03 Juni 2019

4 Cara Mengatasi Anak Tantrum di Depan Umum

Ini dia tips jitu meredam amukan Si Kecil
4 Cara Mengatasi Anak Tantrum di Depan Umum

Tantrum adalah istilah untuk menggambarkan ledakan amarah, amukan, atau tangisan anak yang cukup histeris. Menurut seorang pakar psikologi klinis dan konsultasi keluarga dari Amerika Serikat, Ray Levy, tantrum biasanya digunakan sebagai senjata ketika anak tidak mendapatkan apa yang ia mau.

Kalau anak mengamuk di rumah, Moms mungkin bisa menunggu sampai ia tenang sendiri. Namun, bagaimana kalau anak tantrum di depan umum? Misalnya saat di mal. Ratusan pasang mata mungkin langsung mengarah pada Moms dan Si Kecil.

Nah, ini dia kiat-kiat jitu untuk mengatasi anak tantrum ketika berada di tempat umum.

Baca Juga: Anak Rewel dan Panas, Apakah Ini Tanda-tanda Tifus atau Demam?

1. Peluk Anak

Memeluk anak bisa jadi cara yang manjur untuk menenangkan Si Kecil. Pasalnya, pelukan dan sentuhan lembut Moms memicu hormon oksitosin yang membuat anak jadi lebih tenang dan nyaman. Ini akan membantu meredakan letupan emosinya.
Tak perlu banyak bicara sambil memeluknya. Cukup peluk dengan erat dan biarkan anak menangis di pelukan Anda. Berangsur-angsur, amarahnya pun akan mereda. Menggendongnya juga bisa jadi pilihan yang baik kalau usia anak masih belia.

2. Bicara dengan Nada yang Tenang

2 bicara dengan nada yang tenang
Foto: 2 bicara dengan nada yang tenang

Seperti kata pepatah, api jangan dilawan dengan api. Begitu pula ledakan tantrum Si Kecil. Jangan balas membentak atau meneriaki anak. Justru Moms harus mengajak anak berbicara dengan nada yang tenang dan meyakinkan.
Misalnya anak tantrum karena belum mau pulang dari taman bermain. Yakinkan anak dengan kata-kata lembut seperti, “Moms tahu kamu suka bermain di sini. Memang tidak enak kalau harus pergi sekarang. Tapi kalau kita tidak pulang sekarang, kasihan Kakakmu menunggu lama. Lain kali kita main lagi, ya?”

Baca Juga: 3 Tips dari Enno Lerian untuk Menghadapi Anak Tantrum

3. Biarkan Anak Meluapkan Emosinya

3 biarkan anak meluapkan emosinya
Foto: 3 biarkan anak meluapkan emosinya

Tak seperti orang dewasa yang sudah bisa mengenali dan mengelola perasaannya, perkembangan emosi anak belum sempurna. Inilah mengapa anak bisa tiba-tiba mengamuk karena hal sepele.

Kalau Moms tidak tahu penyebab anak tiba-tiba tantrum, biarkan dulu anak meluapkan emosinya selama beberapa saat. Setelah itu anak akan tenang sendiri, kok.

Moms mungkin khawatir soal orang-orang yang menonton kejadian ini. Nah, Moms sebaiknya cuek saja. Pasalnya, orang-orang biasanya bukan menilai anak yang sedang tantrum, melainkan orang tuanya.

Jadi kalau Moms tetap bersikap tenang menghadapi Si Kecil, orang-orang juga akan berpikiran, “Nah, itu baru orang tua hebat. Anak yang sedang tantrum memang sebaiknya tidak diladeni.”

Baca Juga: 5 Cara Menenangkan Anak Rewel Karena Sakit Radang Tenggorokan

4. Alihkan Perhatiannya

4 alihkan perhatiannya
Foto: 4 alihkan perhatiannya

Itu dia empat strategi meredakan tantrum ketika berada di tempat umum. Apakah Moms juga pernah menghadapi situasi tersebut? Seperti apa pengalaman Moms waktu itu?

(IA)

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb