06 Oktober 2023

Ingin Anak Tumbuh Optimal? Penuhi Hak Anak di Rumah, yuk!

Ternyata ada banyak hak anak di rumah yang wajib orangtua penuhi berikut ini!
Ingin Anak Tumbuh Optimal? Penuhi Hak Anak di Rumah, yuk!

Anak adalah anugerah yang luar biasa dan tak tertandingi nilainya bagi pasangan suami istri. Apakah Moms sudah tahu hak anak di rumah?

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh dengan optimal dan juga sehat secara fisik maupun psikis.

Oleh karena itu, Moms harus menyadari bahwa anak-anak dan remaja memiliki hak asasi manusia yang sama dengan orang dewasa, bahkan mereka juga memiliki hak akan kebutuhan khusus mereka dalam mempersiapkan diri sebelum terjun ke masyarakat.

Ingat, anak-anak merupakan manusia dan mereka memiliki hak untuk dipenuhi semua kebutuhannya dengan baik oleh orang tuanya.

Meskipun banyak kemajuan dalam beberapa dekade terakhir, nyatanya kini masih ada jutaan anak masih hidup tanpa hak dasar mereka.

Bahkan kini kehidupan anak-anak cukup rentan akan kekerasan, konflik, dan dampak perubahan iklim.

Secara global, diperkirakan ada 800 juta anak yang tinggal di daerah yang rentan dan terkena dampak konflik di mana hak-hak anak sering kali diabaikan dan masa kanak-kanak dicuri oleh pelecehan, eksploitasi, dan perbudakan.

Salah satu hak anak yang sangat penting adalah mendapatkan masa kanak-kanak sepenuhnya, dikelilingi oleh keluarga dan komunitas yang protektif, bebas dari kekerasan, dan memiliki kesempatan untuk berkembang seperti anak-anak lainnya.

Baca Juga: Jenis-Jenis dan Cara Menerapkan Tata Tertib di Rumah untuk Anak-anak

Apa Saja Hak Anak di Rumah?

Anak Mendapatkan Pendidikan
Foto: Anak Mendapatkan Pendidikan (showmeinstitute.org)

Jika Moms sedang merencanakan anak pertama, atau sedang membesarkan anak di rumah, maka perhatikan beberapa hak anak di rumah yang wajib orang tua penuhi berdasarkan Konvensi PBB untuk Hak-Hak Anak berikut ini:

1. Hak untuk Mendapatkan Makanan

Hak anak di rumah yang paling penting adalah mendapatkan makanan dan gizi yang optimal.

Makanan tersebut tak hanya harus bergizi, tetapi juga bersih dan sesuai untuknya. Di awal kehidupannya, anak juga berhak mendapatkan ASI eksklusif selama 2 tahun awal kehidupannya.

Moms perlu menyediakan makanan bergizi seperti buah, sayur, daging, keju, dan susu setiap hari untuk anak.

Hindari juga memberikan makanan tidak bernutrisi dan kurang sehat seperti junk food karena ini bisa merusak kesehatannya.

Bahkan jika diperlukan, Moms wajib memberikan anak suplemen vitamin tambahan untuk memaksimalkan perkembangannya sebagai salah satu hak anak di rumah.

2. Hak untuk Mendapatkan Jaminan Kesehatan

Berbagai hak kesehatan juga wajib orang tua berikan untuk anak.

Hak anak di rumah berhak mendapatkan jaminan kesehatan yang meliputi imunisasi, makanan sehat, pemeriksaan gigi setiap 6 bulan sekali, serta pelayanan kesehatan reproduksi remaja.

Anak-anak pun sebaiknya mempelajari kebiasaan kesehatan dan kebersihan yang baik di rumah maupun di sekolah.

Jadi, Moms dan Dads perlu membimbingnya.

3. Hak Mendapat Pendidikan

Pendidikan pertama anak adalah melalui keluarga, namun seiring sudah matang usianya untuk sekolah, maka anak memiliki hak untuk mendapatkan akses pendidikan.

Bahkan urusan pendidikan pun kerap kali sudah direncanakan oleh pasangan suami istri sebelum mereka memutuskan memiliki anak, karena begitu pentingnya pendidikan untuk anak.

Oleh karena itu, sebelum membayangkan romansa pernikahan dan menyenangkannya memiliki momongan, sebaiknya pikirkan dana pendidikan sejak dini untuk memastikan anak memiliki pendidikan yang bagus demi masa depan yang cerah.

Baca Juga: Moms dan Dads Wajib Tahu, Ini Dia 5 Manfaat Disiplin bagi Anak

4. Hak untuk Mendapatkan Perlindungan

Hak anak di rumah selanjutnya adalah mendapat perlindungan, sebagaimana fungsi rumah itu sendiri.

Namun, sebetulnya maksud perlindungan di sini adalah perlindungan dari berbagai macam ancaman, kekerasan baik fisik maupun psikis, serta hal-hal yang membahayakan anak, seperti penculikan, perdagangan orang, atau perang.

Jadi, anak laki-laki maupun perempuan harus mendapatkan bentuk perlindungan yang sama.

Salah satu kekerasan yang kerap anak alami zaman sekarang adalah bullying, dan ini bisa ditemukan di mana saja, bahkan di media sosial atau yang kemudian disebut cyber bullying.

Perundungan atau bullying juga bahkan bisa terjadi di tempat terdekat anak, yakni di rumah seperti dilakukan oleh saudaranya sendiri dan di sekolah.

Di sini orang tua memainkan peran penting untuk melindungi anak dari berbagai macam kekerasan, termasuk bullying sebagai salah satu hak anak di rumah.

Nyatanya, meski terdengar sepele, tetapi bermain juga termasuk hak anak di rumah.

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb