08 Februari 2018

Bagaimana Cara Minum Pil KB yang Baik dan Benar?

Jika diminum sesuai dengan aturan pakai, maka efek proteksi pil KB akan menjadi optimal.
Bagaimana Cara Minum Pil KB yang Baik dan Benar?

Tanya:

Saat ini saya sedang meminum pil plasbo sudah habis 4 butir. Dan saat ini saya mendapatkan haid. Pada haid ke 3-4 apa saya boleh minum pil yang baru? Sebenarnya bagaimana cara minum pil KB yang baik dan benar?

Jawab:

shutterstock 521604412
Foto: shutterstock 521604412

Pil KB ada yang terdiri dari 21 pil dan 28 pil (21 pil mengandung zat aktif hormon dan 7 pil plasebo). Jika meminum pil KB yang 21 pil, maka setelah habis strip/blister yang pertama, berikan jeda 7 hari (saat ini biasanya akan muncul haid), baru dilanjutkan minum strip/blister berikutnya.

Akan tetapi jika meminum pil KB yang 28 hari, maka setelah habis strip/blister sebelumnya, langsung disambung dengan meminum pil dari strip/blister yang berikutnya tanpa jeda.

Meskipun pil KB dengan 28 tablet mengandung plasebo (zat tidak aktif), namun manfaatnya sudah sesuai dengan porsinya, jadi 1 blister tersebut haruslah diminum sesuai aturan pakai yang telah dijelaskan oleh bidan atau dokter Anda.

Dapat diminum dari pil untuk memulai yang terdapat pada belakang kemasan pil KB yaitu pil plasebo dan selanjutnya mengikuti penggunaan pilnya sampai habis diminum 1 pil setiap harinya diupayakan pada jam yang sama setiap harinya. Ikuti aturan minum pil sesuai hari yang ada di kemasan pil (dan anda disarankan kembali membaca aturan pakainya pada keterangan yang tercantum pada bungkus pil KB).

Jadi tetap lanjutkan meminum pil KB sesuai dengan alur yang tercantum di belakang kemasan pil. Untuk pil KB 28 tablet, tidak ada berhenti konsumsi pil dan langsung diminum pil berikutnya sesuai dengan alurnya.

Jika diminum sesuai dengan aturan pakai, maka efek proteksi pil KB akan menjadi optimal. Perlu diingat, 1 minggu pertama konsumsi pil KB, haruslah menggunakan kontrasepsi tambahan misalnya kondom jika melakukan hubungan seksual untuk memberikan waktu pil KB bekerja. Selalu minum pil kb tepat waktu. Jika lupa minum pil KB, sebaiknya berdiskusi dengan dokter untuk aturan minum selanjutnya.

Dijawab oleh dr. Ni Putu Tesi Maratni

Sumber: meetdoctor.com

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb