18 April 2022

Bluelight, Cahaya pada Perangkat Digital yang Bisa Merusak Mata

Bluelight juga konon bisa memengaruhi pola tidur lho, Moms!
Bluelight, Cahaya pada Perangkat Digital yang Bisa Merusak Mata

Saat ini, kebanyakan dari kita menghabiskan sebagian besar hari dengan melihat layer komputer atau telepon genggam. Semua layar ini memengaruhi kesehatan mata dan pola tidur karena bluelight-nya.

Apa Itu Bluelight?

2. gadget
Foto: 2. gadget (Orami Photo Stock)

Foto: Orami Photo Stock

Cahaya biru atau blue light adalah sinar yang termasuk dalam golongan high-energy visible light (HEV Light). Sinar biru berguna untuk meningkatkan kecerahan atau terangnya layar perangkat elektronik yang Moms gunakan setiap har

Cahaya biru membantu mengatur ritme sirkadian, atau siklus bangun dan tidur. Tetapi menonton TV atau menelusuri media sosial terlalu larut malam dapat memiliki efek sebaliknya.

Cahaya biru merangsang otak, memperlambat atau menghentikan pelepasan hormon tidur melatonin. Hal ini membuat lebih sulit untuk mendapatkan tidur malam yang baik.

Sedangkan, saat ini Hampir 94 persen orang yang disurvei mengatakan mereka telah meningkatkan waktu layar mereka sejak penguncian dimulai pada Maret 2020, menurut sebuah studi November 2020 yang diterbitkan dalam Indian Journal of Ophthalmology.

Baca Juga: 3 Pengaruh Gadget pada Perkembangan Otak Balita

Bahaya Bluelight

gadget
Foto: gadget

Foto: Orami Photo Stock

Bahaya bluelight dari layar biasanya yang dimaksud Ketika berbicara tentang paparan cahaya biru. Tapi, layar bukan satu-satunya sumber.

Sekitar sepertiga dari semua cahaya tampak adalah cahaya biru, menurut UC Davis Health. Sumber paling alami adalah sinar matahari, tetapi TV LED, lampu neon, smartphone, tablet, dan komputer juga memancarkan cahaya biru.

Lalu apa saja bahayanya?

1. Bluelight dan Degenerasi Makula

Degenerasi makula terkait usia (AMD) adalah penyebab nomor satu kehilangan penglihatan pada orang berusia di atas 50 tahun, menurut American Academy of Ophthalmology (AAO). Itu terjadi ketika struktur di belakang mata, makula, menjadi rusak seiring bertambahnya usia.

Hasilnya adalah Moms atau Dads bisa kehilangan kemampuan untuk melihat pusat bidang penglihatan. Kalian mungkin masih dapat melihat hal-hal di pinggiran. Namun detail dan objek di tengah garis pandang mungkin menjadi buram dan, seiring waktu, lebih sulit dilihat.

Penelitian pada hewan dan penelitian laboratorium telah menimbulkan pertanyaan tentang apakah cahaya biru dapat mempercepat proses degenerasi makula. Namun, dokter mata dan peneliti tidak berpikir ada hubungan yang dapat diverifikasi antara menggunakan LED atau perangkat pemancar cahaya biru dan AMD.

Demikian pula, sebuah tinjauan penelitian 2018 yang diterbitkan Cochrane juga menyimpulkan bahwa tidak ada bukti lensa pemblokiran cahaya biru mengurangi kemungkinan seseorang yang telah menjalani operasi katarak nantinya akan mengalami degenerasi makula.

Baca Juga: 3 Tips Cegah Anak Kecanduan Gadget Selama PJJ dari IDAI

2. Bluelight dan Kelelahan Mata Digital

Menggunakan perangkat digital dari dekat atau dalam waktu lama dapat menyebabkan kelelahan mata digital.

Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika orang menggunakan komputer, laptop, dan perangkat digital lainnya, mereka cenderung berkedip lebih jarang dari biasanya. Lebih sedikit kedipan berarti lebih sedikit kelembapan.

Kelelahan mata digital memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda, tetapi umumnya terkait dengan sistem pemfokusan mata.

Saat mata tegang karena menatap layar yang memancarkan cahaya biru, Moms dan Dads memperhatikan:

  • mata kering
  • mata sakit atau iritasi
  • mata lelah
  • sakit kepala
  • otot-otot wajah lelah karena menyipitkan mata

Cahaya biru menyebar lebih mudah daripada kebanyakan cahaya tampak lainnya. Ini mungkin membuat mata Anda sulit untuk fokus saat menerima cahaya biru. Sebaliknya, mata Anda mungkin mencerna cahaya biru sebagai visual statis yang kurang fokus. Pengurangan kontras ini dapat mempersulit mata untuk memproses cahaya biru, yang berpotensi menyebabkan kelelahan mata.

Namun, tidak banyak penelitian yang mengkonfirmasi bahwa cahaya biru secara langsung menyebabkan kelelahan mata. Lebih banyak studi berkualitas tinggi diperlukan.

Baca Juga: Ketahui Manfaat dan Bahaya Gadget untuk Perkembangan Anak

3. Bluelight dan Siklus Tidur

Sementara juri masih belum mengetahui efek jangka panjang cahaya biru pada kesehatan mata manusia, ada lebih banyak konsensus seputar efek cahaya biru pada siklus tidur-bangun

Sensor cahaya di mata dan bahkan di kulit dapat merasakan perbedaan antara gelombang cahaya biru yang intens di siang hari yang cerah dan nada yang lebih hangat dan lebih merah yang menandakan hari telah berakhir.

Ketika cahaya di sekitar Amereda ke dalam bayangan matahari terbenam itu, sensor di mata mendorong tubuh untuk melepaskan simpanan melatonin alami tubuh Anda, hormon pemicu tidur.

Sebuah studi kecil tahun 2015 menemukan bahwa ketika orang terpapar cahaya biru di malam hari, tubuh mereka tidak melepaskan banyak melatonin, dan siklus tidur mereka tertunda atau terganggu.

Menurut tinjauan 2019 yang diterbitkan Somnologie, ketika cahaya biru mengganggu siklus tidur.

Masalah lain juga dapat berkembang, seperti peningkatan risiko kanker terkait hormon, seperti payudara dan prostat. tingkat leptin yang lebih rendah, bahan kimia yang menandakan rasa kenyang setelah makan perubahan metabolisme, dan terutama gula darah

4. Bluelight dan Anak-anak

Mata anak tidak menyaring cahaya biru sebaik mata Anda. Terlalu banyak dari layar perangkat dapat meningkatkan peluang mereka mengembangkan obesitas, rabun jauh, dan masalah pemusatan perhatian.

Menurut sebuah penelitian yang didanai oleh National Eye Institute, anak-anak lebih rentan daripada orang dewasa karena mata mereka menyerap lebih banyak cahaya biru dari perangkat digital.

Di malam hari, bluelight dapat menyebabkan tubuh mereka melepaskan melatonin lebih lambat daripada tubuh. Untuk melindungi mata mereka, batasi waktu layar anak.

Dan minta mereka menjauhkan semua perangkat elektronik, termasuk perangkat game genggam, setidaknya setengah jam sebelum waktu tidur.

Baca Juga: Moms, Ketahui 5 Pengaruh Gadget Terhadap Psikologi Anak

Cara Membatasi Bluelight

tetes mata softlens
Foto: tetes mata softlens (Orami Photo Stocks)

Foto: Orami Photo Stock

AAO merekomendasikan agar Moms dan Dads mengambil cara membatasi bluelight di bawah ini:

1. Latih Strategi 20-20-20

Saat menggunakan perangkat yang memancarkan cahaya biru, berhentilah setiap 20 menit untuk fokus pada objek yang berjarak sekitar 20 kaki. Pelajari objek tersebut selama 20 detik sebelum kembali melihat dari dekat.

2. Jaga Agar Mata Tetap Lembap

Tetes mata, seperti air mata buatan, dan pelembap ruangan adalah cara yang baik untuk menjaga mata Anda agar tidak terlalu kering dan teriritasi saat menggunakan perangkat pemancar cahaya biru.

3. Gunakan Kacamata dengan Resep yang Tepat

Menyipitkan mata di depan layar untuk waktu yang lama tidak disarankan untuk kesehatan mata Anda secara keseluruhan.

Jika memakai kacamata resep untuk mengoreksi penglihatan, pastikan memakai resep yang ditujukan untuk jarak antara mata dan layar idealnya sejauh satu lengan. Kebanyakan kacamata diformulasikan untuk jarak yang lebih jauh.

Baca Juga: Memiliki Dampak Negatif, Ini Penyebab Anak Kecanduan Gadget

4. Sesuaikan Bluelight di Layar

Untuk menurunkan risiko kelelahan mata dan gangguan tidur, Moms dan Dads mungkin ingin menyetel layar ke setelan "shift malam" dengan nada yang lebih hangat.

Kalian juga dapat membeli layar penyaringan cahaya biru untuk menyelinap di layar komputer Anda saat Anda bekerja di malam hari. Filter bisa memotong silau layar Anda.

Dan penelitian tahun 2020 menunjukkan bahwa mereka memblokir 30 hingga 60 persen cahaya biru, meskipun tidak jelas apakah memblokir biru akan membantu mempertahankan siklus tidur-bangun bagi mereka yang menggunakan layar dengan lampu latar sebelum tidur.

5. Lewati Spesifikasi Pemblokiran Biru

Studi telah berulang kali menunjukkan bahwa kacamata pemblokir biru efektif untuk mengurangi cahaya biru.

Tetapi AAO tidak merekomendasikannya untuk melindungi mata karena tidak ada cukup bukti bahwa kacamata itu menurunkan kelelahan mata atau meningkatkan kesehatan mata.

Screentime menjadi perhatian banyak orang saat ini. Dan sementara itu datang dengan peningkatan eksposur cahaya biru, Anda telah terpapar cahaya biru selama ini.

Sering-seringlah beristirahat, menyesuaikan kontras pada layar, menjauhkan perangkat sekitar 70 cm dari mata Anda, dan tetap batasi pemakaian perangkat seperti handphone juga laptop sebagai upaya mengantisipasi bahaya bluelight.

  • https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/blue-light-has-a-dark-side
  • https://www.webmd.com/eye-health/blue-light-health
  • https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/should-you-be-worried-about-blue-light
    https://www.sciencefocus.com/science/blue-light/
  • https://www.healthline.com/health/what-is-blue-light#takeaway
  • https://www.aao.org/eye-health/diseases/what-is-eye-strain
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6615932/
  • https://www.cochrane.org/CD011977/EYES_artificial-blue-light-filtering-lenses-eye-protecting-macula-back-eye-after-cataract-surgery
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6751071/
  • https://blutechlenses.com/blog/what-is-blue-light/
  • https://www.allaboutvision.com/cvs/blue-light.htm
  • https://www.everydayhealth.com/wellness/what-is-blue-light-a-complete-scientific-guide/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7774196/

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb