ADVERTISEMENT

RUPA-RUPA
17 Agustus 2022

HUT RI ke-77: Tema, Logo, Filosofi Makna, dan Inspirasi Ucapan untuk Memeriahkan Perayaannya!

Mari rayakan ulang tahun kemerdekaan bangsa dengan penuh sukacita!
Artikel ditulis oleh Chrismonica
Disunting oleh Nadila Eldia R

Setelah lepas dari penjajahan, negara Indonesia merdeka sejak 17 Agustus 1945. Tahun ini, Indonesia memperingati HUT RI ke-77.

Perjalanan untuk sampai pada titik ini tentunya tidak mudah, telah dilakukan banyak usaha, hingga pertumpahan darah untuk bisa seperti sekarang ini.

Maka dari itu, sebagai bangsa Indonesia, kita patut untuk selalu memperingati hari bersejarah tersebut sebagai bentuk penghargaan pahlawan di masa lalu yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Sejarah Indonesia, Seru untuk Ditonton!

Tema HUT RI ke-77

Foto: Tema HUT RI ke 77

Foto: tema HUT RI ke-77 (setneg.go.id)

ADVERTISEMENT

Menurut Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, tema besar HUT Kemerdekaan RI ke-77 terinspirasi dari peristiwa yang terjadi selama kurang lebih 2 tahun ke belakang.

Sehingga diberi tema “Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat”.

Tentunya, Moms juga sudah tahu ya Indonesia masih berjuang bersama untuk melawan pandemi COVID-19 yang masih ada di sekitar.

ADVERTISEMENT

Momen ini pastinya membuat Indonesia harus menghadapi tantangan dan ujian.

Lalu, kecemasan sosial, hingga tekanan ekonomi yang cukup berat yang dirasakan oleh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Baca Juga: Serba-serbi Hari Ulang Tahun Jakarta ke-495, Mulai dari Tiket Gratis hingga Pameran Seni!

Namun, di tengah keterpurukan ini, semua elemen bangsa diharapkan dapat bergerak bersama dan gotong royong untuk mewujudkan harapan.

ADVERTISEMENT

Makna ini juga diharapkan dapat membuat pemerintah dan masyarakat bersinergi mencapai percepatan pemulihan kondisi di semua sektor dan siap bangkit kembali.

Hari kemerdekaan tahun ini bertujuan untuk merefleksikan bagaimana nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika mempersatukan bangsa dalam menghadapi tantangan yang ada.

Dasar-dasar negara inilah yang menuntun bangsa untuk bersama pulih lebih cepat agar siap menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat untuk siap membawa Indonesia maju.

Baca Juga: 7+ Promo Ulang Tahun Jakarta ke-495, Banyak Diskon dan Gratisan!

Logo HUT RI ke-77

Foto: Logo HUT RI ke 77

Foto: logo HUT RI ke-77 (setneg.go.id)

ADVERTISEMENT

Scroll untuk melanjutkan

Logo HUT RI ke-77 mencerminkan rasa optimis dari bangsa yang dinamis, bersinergi, tegas, dan lugas.

Sebuah refleksi dari nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang mempersatukan bangsa Indonesia dalam mewujudkan harapan untuk bersama pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat menuju Indonesia maju.

Terdapat 7 filosofi dalam logo HUT RI 77 tahun ini yang akan dibahas berikut ini.

1. Percepatan dan Pergerakan

Bentuk angka 77 menyerupai dua panah ke atas yang melambangkan gerak percepatan dalam memperbaiki kondisi Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

2. Progres dan Pembangunan

Dua garis mendatar membentuk tangga yang mengarah ke atas melambangkan progress dan pembangunan segala sektor di Indonesia.

Baca Juga: 11+ Kota Tertua di Dunia dan Indonesia, Menakjubkan serta Bernilai Sejarah!

3. Demokrasi dan Keterbukaan

ADVERTISEMENT

Bagian atas logo yang terpotong melambangkan keterbukaan bangsa Indonesia dalam perannya di tingkat global untuk bergerak secara bebas dan aktif bersama dalam pemulihan kondisi dunia.

4. Semangat Juang dan Garuda Pancasila

Garis miring dan sudut runcing pada logo, terinspirasi dari bambu runcing dan kepala Garuda Pancasila, melambangkan semangat pejuang untuk bangkit lebih kuat dan tangguh.

5. Sinergi dan Harapan

Dua garis melengkung melambangkan sinergi pemerintah dan masyarakat dalam bergotong royong dan bergerak berdampingan secara fleksibel dan dinamis menuju satu arah, menuju Indonesia Maju.

6. Penghubung antar Bangsa

Sudut penghubung pada logo melambangkan peran Indonesia pada forum G20 dalam mempersatukan suara negara-negara maju untuk berkontribusi menyelesaikan berbagai isu dan tantangan yang dihadapi dunia.

7. Persatuan Indonesia

Siluet angka satu melambangkan semangat persatuan Bhinneka Tunggal.

Ucapan HUT RI ke-77

Foto: 4 lomba 17 agustus unik untuk ibu dan anak hero

Foto: HUT RI ke-77 (Orami Photo Stock)

ADVERTISEMENT

Selain turut berpartisipasi dalam kegiatan saat HUT RI nanti, mengirimkan ucapan atau pesan semangat pada orang terdekat juga bis dilakukan untuk memeriahkan peringatan tersebut.

Beberapa contoh ucapan berikut ini bisa menjadi inspirasi untuk dikirimkan pada kerabat untuk memperingati HUT RI ke-77.

  1. Pada HUT RI ke-77 tahun 2022. Semoga Allah SWT membantu rakyat Indonesia agar semakin merdeka di tanah tumpah darah para leluhur yang memperjuangkan kemerdekaan untuk dipersembahkan kepada generasi masa depan negeri ini.
  2. Dirgahayu Indonesia yang ke-77. Semoga di hari kemerdekaan ini dan kedepannya bangsa kita benar-benar merdeka dalam segala bidang. MERDEKA!
  3. Dirgahayu Indonesia! Semoga kita bisa menjadi bangsa yang terinspirasi sejarah perjuangan kemerdekaan negara kita.
  4. Selamat Hari Kemerdekaan RI yang ke-77 tahun. Semoga bangsa Indonesia semakin maju dan jaya, dan terbebas dari semua bentuk penjajahan. Baik penjajahan politik, penjajahan ekonomi, penjajahan budaya dan lain lain.
  5. Perbedaan itu ada bukan untuk dipermasalahkan, tapi untuk kita rayakan. Tetaplah menjadi satu. Jangan sampai terpecah-pecah. Dirgahayu INDONESIA.
  6. Dirgahayu Indonesia ke-77. Semoga semakin jaya! Mengisi kemerdekaan dengan membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat. Agar tetap bugar dan produktif.
  7. Kemerdekaan ke-77 ini semoga bisa membawa Indonesia ke titik yang lebih baik. Dirgahayu bangsaku, semoga pemimpinnya makin berkualitas dan berkomitmen memajukan negeri!
  8. Stop diskriminasi di Indonesia! Mari rapatkan barisan, bersama menuju Indonesia lebih baik! Mari rayakan HUT RI ke-77 dengan semangat kebersamaan dan kebhinekaan!
  9. Bangkit melawan COVID-19, bangkitlah Indonesiaku! Dirgahayu RI ke-77, mari manfaatkan momentum untuk kembali jadi bangsa kuat dan sejahtera!
  10. Kembali bangun dan kejarlah prestasi pemuda dan pemudi Indonesia! Mari kobarkan semangat perjuangan di momen HUT RI ke-77!

Baca Juga: 18 Museum di Jakarta, Seru untuk Rekreasi dan Juga Edukasi!

Demikian informasi mengenai tema, logo, serta ucapan yang bisa digunakan dalam merayakan HUT RI ke-77.

Nah, menyambut hari kemerdekaan tahun 2022 ini, Orami memberikan promo kemerdekaan dengan diskon menarik. Yuk cek potongan harganya.

  • https://www.setneg.go.id/view/index/peringatan_hari_ulang_tahun_ke_77_kemerdekaan_republik_indonesia_tahun_2022
  • https://setda.kalteng.go.id/data-informasi/detail/kemensetneg-keluarkan-surat-penyampaian-tema-dan-logo-hut-77-ri-ke-instansi-pemerintah-pusat-dan-daerah

Sebelumnya

12 Upaya untuk Mengisi Kemerdekaan, Belajar dan Bekerja yang Baik serta Budayakan Gotong Royong!
Nurul Aulia Ahmad • 17 Agt 2022

Selanjutnya

Sejarah WR Supratman, Pencipta Lagu Indonesia Raya yang Pernah Bekerja Sebagai Wartawan
Nurul Aulia Ahmad • 17 Agt 2022

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

Artikel Terkait
Artikel Pilihan Editor

ADVERTISEMENT