17 May 2018

Ini 6 Makanan yang Harus Ada di Menu Buka Puasa

Kandungan kurma dapat mengembalikan kebutuhan energi yang hilang setelah berpuasa
Ini 6 Makanan yang Harus Ada di Menu Buka Puasa


Selama bulan Ramadan, Moms akan disibukkan dengen menyiapkan berbagai menu sahur dan menu buka puasa. Tak hanya takjil saja, rupanya ada beberapa makanan yang wajib dihidangkan saat berbuka puasa.

Makanan-makanan tersebut tak hanya lezat tetapi juga bermanfaat bagi tubuh baik untuk menunjang kesehatan maupun mengembalikan energi. Inilah sederet menu makanan berbuka puasa wajib tersebut:

Kurma

Buah yang satu ini memang akan selalu populer saat bulan Ramadan, karena rasanya yang memang lezat dan juga praktis dimakan sehingga mudah saja dibawa bepergian.

Tak hanya lezat dan praktis rupanya kurma juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Kandungan gula alaminya sangat bergizi dan dapat mengembalikan kebutuhan energi yang hilang setelah berpuasa. Mengonsumsi kurma juga ampuh untuk menghindari sakit kepala karena gula darah rendah.

Buah-Buahan

Selain membutuhkan buah yang dapat mengembalikan energi seperti kurma, tubuh juga membutuhkan buah terutama yang memiliki kandungan air yang banyak. Mengapa demikian?

Hal ini akan membantu mencegah tubuh terhindar dari dehidrasi karena kurangnya asupan cairan. Buah-buahan juga ampuh untuk mencegah gangguan pencernaan yang mungkin terjadi selama berpuasa.

Baca Juga : 4 Resep Minuman ala Kafe untuk Berbuka Puasa yang Bisa Dibuat di Rumah

Sayur-Sayuran

shutterstock 688076899
Foto: shutterstock 688076899

Tak hanya buah-buahan, tentunya sayur mayur tak kalah penting untuk menjadi menu hidangan berbuka puasa.

Pilihlah sayur yang mengandung banyak vitamin, mineral dan serat karena dapat sangat bermanfaat untuk membantu melancarkan proses pencernaan.

Tak hanya itu, sayur juga rendah kalori sehingga mencegah kenaikan berat badan.

Makanan Hangat

Jangan hanya berfokus pada mengonsumsi takjil yang umumnya adalah minuman dengan es saja ya, Moms. Makanan hangat rupanya juga penting menjadi bagian dari menu berbuka puasa Moms.

Makanan yang hangat ini berfungsi untuk menenangkan perut setelah seharian berpuasa. Sup ayam bisa dijadikan pilihan menu makanan hangat, karena kandungan proteinnya sangat baik bagi tubuh.

Oatmeal

Sebagian besar memang ada yang tak suka langsung mengonsumsi makanan berat saat berbuka puasa. Bila Moms salah satunya, dan bingung kiranya makanan apa yang pas untuk mengganjal perut maka sebaiknya pilih oatmeal.

Oatmeal memang tentunya dapat memberikann efek kenyang yang lama, dan juga dapat dipadukan dengan berbagai macam topping dar mulai buah-buahan segar, madu hingga granola yang mana semuanya akan sangat baik untuk pencernaan Moms.

Air Mineral

shutterstock 400659769
Foto: shutterstock 400659769

Memang bukan menu makanan, namun biasanya bila sudah bertemu dengan minuman yang segar biasanya seseorang kerap melupakan air mineral, padahal hal ini amat penting.

Air mineral memiliki peranan besar dalam menghindarkan tubuh dari dehidrasi. Konsumsilah air mineral sebanyak-banyak saat berbuka dan sahur.

Jadi, jangan lupakan keenam makanan ini untuk masuk ke dalam menu buka puasa Moms ya, agar selalu sehat selama bulan Ramadan.

(MDP)

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb