12 Agustus 2022

Hari Remaja Internasional: Sejarah, Tema, dan Inspirasi Kalimat Ucapannya

Hari Remaja Internasional diperingati tanggal 12 Agustus setiap tahunnya
Hari Remaja Internasional: Sejarah, Tema, dan Inspirasi Kalimat Ucapannya

Setiap tanggal 12 Agustus di seluruh dunia diperingati sebagai Hari Remaja Internasional (International Youth Day).

Di hari peringatan tersebut terdapat banyak kegiatan yang dilakukan, seperti konser, lokakarya, acara kebudayaan, dan pertemuan yang melibatkan pejabat pemerintah pusat dan setempat, yang berlangsung di seluruh dunia.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Kenakalan Remaja dengan Bijak

Sejarah Hari Remaja Internasional

Sejarah Hari Remaja Internasional
Foto: Sejarah Hari Remaja Internasional

Foto: anak remaja (freepik.com/drobotdean)

Hari Remaja Internasional dirayakan setiap tahun pada 12 Agustus.

Peringatan pada hari tersebut dimaksudkan sebagai kesempatan bagi pemerintah dan pihak lainnya untuk menarik perhatian tentang isu-isu pemuda atau remaja di seluruh dunia.

Melansir dari laman United Nations, ide hari peringatan ini diusulkan pada tahun 1991 oleh para pemuda yang berkumpul di Wina, Austria, untuk sesi pertama World Youth Forum of the United Nations System.

Forum tersebut merekomendasikan agar Hari Remaja Internasional ditetapkan, terutama untuk tujuan penggalangan dana dan promosi, guna mendukung United Nations Youth Fund atau Dana Pemuda Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam kemitraan dengan organisasi pemuda.

Pada tahun 1998, hasil rekomendasi World Conference of Ministers Responsible for Youth yang diadakan di Lisbon, mengesahkan 12 Agustus sebagai Hari Remaja Internasional dalam resolusi 54/120 Tahun 1999 oleh Majelis Umum PBB .

Selanjutnya, Majelis Umum PBB mempromosikan Program Aksi Dunia untuk Pemuda yang diadopsi oleh resolusi 50/181.

Program ini berisi tentang kegiatan informasi publik untuk dilaksanakan demi mendukung Hari Remaja Internasional.

Dalam Resolusi Dewan Keamanan 2250 tentang Pemuda (9 Desember 2015), Perdamaian, dan Keamanan, dijelaskan bahwa adanya kebutuhan untuk melibatkan para remaja dalam mengatasi permasalahan remaja.

Remaja berperan untuk mempromosikan perdamaian, melawan ekstremisme, dan sebagai mitra penting untuk menemukan solusi dari berbagai permasalahan para remaja saat ini.

Baca Juga: 8 Penyebab Rambut Rontok pada Remaja, Waspadai Gangguan Autoimun!

Tema Hari Remaja Internasional

Tema Hari Remaja Internasional
Foto: Tema Hari Remaja Internasional

Foto: remaja (freepik.com/pressfoto)

Setiap tahunnya, hari peringatan ini memiliki tema yang berbeda-beda, yakni:

  • Tema Hari Remaja Internasional pada tahun 2014 adalah Remaja dan Kesehatan Mental.
  • Untuk tahun 2015, memiliki tema Keterlibatan Remaja dan Masyarakat.
  • Tema Hari Remaja Internasional 2016 adalah “Jalan menuju 2030: Pengentasan Kemiskinan dan Mencapai Konsumsi dan Produksi Berkelanjutan."
  • Untuk tahun 2017, temanya adalah "Remaja Membangun Perdamaian".
  • Tema hari peringatan ini pada 2018 adalah "Ruang Aman untuk Remaja".
  • Untuk tahun 2019, temanya adalah "Alih Ragam (Transformasi) Pendidikan" untuk mewujudkan pendidikan inklusif dan dapat dijangkau untuk semua pemuda.
  • Pada tahun 2020, temanya adalah "Keterlibatan Remaja untuk Tindakan Global".
  • Tema Hari Remaja Internasional 2021 adalah "Transforming Food Systems: Youth Innovation for Human and Planetary Health” atau bisa diartikan sebagai ajakan untuk mengubah sistem pangan, inovasi sebagai remaja untuk kesehatan manusia dan bumi.

Untuk tahun 2022, tema yang digunakan adalah Intergenerational solidarity: Creating a World for All Ages, yang memiliki arti Solidaritas Antargenerasi: Menciptakan Dunia untuk Semua Usia.

Tema ini bertujuan untuk memperkuat pesan bahwa tindakan diperlukan di semua generasi untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan tanpa meninggalkan siapa pun.

Hari Remaja Internasional 2022 juga akan meningkatkan kesadaran tentang hambatan-hambatan tertentu terhadap solidaritas antargenerasi, terutama ageisme (diskriminasi usia), yang berdampak pada orang muda dan tua, yang sementara memiliki efek merugikan pada masyarakat secara keseluruhan.

Baca Juga: Batas Telat Haid pada Remaja, Kapan Moms Perlu Waspada?

Inspirasi Ucapan Hari Remaja Internasional

Inspirasi Ucapan Hari Remaja Internasional
Foto: Inspirasi Ucapan Hari Remaja Internasional

Foto: kumpulan anak remaja (freepik.com/drobotdean)

Untuk memeriahkan peringatan Hari Remaja, Moms dan keluarga dapat menyampaikan rangkaian kata indah dan penyemangat yang bisa dikatakan secara langsung, dikirimkan melalui pesan, atau menjadikannya caption di media sosial.

1. Ucapan Hari Remaja Bahasa Indonesia

Berikut beberapa inspirasi ucapan untuk peringatan Hari Remaja dalam bahasa Indonesia.

  1. Remaja adalah pucuk-pucuk generasi bangsa, maka harus kita jaga dan kita bimbing dengan sepenuh hati. Selamat Hari Remaja Internasional!
  2. Remaja adalah lambang motivasi, energi, dan semangat baru bagi suatu negara. Majulah terus remaja di seluruh dunia! Selamat Hari Remaja Internasional!
  3. Selamat Hari Remaja Internasional tahun 2022, semoga kita menjadi generasi yang mampu membanggakan negara bahkan dunia. Salam Sukses untuk generasi milenial!
  4. Selamat memperingati Hari Remaja Internasional tahun 2022, Semoga para remaja bisa menjadi penerus yang jujur dan berprestasi!
  5. Remaja memiliki peran dalam kemajuan bangsa di segala bidang, mulai dari pendidikan hingga kesehatan masyarakat. Majulah terus para remaja di seluruh dunia! Selamat Hari Remaja Internasional!

Baca Juga: Sinopsis dan Profil Pemain Juvenile Justice, Drama Kriminal tentang Kejahatan Remaja!

2. Ucapan Hari Remaja Bahasa Inggris

Berikut beberapa inspirasi ucapan untuk peringatan Hari Remaja dalam bahasa Inggris.

  1. You can never push ahead in life except if you have faith in your capacities You can never get anything from God in the event that you don’t show any drive. Happy International Youth Day!
  2. Today, we are celebrating all the young at heart, vibrant in mind, and beautiful youths all over the world. Happy International Youth Day!
  3. Preach the message of change to secure the future of our youth today. Happy International Youth Day!
  4. The youths are the legends of tomorrow And they appreciate dependably welcome the saints of today. Happy International Youth Day!
  5. The youth are the youthful firearms of the nation who will convey the new change to lead another changed life for better. Happy International Youth Day!

Demikian ulasan mengenai Hari Remaja, diharapkan dengan adanya hari peringatan tersebut dapat mengurangi sikap ageisme sehingga dapat mencapai tujuan pembangunan bersama.

  • https://www.perpusnas.go.id/directory.php?lang=id&id=Hari%20Penting
  • https://www.un.org/development/desa/youth/news/2022/06/iyd2022-intergenerational-solidarity-creating-a-world-for-all-ages/
  • https://www.un.org/en/observances/youth-day/background
  • https://www.jagranjosh.com/general-knowledge/international-youth-day-quotes-1597192220-1

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb