23 Juni 2016

Bolehkah Mengoleskan Lip Balm dengan Jari?

Jangan lanjutkan kebiasaan buruk ini!
Bolehkah Mengoleskan Lip Balm dengan Jari?

Kerap kali bibir kita membutuhkan perhatian di tengah aktivitas yang padat. Cuaca yang panas membuat bibir terasa kering dan solusi sederhana adalah menjaga kelembabannya dengan lip balm. Namun, perlu diperhatikan bagi Anda yang tidak menggunakan stick lip balm, secara tidak sadar Anda cuek mengoleskannya dengan jari, di mana saja dan kapan saja. Tapi apakah terlintas di benak Anda tentang bahaya di balik tindakan tersebut? Berdasarkan pemaparan Elaine Larson, PhD seorang profesor dari Colombia University, tiga hal di bawah ini wajib Anda perhatikan:

Memindahkan Bakteri ke Bibir

Meskipun lip balm mengandung komponen antibakteri tidak menentukan bahwa bibir Anda akan terselamatkan dari segala jenis bakteri yang berpindah dari jari.

Sumber Penyakit

Apakah Anda mengetahui jejak apa saja yang menempel di jari-jari ketika beraktivitas seharian? Bakteri salah satu yang sudah kita bahas di poin pertama, tetapi kemungkinan terburuk adalah berbagai virus penyakit yang siap menyerang Anda. Adam Friedman seorang dermatologis dari George Washington University mengungkapkan, terdapat dua jenis bakteri yang mendominasi jari manusia, yakni strep dan staph. Kedua bakteri ini memicu pneumonia, meningitis, dan flesh eating disease atau bakteri pemakan manusia.

Apa yang Harus Anda Lakukan?

Cucilah tangan Anda sebelum mengoleskan lip balm. Jangan lupa untuk menyimpan lip balm di tempat yang bersih dan sejuk. Sesuatu yang berhubungan dengan mulut pastinya harus selalu dijaga kebersihannya. Atau bila Anda ingin meminimalisir risiko, kini saatnya beralih ke stick lip balm, lebih praktis dan aman!

(SR)

Sumber: prevention.com

Foto : kbosso

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb