ADVERTISEMENT

OLAHRAGA & KEBUGARAN
23 November 2021

5 Cara Mengobati Cedera Hamstring yang Bisa Membuat Paha Sakit Luar Biasa

Pada cedera ringan hingga sedang, dapat sembuh dengan sendirinya
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Cedera hamstring adalah cedera yang cenderung terjadi ketika olahraga seperti pada atlet sepakbola, pelari, skater, dan pemain basket atau olahraga serupa yang melibatkan lari cepat dengan berhenti dan mulai secara tiba-tiba.

Cedera hamstring terjadi ketika Moms meregangkan atau menarik salah satu otot hamstring, yakni kelompok 3 otot yang membentang di sepanjang bagian belakang paha.

Kelompok otot ini memungkinkan Moms untuk menekuk kaki dan lutut.

Mengutip Mayo Clinic pada cedera hamstring yang parah, otot dapat sobek atau bahkan terlepas dari sambungannya ke panggul atau tulang kering.

Cedera hamstring sendiri dapat memberikan rasa sakit yang sangat menyakitkan. Oleh karena itu, ketahui lebih lanjut mengenai cedera hamstring hingga cara mengatasinya.

Baca Juga: Cedera Lecutan, Gangguan pada Leher yang Terjadi saat Pergerakan Terlalu Cepat atau Kuat

Gejala Cedera Hamstring

ADVERTISEMENT

Foto: gejala cedera hamstring.jpg (joshuaharrismd)

Foto: joshuaharrismd

Cedera hamstring biasanya menyebabkan rasa sakit yang tiba-tiba dan tajam di bagian belakang paha.

ADVERTISEMENT

Ketika mengalami cedera, Moms mungkin juga merasakan sensasi "meletus" atau robek.

Dalam beberapa jam, akan terjadi pembengkakan dan nyeri tekan.

Selain itu, Moms mungkin mengalami memar atau perubahan warna di sepanjang bagian belakang kaki, serta kelemahan otot atau ketidakmampuan untuk menopang beban pada kaki yang terkena.

Penyebab Cedera Hamstring

Foto: penyebab cedera otot hamstring.jpg (otalorthocare.in)

Foto: otalorthocare.in

Dikutip dari National Health Service cedera hamstring sering terjadi selama gerakan yang tiba-tiba dan kuat, seperti berlari, menerjang atau melompat yang meregangkan tendon atau otot.

Cedera juga bisa terjadi secara bertahap selama gerakan yang lebih lambat. Selain itu, cedera otot hamstring lebih mungkin terjdi ketika Moms tidak melakukan pemanasan sebelum berolahraga.

Perlu Moms ketahui, ada beberapa faktor risiko yang bisa meningkatkan terjadinya cedera, yakni:

  • Pernah cedera hamstring sebelumnya

Menurut Strength and Conditioning Journal cedera otot hamstring sangat lazim terjadi dan dapat menimbulkan tingkat cedera ulang yang tinggi.

Jadi, setelah Moms mengalami satu kali cedera hamstring, kemungkinan besar Moms akan mengalami cedera lainnya. Terutama jika mencoba untuk melanjutkan aktivitas pada tingkat intensitas sebelum cedera dan sebelum otot memiliki waktu untuk pulih atau membangun kembali kekuatan.

ADVERTISEMENT

Scroll untuk melanjutkan

  • Fleksibilitas yang buruk

Jika tubuh Moms memiliki fleksibilitas yang buruk, otot-otot pun mungkin tidak dapat menahan kekuatan penuh dari tindakan yang diperlukan selama aktivitas atau olahraga tertentu.

  • Ketidakseimbangan otot

Meskipun tidak semua ahli setuju, beberapa mengatakan bahwa ketidakseimbangan otot dapat menyebabkan cedera hamstring.

Ketika otot-otot di sepanjang bagian depan paha menjadi lebih kuat dan lebih berkembang daripada otot hamstring, Moms mungkin lebih mungkin untuk melukai otot hamstring.

Meski siapa pun dapat mengalami cedera ini, tetapi yang paling berisiko adalah:

  • Atlet yang berpartisipasi dalam olahraga seperti sepak bola atau basket
  • Pelari atau sprinter
  • Penari
  • Atlet yang lebih tua yang program latihan utamanya berjalan
  • Atlet remaja yang masih dalam masa pertumbuhan. Hal ini karena tulang dan otot tidak tumbuh pada tingkat yang sama. Selama percepatan pertumbuhan, tulang anak mungkin tumbuh lebih cepat daripada otot. Tulang yang tumbuh dapat menarik otot dengan kencang. Lompatan, peregangan, atau benturan yang tiba-tiba akhirnya dapat merobek otot dari sambungannya ke tulang.

Baca Juga: Cedera ACL: Gejala, Penyebab, dan Pilihan Pengobatannya

Cara Pengobatan Cedera Hamstring

Melansir WebMD cedera hamstring tingkat minor hingga sedang biasanya dapat sembuh dengan sendirinya.

ADVERTISEMENT

Untuk mempercepat proses penyembuhan, berikut cara yang dapat dilakukan:

1. Mengistirahatkan Kaki

Foto: mengobati cedera hamstring-1.jpg (webMD)

Foto: Orami Photo Stock

Hindari meletakkan beban pada kaki. Jika rasa sakit cederanya parah, seseorang mungkin perlu memakai kruk/crutches sampai sakitnya hilang.

Untuk mengetahui lebih jelas cara mengobati cedera hamstring, tanyakan kepada dokter atau terapis fisik jika diperlukan.

2. Mengompres Es Batu

Foto: mengobati cedera hamstring-2.jpg (verywellhealth.com)

Foto: Orami Photo Stock

ADVERTISEMENT

Untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak, bisa dengan mengompres es batu pada bagian paha yang alami cedera hamstring.

Lakukan selama 20-30 menit setiap 3 hingga 4 jam selama 2 hingga 3 hari, atau sampai rasa sakit cedera hamstring menghilang.

Namun, jangan mengoleskan es langsung ke kulit. Sebaiknya, gunakan handuk atau kain bersih sebagai pelapis es batu.

Baca Juga: Macam-Macam Cedera Olahraga yang Sering Terjadi, Hati-hati!

3. Balut Menggunakan Perban

Foto: mengobati cedera hamstring-3.jpg (webMD)

Foto: Orami Photo Stock

Gunakan perban elastis dan balut bagian paha tempat cedera hamstring, untuk mengempeskan pembengkakan pada bagian tubuh yang cedera.

ADVERTISEMENT

Jangan lupa untuk mengangkat kaki di atas bantal ketika sedang dalam posisi duduk atau berbaring sebagai tips untuk mengobati cedera hamstring.

Angkatlah kaki lebih tinggi dari jantung saat beristirahat untuk mengurangi pembengkakan.

4. Minum Obat Penghilang Rasa Sakit

Foto: mengobati cedera hamstring-4

Foto: Orami Photo Stock

Beberapa jenis obat yang dapat mengobati cedera hamstring adalah obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti ibuprofen (Advil, Motrin), atau naproxen (Aleve, Naprosyn), akan membantu mengatasi rasa sakit dan pembengkakan.

Namun, obat-obatan ini bisa memiliki efek samping, seperti peningkatan risiko perdarahan dan bisul.

Oleh arena itu, obat ini hanya dapat digunakan dalam jangka pendek. Jangan lupa untuk konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya, ya.

Baca Juga: Pengertian Doping dalam Olahraga Beserta Bahayanya

5. Melakukan Latihan Peregangan

Foto: mengobati cedera hamstring-5.jpg (health.harvard.edu)

Foto: Orami Photo Stock

Lakukan latihan peregangan dan penguatan jika dokter atau ahli terapi fisik menganjurkannya. Memperkuat bagian hamstring adalah salah satu cara mengurangi cedera hamstring.

Dalam kasus yang parah di mana otot robek, seseorang mungkin perlu dioperasi. Dokter bedah akan memperbaiki otot dan memasangnya kembali.

Itu dia informasi tentang cedera hamstring beserta cara mengobati yang bisa dilakukan. Jika kondisinya parah, segera berkonsultasi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hamstring-injury/symptoms-causes/syc-20372985
  • https://www.nhs.uk/conditions/hamstring-injury/
  • https://www.webmd.com/fitness-exercise/hamstring-strain#1
  • https://orthoinfo.aaos.org/en/diseases--conditions/hamstring-muscle-injuries
  • https://journals.lww.com/nsca-scj/fulltext/2020/06000/hamstring_strain_injuries__incidence,_mechanisms,.5.aspx

Sebelumnya

Pengertian Doping dalam Olahraga Beserta Bahayanya
Amelia Riskita • 17 Nov 2021

Selanjutnya

7 Rekomendasi Alat Olahraga di Rumah dan Tips Memilihnya, Catat!
Karinta • 01 Des 2021

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

Artikel Terkait
Artikel Pilihan Editor

ADVERTISEMENT