03 Desember 2017

8 Kebiasaan Sehat Sebelum Tidur

Ternyata kebiasaan sebelum tidur juga bisa berpengaruh pada kesehatan.
8 Kebiasaan Sehat Sebelum Tidur

Menjalani gaya hidup sehat bukan hanya perihal olahraga dan memilih makanan sehat saja, tapi juga menerapkan segala kebiasaan yang menjadikan hidup Mama lebih berkualitas. Contohnya tidur.

Selain tidur dengan waktu yang cukup, ternyata kebiasaan sebelum tidur juga bisa berpengaruh pada kesehatan. Kira-kira apa saja kebiasaan sehat sebelum tidur yang bisa Mama terapkan?

Baca juga: Susah Tidur? Ikuti Tips-tips Ini!
  1. Berolahraga

Pasti Mama heran, bukankah sehabis olahraga Mama justru lebih bersemangat dan tidak bisa tidur? Penelitian membuktikan, berkeringat setelah berolahraga beberapa jam sebelum tidur dapat membantu kualitas tidur Mama lebih baik. Jika kualitas tidur membaik, Mama akan menghadapi pagi dengan penuh semangat dan produktif.

  1. Mandi

Setelah beraktivitas seharian di luar rumah, pastikan Mama mandi sebelum tidur. Tidak sedikit mereka yang merasa kelelahan akan langsung tidur tanpa mandi. Padahal, banyak kuman dan debu yang menempel pada tubuh Mama yang bisa jadi sumber penyakit. Dengan mandi sebelum tidur, ada efek relaksasi dalam tubuh Mama yang juga memperlancar peredaran darah.

  1. Gosok Gigi

Sebelum tidur juga pastikan Mama sudah menggosok gigi. Jika tidak menggosok gigi, kuman-kuman yang bersarang dalam mulut semalaman akan menyebar bakteri yang mengakibatkan plak pada gigi, bau mulut, dan pernapasan yang tidak segar.

  1. Meditasi

Jika hari-hari Mama membuat Mama penat dan tak jarang sakit kepala melanda, ada baiknya sebelum tidur Mama melakukan sedikit meditasi. Pasang wewangian aromaterapi di kamar Mama, redupkan cahaya dalam ruangan, lalu pejamkan mata. Lupakan sejenak keluh kesah Mama. Ini akan membantu Mama untuk mengurangi gejala stres seperti depresi, sakit kepala, dan gangguan kesehatan lainnya.

  1. Minum Air Putih

Kebiasaan sehat sebelum tidur yang paling sederhana adalah minum air putih sebelum tidur. Kita semua tahu air putih memang sangat baik untuk tubuh. Air putih juga dapat menjaga kelembapan kulit. Ketika tidur, tubuh kita butuh banyak cairan. Karena itu, untuk menghindari dehidrasi, minumlah sedikitnya satu gelas air suhu normal (bukan air kulkas) sebelum tidur.

  1. Hindari Gadget

Jika Mama sudah memutuskan untuk beristirahat, demi kualitas tidur yang lebih baik sebaiknya jauhkan gadget dari tempat tidur Mama. Meletakkan telepon genggam di bawah bantal sangat tidak dianjurkan karena bahaya radiasi gadget bisa mempengaruhi kesehatan Mama. Sebaiknya, simpanlah gadget di lemari atau di tempat lain yang tidak berdekatan dengan tempat tidur.

  1. Tidak Mengonsumsi Alkohol, Nikotin, atau Minuman Berkafein

Beberapa jam sebelum tidur, sebaiknya Mama tidak mengonsumsi minuman beralkohol, merokok, apalagi minum kopi. Kandungan di dalamnya akan membuat Mama sulit tidur dan bahkan terus terjaga sepanjang malam. Jika Mama harus bangun pagi esok harinya, sebaiknya hindari hal-hal tersebut.

  1. Berdoa

Hal terakhir yang sebenarnya sederhana dilakukan sebelum tidur dan sangat bermanfaat bagi kesehatan, khususnya kesehatan jiwa Mama, adalah berdoa. Berdoa sebelum tidur akan membuat Mama dipenuhi rasa syukur dan ketenangan jiwa. Karena itu, mengajarkan berdoa kepada si kecil sebelum tidur juga harus dibiasakan sejak dini, Ma.

Kebiasaan sehat sebelum tidur mana yang sudah Mama terapkan sehari-hari?

Baca juga: Kebiasaan Menyehatkan yang Patut Anda Coba di Kantor

(LMF)

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb