17 Januari 2018

Hati-Hati, Jangan Sembarang Suntik Vitamin C!

Jangan korbankan kesehatan demi tampil cantik
Hati-Hati, Jangan Sembarang Suntik Vitamin C!

Banyak cara ditempuh kaum hawa agar lebih cantik. Salah satu yang banyak dilakukan adalah suntik vitamin C. Suntik vitamin C pada dasarnya adalah suntikan untuk mendongkrak imunitas tubuh.

Namun, karena vitamin C juga diperlukan agar kulit cantik, belakangan makin banyak klinik menawarkan suntik vitamin C megadosis dengan klaim kulit bisa jadi lebih putih dan cerah.

Pada dasarnya, dalam dosis aman, suntik vitamin C hanya mencerahkan kulit dan mengembalikannya ke warna semula, bukan untuk memutihkan kulit. Warna kulit normal kita adalah warna kulit yang ada di bagian tubuh yang jarang terpapar matahari. Misalnya di bagian dada atau lengan bagian dalam.

Berapa Dosis Vitamin C Yang Tepat Untuk Tubuh?

Dosis yang dianjurkan hanya 90 mg (pria) dan 75 mg (wanita) per hari. Ada ahli berpendapat bahwa dosis vitamin C tidak bisa lebih banyak dari 250-500 mg.

Selain itu, konon tubuh hanya mampu menyimpan/menyerap 1200 mg vitamin C dalam 3 minggu. Vitamin C yang larut dalam air disaring di ginjal dan dibuang melalui air seni. Kelebihan dosis akan dibuang melalui air seni, dan ginjal akan bekerja keras menyaringnya.

Baca Juga : Lengkapi Cantik Anda Dengan Kulit Jeruk

Efek Suntik Vitamin C Tak Sesuai Dosis

Yang perlu diperhatikan adalah bila suntik vitamin C tidak sesuai dosis, bisa timbuk efek samping berbahaya. Efek samping bisa berupa iritasi, perih hebat, sampai reaksi alergi yang bisa menimbulkan kematian. Untuk itu, pasien yang ingin melakukan suntik vitamin C harus mengecek kesehatan dulu untuk mengetahui fungsi ginjalnya.

Efek buruk timbul saat vitamin C yang berlebihan larut dalam air dan disaring ginjal, sedangkan ginjal juga memiliki kapasitas maksimal. Kalau terlalu banyak, bisa terjadi kristalisasi yang dapat menyebabkan batu ginjal sampai gagal ginjal.

Oleh sebab itu, sebaiknya suntik vitamin C dosis tinggi hanya dilakukan untuk jangka pendek karena membebani ginjal.

Selain pemeriksaan sebelum suntik vitamin C, evaluasi setelah penyuntikan juga perlu dilakukan beberapa kali setelah suntik. Pasien diharapkan berhati-hati memilih klinik kecantikan untuk memastikan klinik tersebut menggunakan jasa tenaga ahli yang kompeten. Jangan sampai kesehatan dikorbankan demi kulit cerah yang diidamkan.

(HEI)

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb