06 Juli 2019

Ajari Anak Membuang Sampah Pada Tempatnya Dengan 4 Cara Mudah Ini

Tumbuhkan rasa cinta akan kebersihan sejak dini
Ajari Anak Membuang Sampah Pada Tempatnya Dengan 4 Cara Mudah Ini

Foto: Orami Photo Stock

Budaya tertib membuang sampah masyarakat Indonesia yang masih rendah bisa kita lihat dengan jelas dalam keseharian.

Mulai dari taman umum hingga jalan raya, masih saja ada yang membuang sampah sembarangan tanpa rasa bersalah. Hal ini tentu akan menjadi contoh buruk bagi balita, apalagi kalau Moms sedang mengajarkan balita untuk membuang sampah pada tempatnya.

Perilaku tertib membuang sampah memang dimulai dari kebiasaan kecil di rumah dan dilatih sejak dini ya, Moms. Supaya lebih mudah, yuk ikut 4 cara berikut:

Baca Juga: 3 Cara Mudah Mengajari Si Kecil Beramal

1. Ajarkan Tentang Sampah Kering & Sampah Basah

yuk mulai ajari si kecil buang sampah dengan 4 cara mudah ini 1
Foto: yuk mulai ajari si kecil buang sampah dengan 4 cara mudah ini 1

Foto: greenandgrowing.org

Agar proses mengajarkan membuang sampah pada tempatnya jadi lebih efektif dan efisien, Moms bisa mulai dengan mengenalkan sampah kering dan sampah basah, mulai dari jenis dan ciri-cirinya, hingga alasan kenapa sampah harus dipisahkan.

Untuk mengajarkan anak buang sampah pada tempatnya, di rumah Moms bisa menyediakan 2 tempat sampah yang berbeda bentuk atau warna. Tujuannya adalah untuk melatih balita membuang sampah menurut sifatnya, pada tempat sampah yang sesuai.

Lakukan latihan membuang sampah ini secara rutin agar balita lebih cepat mengerti bahwa setiap jenis sampah memiliki tempatnya masing-masing ya, Moms.

2. Minta Anak Untuk Menyimpan Sampah

yuk mulai ajari si kecil buang sampah dengan 4 cara mudah ini 2
Foto: yuk mulai ajari si kecil buang sampah dengan 4 cara mudah ini 2

Foto: catholicallyear.com

Eits, menyimpan sampah disini bukan berarti membawa tempat sampah kemanapun dia pergi ya, Moms. Menyimpan disini artinya menyimpan atau memegang sampah sampai menemukan tempat sampah.

Jadi, kalau sedang naik angkutan umum dan tak ada tempat sampah, ajarkan balita untuk menyimpan terlebih dahulu bungkus makanan atau atau kotak susu di dalam kantung atau tas, baru kemudian membuangnya di tempat sampah setelah sampai di rumah.

Cara ini bisa dibilang ampuh membuat balita lebih disiplin untuk membuang sampah pada tempatnya, dan tidak di jalan atau di tempat lainnya.

Baca Juga : 5 Cara Mengajarkan Anak Agar Cinta Lingkungan

3. Jelaskan Konsekuensi Dari Membuang Sampah Sembarangan

yuk mulai ajari si kecil buang sampah dengan 4 cara mudah ini 3
Foto: yuk mulai ajari si kecil buang sampah dengan 4 cara mudah ini 3

Foto: oregonmetro.com

Saat si kecil bandel dan membuang sampah sembarangan, Moms bisa ceritakan tentang konsekuensi buruk akibat perilaku tersebut. Moms bisa ceritakan sungai yang dipenuhi dengan sampah, hingga akhirnya menimbulkan banjir dan bau yang tidak sedap, sambil menunjukkan contohnya melalui video atau televisi jika diperlukan.

4. Berikan Contoh Nyata

yuk mulai ajari si kecil buang sampah dengan 4 cara mudah ini 4
Foto: yuk mulai ajari si kecil buang sampah dengan 4 cara mudah ini 4

Foto: lifeinyellow.com

Mengajarkan anak membuang sampah sembarangan tanpa contoh yang nyata tentu percuma, karena nantinya dia hanya akan mengikuti apa kata Moms saja, tanpa merasa ada kewajiban untuk membuang sampah pada tempatnya.

Yuk Moms, mulai menjadi contoh nyata dengan menunjukkan perilaku bersih dan membuang sampah pada tempatnya. Pungut sampah yang terlihat didepan mata serta mulai pisahkan sampah kering dan sampah basah dirumah, supaya rasa cinta kebersihan dan kesadaran menjaga lingkungan balita semakin besar.

Jangan tunda lagi mengajarkan balita untuk membuang sampah pada tempatnya, supaya ia bisa turut aktif menjaga kebersihan rumah dan lingkungan. Apa Moms sudah pernah mencoba salah satu cara di atas?

(WA)

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb