ADVERTISEMENT

KESEHATAN UMUM
12 Agustus 2022

Ini Cara Mengobati Kuku yang Hampir Lepas, Tidak Boleh Sembarangan!

Tetap menjaga kebersihan adalah cara mengobati kuku yang hampir lepas yang paling mudah
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Dalam beberapa kasus, kuku yang hampir lepas bisa terinfeksi atau mungkin merupakan tanda dari kondisi medis yang lebih serius. Bagaimana cara mengobati kuku yang hampir lepas? Simak ulasannya, ya Moms.

Kuku yang hampir lepas adalah kondisi yang umum. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari cedera, infeksi jamur atau psoriasis.

Namun, bahan kimia, obat-obatan tertentu, dan penyakit serius juga bisa membuat kuku Moms lepas. Setelah kuku lepas, kuku tidak dapat menyambung kembali dan terus tumbuh.

Moms harus menunggu kuku baru tumbuh kembali pada tempatnya. Jika masih ada kuku yang tersisa, Moms mungkin memerlukan perawatan tambahan untuk memastikan kuku tumbuh kembali dengan baik.

Jika hanya sebagian kuku yang lepas atau kuku yang hampir lepas, penting untuk membiarkan bagian kuku yang tersisa di tempatnya. Dalam hal ini, alih-alih mencabut kuku yang hampir lepas, seseorang harus memangkas atau merapikan tepi yang bergerigi atau tidak rata untuk menghaluskannya.

Ini akan membantu mencegah cedera lebih lanjut atau kuku tersangkut. Setiap kuku yang belum sepenuhnya terlepas dari dasar kuku atau masih menempel pada bagian kuku lainnya harus dipotong.

Setelah dipotong, kuku yang tersisa harus dihaluskan dengan kikir. Yang perlu Moms ingat, mencabut kuku yang hampir lepas dapat berisiko besar merusak kulit dasar kuku dan menimbulkan infeksi. Tanda-tanda infeksi dapat meliputi:

  1. Nanah
  2. Berdarah
  3. Demam
  4. Nyeri
  5. Kemerahan atau bengkak.

ADVERTISEMENT

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Garis Hitam di Kuku secara Alami

Penyebab Kuku Hampir Lepas

Foto: kuku lepas (medicalnewstoday.com)

ADVERTISEMENT

Foto ilustrasi kuku hampir lepas (Sumber: medicalnewstoday.com)

Umumnya, kuku hampir lepas atau kuku yang terkelupas disebabkan oleh cedera. Terutama kuku kaki. Namun, ada beberapa penyebab umum lain yang menyebabkan kuku hampir terkelupas, termasuk infeksi jamur, dan psoriasis.

Selain itu, diketahui juga bahwa ada beberapa penyebab kurang umum yang membuat kuku hampir lepas, seperti efek samping pengobatan dan penyakit lain, yang tidak mempengaruhi banyak orang. Berikut adalah beberapa penyebab kuku hampir lepas seperti dilansir Healthline.

1. Infeksi Jamur

ADVERTISEMENT

Jamur dapat tumbuh di banyak area tubuh, termasuk di antara kuku dan dasar kuku. Ketika ini terjadi, seseorang berisiko mengalami kuku yang hampir lepas.

Namun, ada beberapa tanda infeksi jamur yang bisa diwaspadai sebelum kuku terlepas, seperti

perubahan warna kuku menjadi putih atau kekuningan, bau busuk, kuku kaki lebih tebal, bentuk kuku yang tidak biasa kuku rapuh atau mudah patah.

Infeksi jamur dapat berkembang karena berbagai alasan dan lebih mungkin terjadi ketika kulit atau kuku patah. Penyebab utama dan faktor risiko di antaranya, penuaan, kuku retak, kaki atlet, dan diabetes.

2. Traumatis

Trauma atau kerusakan pada kuku itu sendiri dapat menyebabkan pengelupasan. Perendaman tangan Moms dalam air panas saat mencuci piring atau terlibat dalam paparan air lama lainnya dapat mengeringkan kuku.

Ini juga dapat menyebabkan pengelupasan. Penyebab traumatis lain dari kuku yang hampir lepas, yaitu:

  • aktivitas apa pun yang menekan kuku
  • terlalu sering menggunakan kuku sebagai alat
  • memetik atau mengelupas cat kuku
  • menerapkan kuku palsu atau akrilik.

3. Psoriasis

Psoriasis adalah kondisi autoimun yang menyebabkan sel-sel kulit menumpuk. Meskipun sering muncul di kulit, itu juga dapat mempengaruhi kuku kaki.

Banyak kasus psoriasis kuku yang ringan dan tidak menimbulkan banyak masalah. Namun, terkadang penumpukan sel-sel kulit di dasar kuku dapat menyebabkan kuku Moms hampir terlepas.

ADVERTISEMENT

Scroll untuk melanjutkan

Gejala psoriasis pada kuku meliputi:

  • penebalan
  • bentuk kuku yang tidak biasa
  • warna kuning atau coklat
  • penumpukan kapur di bawah kuku.

Baca Juga: 7 Cara Cepat Memanjangkan Kuku secara Alami, Wajib Coba!

Cara Mengobati Kuku yang Hampir Lepas

Foto: kuku lepas (familydoctor.org)

Foto ilustrasi kuku hampir lepas (Sumber: familydoctor.org)

Terlepas dari apa yang menyebabkan kuku Moms hampir lepas, ada beberapa hal yang bisa Moms segera lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Moms bisa melakukan beberapa cara pengobatan sederhana yang bisa dilakukan di rumah.

Berikut adalah beberapa cara mengobati kuku yang hampir lepas, seperti dilansir dari Healthline dan Medical News Today.

ADVERTISEMENT

1. Jangan Mencabut Sisa Kuku

Jika hanya sebagian kuku yang hampir lepas, jangan coba untuk mencabutnya. Jika bagian kuku yang terlepas masih menempel pada jari kaki, gunakan gunting kuku untuk memotongnya dengan hati-hati agar tidak tersangkut pada pakaian. Dokter dapat membantu melakukan ini jika Moms tidak nyaman melakukannya sendiri.

2. Gunakan Kikir untuk Menghaluskan tepi yang Tajam

Bersihkan jari Moms, pastikan Moms menghilangkan kotoran, dan oleskan salep antibiotik. Tutupi area di mana kuku terlepas dengan perban dan segera cari perawatan jika seluruh kuku terlepas atau area di sekitar kuku tidak berhenti berdarah.

Ketika kuku hampir lepas, seseorang mungkin disarankan untuk mencari perhatian medis. Namun, pada contoh pertama, mereka dapat memulai perawatan pada kuku dengan:

  • Menggunakan kikir untuk menghapus tepi kasar
  • Membersihkan alas kuku
  • Menutupi area tersebut dengan perban
  • Dengan hati-hati memotong kuku yang sebagian terpasang
  • Menghindari pengangkatan kuku yang tersisa
  • Jika penyebab yang mendasari tidak diobati, dapat mencegah kuku tumbuh kembali dengan baik, atau sama sekali. Infeksi mungkin memerlukan pengobatan.

Baca Juga: 11 Contoh Kuku yang Tidak Sehat, Bisa Jadi Tanda Anemia Hingga Penyakit Jantung

3. Cegah Jamur Kuku

Mengobati infeksi jamur seringkali rumit. Ini mungkin memerlukan krim topikal, obat antijamur oral, atau terkadang kombinasi keduanya. Dalam kasus ekstrim, seseorang mungkin memerlukan pembedahan untuk mengangkat kuku dan menghentikannya tumbuh kembali.

Mencegah jamur kuku mungkin lebih mudah daripada mengobati infeksi. Seseorang dapat mencegah jamur kuku dengan:

  • Menjaga kaki tetap kering
  • Menjaga kuku tetap rapi
  • Sering mengganti kaus kaki
  • Desinfektan gunting kuku setelah digunakan
  • Memakai sepatu di area komunitas yang lembap, seperti ruang ganti gym.
ADVERTISEMENT

4. Cara Lainnya

Beberapa cara mengobati kuku yang hampir lepas lainnya adalah merendam area tersebut dalam air dingin, sering menerapkan perban segar, mengambil anti-inflamasi, seperti ibuprofen, membersihkan area dengan salep antibiotik.

Tergantung pada jari mana yang terkena, dan seberapa banyak kuku yang rusak. Namun dibutuhkan waktu hingga 18 bulan agar kuku dapat tumbuh kembali sepenuhnya.

5. Hubungi Dokter

Hubungi dokter jika Moms mengalami pendarahan yang cukup parah, atau luka tersebut membuat Moms kesakitan. Moms juga sebaiknya segera munghubungi dokter ketika mengalami infeksi jamur yang tidak sembuh-sembuh di rumah.

Seseorang harus menemui dokter mereka jika mereka mencurigai adanya infeksi di dalam atau di sekitar kuku, atau jika mereka memiliki cedera yang menyebabkan kekhawatiran.

Jika seseorang mencurigai psoriasis, dokter mungkin dapat memberi saran tentang pengobatan terbaik untuk gejala kulit dan kuku. Perlu diketahui, Moms tidak dapat menghubungkan kuku yang hampir lepas dengan penyebab eksternal atau internal, salah satu cara untuk membedakannya adalah dengan membandingkan kuku kaki dan kuku tangan Moms.

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Kutek di Kuku dengan Mudah Tanpa Aseton

Jika kuku Moms terkelupas tetapi kuku kaki tidak (atau sebaliknya), ini menandakan penyebab eksternal. Sementara jika kuku jari tangan dan kaki Moms mengelupas, ini menandakan penyebab internal.

Penyebab internal dapat bervariasi, tetapi terkadang kuku yang kering dan terkelupas dapat mengindikasikan kekurangan vitamin, biasanya kekurangan zat besi.

Menghubungi dokter dapat mengurangi risiko kehilangan kuku kaki di masa depan. Selain itu itu menjaga kebersihan kuku kaki dan kuku tangan juga akan menghindari Moms dari luka akibat kuku yang hampir lepas.

  • https://www.healthline.com/health/toenail-falling-off#takeaway
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/321124#outcome

Sebelumnya

Hipersensitivitas, Respons Imun yang Berlebihan Terhadap Antigen
Waritsa Asri • 12 Agt 2022

Selanjutnya

5 Cara Melakukan Diet 7 Hari Turun 15 Kg serta Daftar Menunya, Bikin Tubuh Ideal!
Defara Millenia • 12 Agt 2022

Komentar (1)

Lihat semua

arya

04/12/21

kak, barusan kuku kaki saya terbelah jadi 2 karena terbentur tp ga sampai lepas.. terbelah 1cm gitu sampe bantalan.... baca lebih lanjut

0 0
Artikel Terkait
Artikel Pilihan Editor

ADVERTISEMENT