09 Agustus 2017

Cegah Kerusakan Gigi Anak Dengan Makanan Tinggi Serat

Cara tepat atasi kerusakan gigi pada si kecil
Cegah Kerusakan Gigi Anak Dengan Makanan Tinggi Serat

Usia balita biasanya menjadi salah satu usia rawan anak menderita kerusakan gigi. Kerusakan gigi anak ini terjadi karena asam yang didapatkan dari berbagai jenis makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Asam yang diciptakan tersebut akan merusak pelindung gigi hingga menyebabkan pembengkakan dan kerusakan gigi yang lain sehingga timbul rasa sakit.

Mama dapat memastikan si kecil memiliki gigi yang sehat dengan mengonsumsi makanan sehat dan kontrol secara teratur ke dokter gigi. Jenis makanan terbaik yang mampu mencegah kerusakan gigi anak adalah makanan tinggi serat.

Baca juga: 7 Makanan Untuk Membantu Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Kenapa Harus Makanan Tinggi Serat?

Menurut beberapa pakar penelitian, konsumsi makanan tinggi serat mampu membuat air liur mengalir sehingga menciptakan pertahanan mineral yang berfungsi melawan kerusakan gigi. Air liur sendiri merupakan pertahanan pertama bagi gigi untuk menetralkan asam yang dapat merusak gigi anak. Bila diibaratkan, makanan yang mengandung serat ini berfungssi sebagai deterjen yang menggosok bagian gigi yang kotor agar bersih kembali.

Menurut drg. Hari Sunarto Sp.Perio (K), Ketua Ikatan Periodontologi Indonesia (IPERI) Komisariat Jakarta dalam seminarnya mengungkapkan bahwa kesehatan gusi dipengaruhi oleh kecukupan serat di dalam tubuh. Makanan berserat seperti buah dan sayur memiliki kemampuan self cleansing alami pada plak gigi. Self cleansing sendiri terjadi saat makanan berserat dikunyah dalam rongga mulut. Ketika si kecil mengunyah, kandungan dari serat tersebut akan menggosok permukaan gigi yang penuh plak atau kotor. Hilangnya plak ini dapat menjaga gigi anak agar tetap sehat.

Baca juga: Yuk Kenali 3 Tahapan Tumbuh Kembang Gigi Anak!

Selain itu, konsumsi makanan yang mengandung tinggi serat mampu menstimulasi gigi agar dapat menjadi lebih kuat dan tidak cepat rusak. Hal ini disebabkan karena makanan yang mengandung serat memiliki tekstur yang renyah sehingga semakin lama dikunyah maka semakin halus dan mudah ditelan. Hal ini mampu membuat nafsu makan sikecil meningkat.

Makanan Tinggi Serat yang Baik Dikonsumsi Anak

Sumber makanan yang mengandung tinggi serat antara sayuran dan buah-buahan. Normalnya tubuh memerlukan 25-40 gram serat untuk perkembangan dan pertumbuhan si kecil. selain itu, kadar serat yang mencukupi tubuh mampu mencegah dari berbagai macam penyakit. Buah-buahan seperti apel, pir, pisang, brokoli dan wortel adalah sedikit dari sekian banyak makanan tinggi serat yang baik bagi gigi anak.

Terlepas dari itu, jangan lupa untuk mengajarkan anak untuk sikat gigi secara rutin yaitu sesudah makan dan sebelum tidur. Gigi yang bersih dapat mencegah terjadinya peradangan gusi dan mencegah gigi berlubang.

Baca juga: Anak Takut ke Dokter Gigi? Ini Cara Atasinya!

Jadi, siapkah Mama untuk mencegah kerusakan gigi anak dengan makanan tinggi serat mulai dari sekarang? Yuk lakukan, Ma.

<PIA>

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb