ADVERTISEMENT

KESEHATAN UMUM
22 Januari 2020

Cara Membersihkan Mata yang Aman dan Disarankan, Catat!

Jangan mengucek dan menggosok mata ya, Moms
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Cara membersihkan mata berikut ini wajib Moms ketahui jika tidak ingin berujung iritasi!

Meskipun daerah mata sudah memiliki bulu mata kelopak mata, dan air mata, tetapi belum tentu ampuh dalam mencegah partikel asing agar tidak masuk ke mata.

Tidak hanya menyakitkan dan memberikan ketidaknyamanan, Moms perlu mengetahui cara membersihkan mata bila ada kotoran atau partikel yang masuk ke mata, tanpa membahayakan mata sendiri.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membersihkan mata dengan aman dan optimal.

Baca Juga: Ini Cara Membersihkan Mata Bayi yang Tepat, Hindari Mata Si Kecil Penuh Kotoran

Cara Membersihkan Mata

Foto: cara membersihkan mata-1.jpg (innovativeeyecare.com)

ADVERTISEMENT

Foto: innovativeeyecare.com

Untuk bisa membersihkan mata dengan baik, cari tahu dulu apa yang masuk ke mata. Apakah merupakan cairan kimia, serangga, atau benda asing seperti partikel debu.

1. Cairan Kimia Masuk Mata

Bila cairan kimia tidak sengaja masuk ke mata, seperti cairan pembersih rumah tangga, atau produk mandi seperti sampo atau sabun cair, Moms bisa memeriksa label untuk instruksi pertolongan pertama pembersihan mata.

ADVERTISEMENT

Biasanya, pada instruksi tersebut akan diperintahkan untuk membilas mata di bawah air mengalir selama beberapa menit, atau membilas mata dengan air hangat.

Jika tidak ada label instruksi, Moms bisa membilas mata dengan air selama sekitar 15 menit, lalu segera cari bantuan medis.

2. Partikel Asing di Kelopak atau Bulu Mata

Jika partikel pasir, kotoran, atau zat kecil lainnya masuk ke kelopak atau bulu mata, Moms dapat menghilangkan partikelnya tanpa dibilas dengan menggunakan tisu bersih.

Dalam Digital Journal of Ophthalmology cara efektif membersihkan kelopak mata yaitu membasahi bola kapas dengan air hangat. Lalu, secara lembut menyeka kelopak dari sudut bagian dalam ke arah luar dengan mata tertutup.

ADVERTISEMENT

Pastikan membersihkan tangan terlebih dahulu, dan jangan menggunakan cara ini jika partikel asingnya masuk ke dalam mata.

3. Partikel Asing Masuk ke Mata

Jika partikel asing masuk ke mata, Moms dapat membersihkan mata dengan membilasnya secara perlahan. Berikut ini prosedur standar cara membersihkan mata yang aman, mengutip Mayo Clinic:

  1. Cuci tangan dengan sabun dan air.
  2. Cobalah untuk menyiram benda keluar dari mata dengan aliran air bersih yang hangat dan lembut. Gunakan eyecup atau gelas minum kecil dan bersih.
  3. Cara lain untuk menyiram benda asing dari mata adalah dengan mandi dan mengalirkan air suam-suam kuku ke dahi di atas mata yang sakit, sambil membuka kelopak mata.
  4. Jika mengenakan lensa kontak lepaskan lensa terlebih dahulu ketika hendak mengairi permukaan mata dengan air. Terkadang benda asing dapat menyangkut di permukaan bawah lensa.

Baca Juga: Kenali 4 Penyebab Mata Merah pada Anak

Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Saat Membersihkan Mata

Foto: cara membersihkan mata-2.jpg (medicalnewstoday.com)

Foto: medicalnewstoday.com

Ketika ada partikel asing yang masuk ke mata, insting pertama yang dilakukan mungkin dengan menggosok dan mengucek mata. Tetapi, sebaiknya hindari cara ini karena hanya memperburuk keadaan.

ADVERTISEMENT

Partikel-partikel asing yang masuk ke mata dapat menggaruk jaringan bening yang menutupi dan melindungi iris mata (kornea). Dampaknya, terjadi lecet kornea yang meskipun tidak serius, tetapi bisa menyakitkan.

Baca Juga: Ini Langkah Mengobati Mata Merah pada Anak yang Bisa Dilakukan

Waktu Tepat Menghubungi Dokter

Foto: cara membersihkan mata-3.jpeg (specialtyeyeinstitute.com)

Foto: specialtyeyeinstitute.com

Jika sudah dibersihkan tetapi iritasi pada mata tetap tidak hilang, kemungkinan besar Moms akan memerlukan bantuan medis untuk mengeluarkan sisa partikel yang masih tersangkut.

Bila Moms mengalami gejala seperti rasa sakit, mata kemerahan atau penglihatan yang abnormal, Moms disarankan segera mencari bantuan medis dengan berkonsultasi ke dokter.

Namun, Moms perlu mengingat bahwa tidak semua rumah sakit memiliki perawatan mata darurat. Cari rumah sakit yang menyediakan konsultasi ke dokter spesialis mata.

Itulah cara membersihkan mata dengan tepat, Moms. Jadi, jangan sampai sembrono, ya.

Sebelumnya

Cara Mencegah Virus Corona yang Sedang Marak Terjadi
Amelia Puteri • 22 Jan 2020

Selanjutnya

5 Cara Alami Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur
Phanie • 22 Jan 2020

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

Artikel Terkait
Artikel Pilihan Editor

ADVERTISEMENT