kegiatan masak bersama juga cenderung membuat anak lebih memilih masakan rumah yang sehat ketimbang jajan di luar.

Baca juga: Ini 8 Makanan yang Ramah Jantung

3. Berenang

4 aktivitas yang akan membuat jantung si kecil semakin sehat 3
Foto: 4 aktivitas yang akan membuat jantung si kecil semakin sehat 3
foto: elyaquaswimschool.co.uk

Apa si kecil termasuk balita yang senang bermain air? Kalau iya, Moms bisa mengajaknya berenang. Berenang adalah salah satu aktivitas yang dapat membuat jantungnya tetap sehat. Selain sudah terbukti bisa membuat kinerja jantung lebih optimal, berenang juga dapat membakar lemak dan membuat tulang semakin kuat.

Jangan khawatir kalau Moms tidak sempat mengajarinya berenang, karena sekarang sudah banyak kursus berenang khusus balita yang dipandu oleh intstruktur dan pelatih profesional. Dengan begitu, Moms tidak perlu mengkhawatirkan keamanan si kecil.

4. Aktivitas fisik & yoga

4 aktivitas yang akan membuat jantung si kecil semakin sehat 4
Foto: 4 aktivitas yang akan membuat jantung si kecil semakin sehat 4
foto: oopseydaisyblog.com

Ya, hampir semua permainan yang melibatkan aktivitas fisik seperti bermain bola atau petak umpet juga dapat membuat jantung semakin sehat. Ini karena aktivitas fisik akan membuat tubuhnya banyak bergerak, sehingga lemak yang menempel pada tubuh akan terbakar dengan sendirinya. Jadi kalau si kecil senang bermain dan berlarian dengan temannya, jangan dilarang ya, Moms.

Selain aktivitas fisik, kegiatan yang mengutamakan ketenangan seperti yoga ternyata bisa menurunkan tekanan darah sekaligus memperkuat kinerja jantung. Jadi, tak ada salahnya kalau Moms mendaftarkan si kecil untuk ikut kelas yoga khusus balita.

Yuk, mulai ajak balita untuk bergerak lebih aktif dengan cara yang menarik dan menyenangkan agar jantungnya tetap sehat dan kuat. Olahraga apa nih, yang biasa Moms lakukan bersama si kecil? (WA)

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb