ADVERTISEMENT

OBAT-OBATAN
08 April 2022

Mengobati Sakit Maag dengan New Enzyplex

Mempercepat pemecahan (hidrolisis) dari molekul makanan menjadi komponen-komponennya
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Karinta

Mengalami mual dan muntah disertai perut terasa ditusuk, bagaikan mimpi buruk. Gejala maag ini bisa diatasi dengan meminum obat maag yang salah satunya adalah New Enzyplex.

Masalah gas atau lambung yang kita kenal dengan sebutan maag adalah salah satu masalah paling umum yang biasanya terjadi setelah usia 40 tahun.

Namun, itu tidak berarti maag tidak dapat terjadi pada orang-orang yang masih tergolong muda. 

Ada berbagai alasan kenapa masalah lambung seperti maag bisa terjadi.  Maag atau gastritis adalah peradangan, iritasi, atau erosi pada lapisan lambung.

Ini dimulai dari akut dan dapat berubah secara bertahap menjadi kondisi kronis.

Gastritis atau masalah gas di lambung adalah suatu kondisi dimana lapisan membran lambung terganggu dan menyebabkan keluarnya asam.

Begitu asam ini bersentuhan dengan dinding perut, itu menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

ADVERTISEMENT

Kondisi ini pada akhirnya mengarah pada masalah yang disebut maag. Oleh karena itu, penggunaan obat maag seperti New Enzyplex sangat penting, untuk menetralkan asam lambung. 

Jadi, obat seperti apa New Enzyplex dan bagaimana kandungan, dosis, serta efek sampingnya? Berikut adalah yang berhasil dirangkum Orami tentang obat sakit lambung tersebut. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Obat Maag pada Anak, Jangan Sembarangan, Moms!

ADVERTISEMENT

Fungsi dan Kandungan New Enzyplex

Foto: fungsi new enzyplex (https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.k24klik.com%2Fp%2Fnew-enzyplex-tab-4s-strip-25s-49&psig=AOvVaw1K8pmpmnjhTvllGm9QuqyJ&ust=1649217557461000&source=images&cd=vfe&ved=0CAsQjhxqFwoTCNjl0IOF_PYCFQAAAAAdAAAAABAD)

Foto: K24klinik.com

Gangguan ulu hati yang diindikasikan maag, bisa diatasi dengan memanfaatkan New Enzyplex.

ADVERTISEMENT

Sesuai kandunganya, obat ini digunakan untuk membantu proses pencernaan dan mengatasi gangguan rasa kembung dan rasa penuh pada lambung.

Obat ini mengandung beberapa senyawa atau zat seperti:

  • Almylase

Setiap anggota kelas enzim, mengkatalisis hidrolisis (pemecahan senyawa dengan penambahan molekul air) pati menjadi molekul karbohidrat yang lebih kecil seperti maltosa (molekul yang terdiri dari dua molekul glukos 

Tiga kategori amilase dilambangkan alfa, beta, dan gamma, berbeda dalam cara mereka menyerang ikatan molekul pati.

  • Protease

Enzim ini dikenal dengan sebutan enzim proenzim proteolitik, disebut protease, proteinase, atau peptidase.

Ini adalah salah satu dari kelompok enzim yang memecah molekul protein seperti rantai panjang menjadi fragmen yang lebih pendek (peptida).

Akhirnya menjadi komponen asam amino Enzim proteolitik terdapat pada bakteri, archaea, jenis alga tertentu, beberapa virus, dan tanaman. 

ADVERTISEMENT

Scroll untuk melanjutkan

  • Deoxcycholid

Deoxcycholid atau asam deoksikolat adalah bentuk buatan dari zat yang dibuat tubuh dalam membantu menyerap lemak.

Asam deoksikolat bekerja dengan menghancurkan sel-sel lemak yang disuntikkan ke dalam tubuh.

Asam deoksikolat digunakan untuk membantu mengurangi munculnya lemak yang menggantung di bawah dagu atau kadang-kadang disebut dagu ganda.

Asam deoksikolat belum diuji untuk penggunaan yang aman di area tubuh lainnya. Namun, asam deoksikolat juga dapat digunakan untuk tujuan yang tidak tercantum dalam panduan pengobatan ini.

  • Diethylpolisiloxane

Dimethylpolysiloxane juga disebut dimethyl polysiloxane (E900 food additive), polymethylsiloxane atau dimethicone. Zat ini adalah polimer berbasis silikon yang digunakan sebagai pelumas dan zat pendingin.

  • Niacinamide

Niacinamide juga disebut nicotinamide,adalah bentuk vitamin B-3 atau nutrisi penting. Kekurangan B-3 dapat menyebabkan gangguan pada kulit, ginjal, dan otak.

Mengonsumsi niacinamide dapat membantu mencegah defisiensi B-3.

ADVERTISEMENT
  • Pantothenic Acid

Pantothenic Acid atau asam pantotenat adalah vitamin B5. Ini banyak ditemukan di tumbuhan dan hewan termasuk daging, sayuran, biji-bijian sereal, kacang-kacangan, telur, dan susu.

Asam pantotenat membantu tubuh memanfaatkan karbohidrat, protein, dan lipid.

Vitamin B5 tersedia sebagai asam D-pantotenat, serta dexpanthenol dan kalsium pantotenat, yang merupakan bahan kimia yang dibuat di laboratorium dari asam D-pantotenat.

  • Vitamin B1, B2, B6, dan B12

Rangkaian obat ini merupakan produk multivitamin yang digunakan untuk mengobati atau mencegah kekurangan vitamin karena pola makan yang buruk, penyakit tertentu, atau selama kehamilan.

Vitamin adalah blok bangunan penting dari tubuh dan membantu menjaga kesehatan dengan baik.

Baca Juga: Mengenal Enzim Lipase: Cara Kerja, Jenis, Hingga Fungsinya

Dosis dan Cara Penggunaan New Enzyplex

ADVERTISEMENT

Foto: Dosis New Enzyplex (https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.uhhospitals.org%2FHealthy-at-UH%2Farticles%2F2017%2F03%2F5-medicines-you-shouldnt-give-your-preschooler&psig=AOvVaw2e3_lOFgcw5aOXs77pNjUx&ust=1649217939201000&source=images&cd=vfe&ved=0CAsQjhxqFwoTCNi6)

Foto: uhhospitals.org

Mengonsumsi New Enzyplex ada baiknya dikonsumsi satu jam setelah makan atau saat makan dan ngemil.

Mengikuti anjuran dokter dalam tabel obat yang tertera adalah salah satu anjuran yang harus diikuti, yaitu: 

  • Dewasa: 1-2 tablet sebanyak 3 kali sehari
  • Anak-anak dianjurkan minum 1 tablet sebanyak 2-3 kali sehari atas anjuran dari dokter

Namun, perhatikan penggunaan obat ini jika Moms hamil atau menyusui. Penggunaan obat ini pada ibu hamil dan ibu menyusui membutuhkan pengawasan khusus, guna mencegah adanya efek serius terkait janin atau bayi.

Selalu konsultasi terlebih dulu pada dokter atau bidan sebelum menggunakan obat apapun sedang hamil, menyusui, atau sedang merencanakan kehamilan.

Selain itu, interaksi obat tertentu dapat mengubah kinerja obat New Enzyplex atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini.

ADVERTISEMENT

Penggunaan New Enzyplex bisa menurunkan manfaatnya bila secara bersamaan mengonsumsi suplemen kalsium dan magnesium yang mengandung antasida.

Enzim pencernaan yang mengandung amilase atau enzim pencerna karbohidrat lainnya dapat mengurangi keefektifan inhibitor alfa-glukosidase (misalnya, acarbose (Precose), miglitol [Glyset]) dalam obat New Enzyplex.

Baca Juga: Mengenal Antasida, Solusi Sakit Maag atau Asam Lambung

Efek Samping New Enzyplex

Foto: Efek samping New Enzyplex (https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.groupeproxim.ca%2Fen%2Farticle%2Ffood-drug-interactions&psig=AOvVaw1mnN3mNm6BFPSiXcehwnHm&ust=1649218125651000&source=images&cd=vfe&ved=0CAsQjhxqFwoTCOD3oLyG_PYCFQAAAAAdAAAAABAK)

Foto: groupeproxim.ca

Mengonsumsi obat maag seperti New Enzyplex, kemungkinan bisa memberikan efek seperti diare, sakit perut atau kram, dan juga mual.

Jika efek ini terus berlanjut atau memburuk, segera beri tahu dokter atau apoteker untuk mendapat kepastian tentang obat ini.

Tidak semua orang mengalami efek samping saat menggunakan obat ini. Bisa jadi, ada beberapa efek samping yang berbeda dari yang disebutkan di atas. 

Terakhir, Moms juga harus ingat ketika obat ini diberikan oleh dokter atau diperjual belikan dengan bebas itu artinya obat ini memberikan manfaat yang lebih besar dibandingkan efek sampingnya. 

  • https://healthjade.net/dimethylpolysiloxane/
  • https://www.drugs.com/mtm/deoxycholic-acid.html
  • https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/niacinamide
  • https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-853/pantothenic-acid-vitamin-b5
  • https://www.webmd.com/drugs/2/drug-148399/vit-b1-b2-b3-b5-b6-b12-iron-oral/details
  • https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1623/proteolytic-enzymes-proteases
  • https://www.britannica.com/science/amylase

Sebelumnya

Kenali Trifed Tablet, Obat Alergi Khusus Dewasa atau 12 Tahun ke Atas
Ria Indhryani • 08 Apr 2022

Selanjutnya

Fungsi Obat Merah dan Cara Menggunakannya yang Tepat
Merna • 08 Apr 2022

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

Artikel Terkait
Artikel Pilihan Editor

ADVERTISEMENT