04 Januari 2024

6 Ragam Alat Musik Gendang Nusantara dan Cara Memainkannya

Alat musik ini tersebar di beberapa daerah di Indonesia
6 Ragam Alat Musik Gendang Nusantara dan Cara Memainkannya

Gendang merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik gendang terbuat dari kayu dengan selaput atau membran pada sisinya.

Untuk membuat gendang dibutuhkan batang pohon yang bagian dalamnya dilubangi, lalu dibentuk sedemikian rupa.

Batang pohon yang digunakan biasanya pohon nangka, kelapa dan cempedak. Sementara selaput gendang dibuat dari kulit sapi, kerbau ataupun kambing.

Menurut sejarahnya, alat musik gendang telah dikenal di Indonesia, tepatnya di Pulau Jawa sejak pertengan abad ke-9 Masehi.

Sebenarnya bukan Indonesia saja yang mengenal alat musik gendang, namun beberapa negara lain, salah satunya India.

Penyebutan instrumen ini bervariasi di beberapa daerah. Masyarakat Indonesia pada umumnya menyebutnya gendang, namun di beberapa daerah dikenal juga dengan sebutan kendang.

Penyebutan kendang salah satunya oleh masyarakat di Jawa Barat yang mayoritas didiami orang-orang Sunda.

Gendang jarang dimainkan sendiri, melainkan menjadi bagian dari ansambel yang melibatkan bebeberapa jenis alat musik.

Dalam budaya Jawa, gendang menjadi salah satu instrumen dalam gamelan, sementara pada budaya Sunda tidak bisa dilepaskan dari ansambel degung.

Baca Juga: 8 Contoh Alat Musik Idiophone dan Cara Memainkanya

Ragam Alat Musik Gendang

Alat Musik Gendang (Moondoggiesmusic.com)
Foto: Alat Musik Gendang (Moondoggiesmusic.com)

Tahukah Moms, alat musik gendang bisa dijumpai hampir di seluruh daerah di Indonesia, lho! Berikut adalah jenis-jenis gendang yang ada di Indonesia dan asal daerahnya. Simak yuk, Moms!

1. Gendang Sunda

Alat musik gendang yang umumnya dijumpai dalam kesenian Jawa Barat disebut gendang atau kendang Sunda.

Kendang Sunda kualitas terbaik biasanya dibuat dari kayu nangka, atau bisa diganti dengan kayu pohon asem karena memiliki kepadatan yang sama dengan kayu nangka.

Menurut ukurannya, kendang Sunda terdiri atas dua, yaitu kendang indung yang memiliki ukuran paling besar dan kendang kulanter atau kendang anak yang berukuran paling kecil.

Sementara menurut fungsinya, kendang Sunda terdiri dari kendang jaipongan untuk mengiringi tarian Jaipongan, kendang kliningan yang digunakan dalam keseniang Kliningan, dam kendang ketuk tilu untuk mengiringi tarian Ketuk Tilu.

Ada juga jenis kendang Sunda kerap dimainkan dalam pertunjukan Degung dan Rampak Kendang yang merupakan kesenian tradisional Sunda, dengan memainkan alat musik gendang sercara bersama-sama.

2. Gendang Jawa Timur

Alat Musik Gendang (Kabare.id)
Foto: Alat Musik Gendang (Kabare.id)

Alat musik gendang juga dikenal di beberapa daerah di Jawa Timur. Misalnya di Blitar terdapat gendang sentul yang penamaannya sesuai dengan asalnya yaitu Desa Sentul.

Gendang sentul dibuat dari kayu mahoni dan bahan kulitnya diambil dari kulit sapi.

Ada pula gendang Jawa Timur khas Banyuwangi. Material pembuatnya dari glugu atau kayu kelapa tua dan kayu pohon nangka.

Gendang khas Banyuwangi digunakan dalam kesenian Gandrung, sehingga disebut sebagai gendang gandrung. Semetara gendang yang dimainkan dalam kesenian Janger, sejenis Ketoprak di Jawa Tengah disebut gendang Janger.

Dalam pertunjukan Reog Kendang khas Tulungagung juga dipergunakan gendang yang terdiri dari dua ukuran, yaitu gendang berukuran besar dan gendang berukuruan kecil atau disebut ketipung.

Kalau di Jawa Barat dan Jawa Tengah alat musik gendang dimainkan dalam ansambel gamelan dan dengung, di Jawa Timur lebih sering digunakan untuk mengiringi tari-tarian.

Baca Juga: Ayo Lestarikan Budaya Indonesia, Ini 15 Tarian Tradisional Jawa Timur

3. Gendang Jawa Tengah

Di Jawa Tengah, gendang digunakan dalam permainan gamelan dan memegang peranang penting dalam karawitan Jawa.

Alat musik gendang berfungsi sebagai pamurba atau pemimpin irama. Di mana gendang bertugas untuk mengatur cepat lambatnya irama gendhing dan membuka ataupun menghentikan sajian gendhing.

Dalam kesenian Jawa Tengah, di Yogyakarta maupun Surakarta atau Solo dikenal ragam gendang, di antaranya gendang ageng yang berukuran besar, gendang wayangan yang digunakan dalam pertunjukan wayang kulit, gendang ciblon yang menghasilkan nada tinggi dan gendang ketipung yang berukuran kecil.

Gendang panjang merupakan alat musik tradisional Kepulauan Riau.

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb