21 September 2018

Ini Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi Saat Kehamilan

Kolesterol tinggi selama kehamilan dapat menyebabkan hipertensi yang diinduksi kehamilan
Ini Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi Saat Kehamilan


Kolesterol merupakan zat lilin yang ditemukan secara alami di dalam darah. Sebagian besar diproduksi di hati, tetapi juga ditemukan dalam makanan seperti daging merah, keju lemak tinggi, mentega dan telur.

Kolesterol sangat penting untuk menjaga kesehatan yang baik dan hanya menjadi masalah ketika tingkat dalam darah terlalu tinggi.

Peningkatan kolesterol adalah masalah umum dan faktor risiko dalam perkembangan penyakit jantung koroner, namun diet dan gaya hidup sehat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan secara signifikan akan mengurangi risiko.

Lalu bagaimanakah bila kolesterol tinggi terjadi pada ibu hamil? Bagaimana cara mengatasi kolesterol tinggi saat kehamilan?

Baca Juga : Waspada, Ini 6 Penyebab Keguguran Berulang

Kolesterol Saat Hamil

shutterstock 431039377
Foto: shutterstock 431039377

Kadar kolesterol yang cukup tinggi selama kehamilan diperlukan untuk membuat hormon steroid, seperti estrogen dan progesteron, yang penting untuk menjaga kesehatan janin selama masa kehamilan.

Janin yang sedang tumbuh menggunakan kolesterol pada tingkat tinggi untuk perkembangan otak dan anggota tubuh yang sehat.

Pada masa kehamilan, Ibu, plasenta dan janin memiliki enzim spesifik untuk mengubah dan mengubah kolesterol menjadi hormon fungsional."

Kadar kolesterol meningkat secara alami selama trimester kedua, puncaknya selama sepertiga dan biasanya kembali ke normal sekitar empat minggu setelah melahirkan.

Kebanyakan ahli jantung merekomendasikan bahwa kadar LDL yang buruk kurang dari 100 mg / dL dan kolesterol HDL yang baik harus lebih dari 60 mg / dL.

Ketika seorang perempuan sedang hamil, kadar kolesterolnya meningkat 25 hingga 50 persen, dan tingkat HDL tampaknya meningkat lebih banyak.

Baca Juga : Kolesterol Tinggi? Ini Makanan yang Perlu Dikonsumsi dan Dihindari

Mengatasi Kolesterol Tinggi Saat Kehamilan

shutterstock 523619266
Foto: shutterstock 523619266

Pengobatan kolesterol pada ibu hamil tidak secara aktif, kecuali ada kekhawatiran ekstrim untuk risiko kardiovaskular.

Hal ini dikarenakan banyaknya potensi yang dapat menyebabkan gangguan pada janin, sehingga segala jenis tindakan harus benar-benar dipertimbangkan.

Kolesterol tinggi selama kehamilan dapat menyebabkan hipertensi yang diinduksi kehamilan, yang dapat mengancam kehidupan baik ibu dan anak. Kolesterol rendah dapat menyebabkan persalinan prematur dan berat badan lahir rendah.

Penelitian menunjukkan bahwa kolesterol tinggi memiliki pengaruh buruk pada janin, baik di dalam rahim dan di kemudian hari.

Contohnya ketika anak-anak yang ibunya memiliki kolesterol tinggi sebelum hamil lima kali lebih mungkin memiliki kolesterol tinggi saat dewasa. Dalam kondisi normal, dokter mungkin meresepkan statin untuk menurunkan kadar kolesterol.

Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa obat-obatan penurun kolesterol ini terhubung dengan kelainan pada perkembangan fisiologis bayi.

Bagi perempuan yang memiliki kadar kolesterol tinggi, ada potensi untuk menggunakan resin pengikat asam empedu untuk mengurangi kolesterol.

Namun perempuan yang menggunakan obat-obatan ini cenderung mengeluhkan masalah gastrointestinal yang parah.

Sebaliknya, cara terbaik untuk menjaga kadar kolesterol yang sehat selama kehamilan adalah makan makanan seimbang dengan buah-buahan, sayuran, serat, hindari lemak jenuh dan berolahraga pada tingkat yang normal.

Perlu diingat bahwa tubuh hanya membutuhkan sekitar 300 kalori tambahan per hari untuk menjaga kesehatan Moms dan bayi.

(MDP)

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb