10 Maret 2018

Anak Hobi Begadang? Ini Cara Menghentikannya

Tak ada lagi alasan ‘tanggung, Ma’
Anak Hobi Begadang? Ini Cara Menghentikannya

Cukup istirahat dan tidur sangat penting bagi kesehatan dan perkembangan anak. Paling tidak, anak usia sekolah harus tidur 10-11 jam sehari. Lalu, bagaimana kalau si buah hati justru hobi begadang dan susah kalau disuruh tidur?

Anak pasti jadi susah dibangunkan di pagi hari. Ia juga mungkin akan mengantuk terus di sekolah. Berarti Moms perlu cara khusus untuk menghentikan kebiasaan buruk anak begadang. Intip trik-triknya berikut ini, yuk.

1. Cari tahu mengapa anak hobi begadang

Supaya anak bisa tidur di jam yang wajar, perhatikan akar masalahnya. Bisa jadi anak susah tidur karena tidur siangnya kelamaan, atau anak hobi begadang karena kecanduan gadget.

Anak juga mungkin menderita gangguan tidur seperti insomnia. Dari situ, Moms bisa mencari solusi terbaik supaya si buah hati tidak begadang tiap malam.

2. Menetapkan jam tidur dan jam bangun

Selalu ingatkan anak pukul berapa ia harus masuk kamar dan tidur. Ingatkan juga pukul berapa anak harus bangun pagi. Dengan begitu, Moms akan membantu menanamkan sugesti pada anak supaya tidur di jam yang sama setiap harinya.

Tetapkan jam tidur dan jam bangun yang konsisten setiap hari. Rutinitas yang pasti akan membuat si buah hati jadi lebih disiplin dan menghargai peraturan yang ditetapkan.

3. Menciptakan suasana yang tenang

Agar kesayangan Moms tidak terus-terusan begadang, usahakan untuk menciptakan suasana yang tenang di rumah, kira-kira setengah jam sebelum jam tidur anak.

Matikan semua alat elektronik seperti televisi, komputer, dan game. Pastikan seluruh anggota keluarga sudah tidak sibuk mencuci piring di dapur, mengobrol dengan suara kencang, atau bermain alat musik. Redupkan atau matikan juga lampu-lampu ruangan yang sudah tidak terpakai.

Suasana yang tenang ampuh untuk membantu anak merasa lebih rileks dan mengantuk. Sementara kalau di rumah sendiri masih banyak kegiatan dan keributan di malam hari, anak akan ikut-ikutan merasa segar dan masih ingin beraktivitas.

4. Jadi teladan buat anak

Untuk membangun kebiasaan tidur cukup dan tepat waktu, anak akan mencontoh orangtuanya. Sesering apapun Moms mengingatkan anak untuk tidak begadang, kalau Moms dan suami juga hobi begadang, anak tak akan bisa disuruh tidur tepat waktu.

Jadi, pastikan bahwa Moms dan suami juga tidur pada waktunya dan bangun pagi-pagi. Lama-kelamaan, si buah hati pun akan mengikuti kebiasaan ini.

Ingatlah bahwa mengubah kebiasaan anak yang hobi begadang itu tak mudah. Prosesnya panjang dan Moms harus sabar. Jika Moms punya tips jitu lain untuk mengatasi anak susah tidur, bagikan di kolom komentar, ya.

(IA)

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb