01 Juni 2018

Amankah Menyeduh Susu Formula dengan Air Panas dari Dispenser?

Menyeduh susu formula haruslah dengan air yang matang sempurna, Moms.
Amankah Menyeduh Susu Formula dengan Air Panas dari Dispenser?

Jika si kecil sudah menangis kehausan, sudah pasti Moms ingin segera memberinya susu. Apalagi jika kejadian ini terjadi di dini hari, bisa jadi Moms mengandalkan air dispenser sebagai air seduhan susu formula. Praktis memang, tapi apakah menggunakan air dispenser untuk susu bayi adalah hal yang tepat?

Air yang Baik untuk Menyeduh Susu

Saat ingin membuat susu formula untuk si kecil, sebiaknya menggunakan air mendidih yang kemudian sudah didiamkan sesaat hingga air mencapai suhu kira-kira 70° C.

Sangat penting untuk menggunakan air yang matang sempurna, agar memastikan semua kuman dan bakteri yang ada di dalam air sudah mati. Jadi, baik Moms menggunakan air tanah atau air kemasan memang sebaiknya tetap dimasak ulang.

Pastikan air yang dipakai adalah air yang layak konsumsi, dengan kriteria yang memenuhi syarat kesehatan. Antara lain air tidak tercemar oleh logam berat atau bahan lain yang berbahaya bagi tubuh, tidak berbau dan bewarna.

Baca juga: Cara Tepat Menyiapkan Susu Formula untuk Si Kecil
shutterstock 749926201
Foto: shutterstock 749926201

Pastikan Seluruh Alat yang Dipakai Steril

Ada hal lain yang juga harus diperhatikan Moms dalam proses pemberian susu untuk si kecil, yaitu seluruh peralatan menyusu haruslah steril atau bebas kuman. Sebelum digunakan, botol yang sebelumnya sudah dicuci bersih sebaiknya dilanjutkan dengan proses sterilisasi.

Sterilisasi sendiri berfungsi untuk membunuh kuman yang tidak bisa hilang hanya dengan proses pencucian. Ini penting, untuk tetap menjaga perut si kecil bersih dari kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan masalah pencernaan.

Cara Sterilisasi Botol Dot

shutterstock 676161622
Foto: shutterstock 676161622

Proses desinfeksi bisa menggunakan 2 cara. Yang pertama menggunakan cairan kimiawi khusus, atau yang lebih efisien adalah dengan proses perebusan. Masukkan semua alat yang akan distrelisasi ke dalam panci, kemudian panci tersebut dimasukkan air mendidih hingga semua alat terendam air. Masak kembali hingga mendidih selama 5 menit. Kemudian dibiarkan dingin dalam air dan tutup panci agar tetap steril.

Ingat ya Moms, jamur senang tumbuh di tempat yang lembap dan kurang sinar matahari. Jadi, selalu keringakan dengan seksama semua peralatan yang digunakan untuk menyusui. Jaga juga tempat penyimpanan agar selalu kering dan tidak lembab, sesekali tempat penyimpanan diangin-anginkan dan beri paparan sinar matahari langsung.

(KAT)

Presented By:      

pjimage (1)
Foto: pjimage (1)
pjimage (2)
Foto: pjimage (2)

dr. Darmady Darmawan, Sp.A

JADWAL PRAKTEK

Senin & Jumat              : 08.00 – 12.00 & 16.00 – 21.00
Selasa                           : 18.00 – 21.00
Rabu                              : 08.00 –11.00 & 18.00 – 21.00
Kamis                            : 18.00 – 21.00
Sabtu                             : 08.00 – 12:00 & 15:00 – 20:00

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb