11 April 2019

7 Makanan Ini Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Dengan Cepat

Ssst, makanan nomer 1 memang bau, tapi manjur
7 Makanan Ini Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Dengan Cepat


Tekanan darah tinggi sangat berbahaya untuk tubuh, jantung dipaksa bekerja lebih berat dan bisa mengakibatkan stroke. Hingga kini, stroke masih menjadi pembunuh yang mematikan di Indonesia karena umumnya serangan datang secara tiba-tiba dan terlambat dalam penanganan.

Namun ada beberapa panganan yang bisa Moms siapkan untuk menurunkan tekanan darah dengan cukup efektif. Namun selain makanan, Moms juga mengombinasikannya dengan olahraga teratur.

1. Bawang Putih

Bawang putih bisa membuat pembuluh darah lebih rileks dan lebar. Hal ini membuat darah lebih mudah mengalir dan menurunkan tekanan darah. Moms cukup mengunya bawang putih 1-2 siung saat tekanan darah mulai tinggi. Mulut Moms jadi berbau menyengat, namun manjur.

2. Kayu Manis

Rempah yang wangi ini ternyata selain untuk masakan juga berkhasiat menurunkan tekanan darah. Moms cukup menambahkan kayu manis pada makanan yang disajikan seperti ada pancake, muffin, oatmeal bahkan kari atau gulai.

3. Kapulaga

Rempah yang wangi berikutnya adalah kapulaga. Sebuah studi menyebutkan, tekanan darah menurun secara signifikan setelah mengonsumsi kapulaga secara rutin setiap hari. Moms bisa memasukkan kapulaga dalam masakan ala India atau Asia lainnya.

Baca Juga : 4 Mitos Salah Kaprah Seputar Stroke, Termasuk yang Bisa Terjadi Pada Ibu Hamil

4. Flaxseed

Superfood yang sedang banyak diperbincangkan ini ternyata punya manfaat untuk menurunkan tekanan darah. Selain kaya akan omega-3, flaxseed juga melindungi dari penyakit jantung dengan menurunkan kolesterol dalam darah. Konsumsi secara rutin dan simpan dalam freezer agar flaxseed Moms tetap optimal manfaatnya.

5. Daun selasih

Daun selasih atau basil ini sangat cocok untuk masakan Italia. Moms bisa mengonsumsinya secara rutin dengan menggunakan daun basil yang segar.

6. Bayam

Bayam memiliki kandungan kalium yang tinggi dan baik untuk menurunkan tekanan darah. Namun pastikan Moms mengolahnya dengan benar sehingga manfaatnya bisa optimal diserap tubuh.

7. Pisang

Kandungan potasium dan kalium yang tinggi pada buah ini ternyata juga ampuh untuk menurunkan tekanan dara. Selalu sedia dalam rumah ya Moms.

Kini Moms bisa mulai menghindari resiko tekanan darah tinggi di keluarga dengan cukup mengonsumsi beberapa bahan dan rempah di atas. Jangan lupa untuk teratur berolahraga juga ya Moms.

(DNY)

Foto : Shutterstock

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb