06 September 2019

Cara Terbaik Mengatasi Bayi Pilek

Pilek pada bayi bisa ditangani tanpa obat
Cara Terbaik Mengatasi Bayi Pilek

Pilek pada bayi umumnya terjadi karena sistem kekebalan tubuh mereka yang memang belum matang.

Hal tersebut juga menjadikan bayi menjadi rentan terhadap serangan berbagai macam penyakit.

Bagaimana Membedakan Bayi Pilek atau Terkena Alergi?

Memang tidak mudah membedakan bayi pilek atau alergi. Tetapi Moms bisa mengetahuinya dari lendir yang keluar dari hidung bayi.

Apabila lendir ini cenderung mengental dan berwarna hijau atau kuning selama seminggu maupun lebih, dan bayi mengalami demam ringan, maka kemungkinan bayi pilek.

Tapi jika Si Kecil tidak demam, lalu serangan bersin dan hidung berlendir hanya sesaat, bisa jadi bayi Moms menderita alergi terhadap sesuatu. Ini butuh observasi lebih lanjut.

Perlukah Memberikan Obat Pilek Untuk Bayi?

Pada dasarnya tidak ada satu pun obat yang cepat mengusir virus dari tubuh bayi. Namun, Moms bisa membantu Si Kecil merasa lebih baik sekaligus mencegah infeksi yang membuat kondisinya memburuk.

Untuk bayi yang masih berusia di bawah 4 bulan, berikan asupan ASI dan istirahat yang cukup.

Sedangkan bayi di atas 4 bulan bisa ditambah dengan air mineral, dan bayi yang sudah berusia minimal 6 bulan boleh diberi jus.

Mengatasi Hidung Tersumbat

Pilek biasanya disertai dengan hidung tersumbat. Cara-cara di bawah ini bisa Moms gunakan membantu Si Kecil melawan hidung tersumbat:

  1. Legakan hidung tersumbat menggunakan uap air hangat. Caranya, bantu Si Kecil untuk bisa menghirup uap dari sebaskom air hangat.Atau, bawa anak Moms ke dalam kamar mandi dengan keran air panas yang menyala. Sehingga si Kecil dapat menghirup uapnya.
  2. Gunakan saline (cairan garam yang dijual di apotek). Caranya, teteskan sedikit air garam ke hidungnya agar lendir bisa sedikit mencair. Kemudian hisap lendir dan cairan garam tersebut beberapa menit kemudian menggunakan aspirator hidung.
  3. Konsultasikan dengan dokter sebelum memberikan obat pilek bayi pada Si Kecil. Terlebih ketika Si Kecil menunjukkan gejala yang lebih serius dari sebatas pilek biasa.

Moms punya cara lain untuk mengatasi pilek pada bayi?

(RGW)

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb