02 Mei 2018

Cegah Tumbuhnya Jamur Pada Handuk dan Keset Dengan 4 Cara Mudah Ini

Jamur pada handuk dan keset bisa berbahaya loh untuk kesehatan keluarga
Cegah Tumbuhnya Jamur Pada Handuk dan Keset Dengan 4 Cara Mudah Ini

Jamur dapat ditemukan di mana saja, mulai dari benda dengan permukaan lembut, kasar, tebal, tipis dan sebagainya. Begitu juga dengan handuk dan keset kamar mandi yang paling sering terkena air akan mudah ditumbuhi jamur jika Moms kurang menjaga kebersihannya.

Di mana ada area yang lembap, di situlah jamur mengintai perlengkapan rumah tangga Moms. Hal ini disebabkan karena area yang lembap memiliki kandungan air yang dapat memicu pertumbuhan jamur.

Sekali saja jamur hinggap pada kain, kayu atau kertas, bukan hanya noda saja yang tampak ke permukaan, namun bau yang menyengat pun akan mudah muncul.

Baca Juga : Banyak Bakteri Tersembunyi, Singkirkan 8 Benda Ini dari Kamar Mandi

Penting bagi Moms untuk senantiasa memeriksa kondisi handuk dan keset kamar mandi agar selalu bersih dan bebas jamur. Beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk menghindari tumbuhnya jamur pada kain handuk dan keset adalah sebagai berikut:

1. Jaga handuk dan keset kamar mandi tetap dalam keadaan kering

Sepertinya cara ini cukup sulit karena handuk dan keset kamar mandi akan selalu dibutuhkan saat Moms melakukan rutinitas di kamar mandi, bukan?

Namun dengan rutin menggantungkannya di area yang bebas udara setelah Moms menggunakannya, akan dapat mempercepat pengeringan handuk dan keset tersebut.

Jadi jika Moms keluar dari kamar mandi sambil membawa baju kotor, jangan lupa untuk membawa handuk dan kesetnya jug, ya!

2. Cucilah handuk dan keset kamar mandi secara rutin

Cara ini untuk memastikan bahwa perlengkapan kamar mandi ini bebas noda dan jamur. Alangkah baiknya Moms memilih hari yang benar-benar cerah saat matahari bersinar terang untuk mencuci peralatan tersebut.

Hal ini dimaksudkan agar cucian yang basah bisa benar-benar kering oleh sengatan matahari yang dapar membunuh kuman dan jamur sekalipun.

3. Simpanlah handuk dan keset kamar mandi di tempat yang kering

Moms perlu memiliki beberapa persediaan handuk dan keset yang bisa digunakan secara bergantian.

Simpanlah handuk dan keset yang tidak digunakan pada tempat yang kering dan bebas lembap, sebab meskipun tidak digunakan untuk membasuh badan yang basah, handuk bisa saja terkena jamur jika diletakkan di area yang lembap.

4. Gunakanlah peralatan khusus untuk menyerap kelembapan

Meskipun perlu meletakkan handuk dan keset kamar mandi di area yang kering dan bebas udara, tidak menutup kemungkinan Moms akan menjumpai ruangan-ruangan yang lembap di dalam rumah, bukan?

Jika ruangan tersebut terpaksa digunakan untuk menyimpan peralatan rumah tangga, Moms bisa memanfaatkan alat penyerap kelembapan untuk mengurangi kadar air di ruangan tersebut.

Dengan bantuan alat tersebut, diharapkan tingkat kelembapan dapat berkurang sehingga aman untuk digunakan menyimpan perlengkapan mandi yang terbuat dari kain.

Tidak sulit untuk mencegah tumbuhnya jamur pada perlengkapan mandi Moms, bukan? Rawatlah handuk dan keset kamar mandi secara rutin agar Moms dapat memanfaatkannya secara maksimal.

Yang terpenting adalah jauhkan penyimpanan handuk, keset,  dan alat penghisap kelembapan dari jangkauan anak-anak supaya tetap tertata rapi, terjaga kebersihannya, dan tidak mengganggu kesehatan keluarga.

Jadi, Moms sudah tahu kan sekarang bagaimana cara mencegah tumbuhnya jamur pada handuk dan keset?

(BILNA)

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb