ADVERTISEMENT

NEWBORN
28 Juni 2022

Ini Jam Tidur Bayi 3 Bulan, Moms Wajib Tahu!

Perlahan tapi pasti, jam tidur Si Kecil terus mengalami perubahan
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bayi yang memasuki usia 3 bulan terus berubah. Si Kecil tidak hanya menambah popok basah dan pakaian kotor dengan cepat, tapi kebutuhan tidurnya juga ikut berkembang. Termasuk jam tidur bayi 3 bulan pun ikut berubah.

Moms juga mungkin bertanya-tanya, apakah jam tidur bayi 3 bulan sudah sesuai agar bayi mendapatkan istirahat yang dibutuhkan atau tidak.

Meskipun bayi usia 3 bulan belum memiliki jam tidur rutin yang bisa diprediksi, Moms mungkin mulai memperhatikan pola yang terlihat seperti jumlah tidur siangnya, berapa banyak waktu yang dihabiskannya untuk tidur, dan kapan bayi cenderung bangun dan ketiduran.

Meski begitu, rutinitas harian bayi akan terus berubah di bulan ini.

Bayi usia 3 bulan harus lebih sering tidur daripada terjaga, karena akan berpengaruh pada jam tidur malamnya.

“Mereka akhirnya kelelahan, dan kemudian mereka lebih sulit untuk tidur saat masuk waktu tidur, mereka lebih rentan terhadap bangun dalam semalam, dan mereka lebih rentan terhadap hal itu saat pagi hari dimulai,” kata Hannah Peterson seorang perawat anak dan pemilik-operator Dream Baby Sleep Consulting.

Baca Juga: Berapa Lama Waktu Tidur Bagi Bayi 1-3 Bulan?

ADVERTISEMENT

Jam Tidur Bayi 3 Bulan

Foto: Jam Tidur Bayi 3 Bulan -1

Foto: Orami Photo Stock

ADVERTISEMENT

Menurut sebuah studi di National Institutes of Health setiap bayi akan membutuhkan waktu tidur yang berbeda, tetapi bayi usia 3 bulan pada umumnya membutuhkan antara 14 hingga 17 jam tidur dalam periode 24 jam, termasuk tiga hingga empat tidur siang dengan total empat hingga enam jam.

Namun, meski bayi jam tidur bayi 3 bulan kurang dari itu, hal tersebut masih dalam tahapan normal. Bayi mungkin tidur lebih lama di malam hari, mungkin lima jam atau bahkan lebih pada satu waktu, dilansir Sleep Foundation.

Namun, jangan panik jika si kecil bangun lebih sering karena beberapa bayi masih bangun untuk menyusu setiap beberapa jam pada tahap ini. dengan melihat kebiasaannya, Moms bisa sedikit menggambarkan jadwal tidur bayi saat berusia 3 bulan ini.

Dikutip dari National Library of Medicine bayi usia 3 bulan juga membutuhkan tidur siang beberapa jam. Hal ini salah satunya berkaitan dengan kemampuan otak untuk menguatkan ingatan karena dapat melindungi ingatan yang rapuh dari gangguan rangsangan.

ADVERTISEMENT

Baca Juga: Tips Memilih Baju Tidur Si Kecil

Tips Tidur untuk Bayi Usia 3 Bulan

Foto: Jam Tidur Bayi 3 Bulan -2

Foto: Orami Photo Stock

Bayi masih terlalu kecil untuk memiliki siklus jam tidur bayi 3 bulan. Ada beberapa hal yang biasa dilakukan bayi saat tidur yang mungkin akan membuat Moms khawatir. Misalnya geraka-gerakannya saat tidur yang dikhawatirkan akan mengganggu kualitas tidurnya.

Moms mungkin akan melihat bayi tersenyum melakukan gerakan mengisap, bergerak-gerak, dan segala macam gerakan. Sebenarnya ini adalah hal yang normal dan tidak terlalu mengganggu jam tidur bayi 3 bulan. Namun, jika bayi menangis selama beberapa menit, inilah waktunya untuk memeriksanya.

Banyak bayi akan menunjukkan tanda-tanda kelelahan tertentu seperti rewel, menangis, menarik-narik bagian tubuh, menguap dan menggosok mata. Menempatkan bayi ke dalam boks saat Si Kecil menunjukkan tanda-tanda ini biasanya memungkinkannya untuk tertidur lebih cepat. Ini juga mulai membentuk rutinitas waktu tidur, menurut Cleveland Clinic.

ADVERTISEMENT

Ada beberapa tips untuk membantu bayi memiliki waktu tidur yang berkualitas.

  • Bermain dengan bayi sepanjang hari. Menurut Sleep.Org , meskipun bayi Moms yang berusia 3 bulan masih menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur siang, bermain dengannya saat bangun akan membantunya belajar membedakan waktu siang dan malam.
  • Patuhi rutinitas. Rutinitas tidur yang menenangkan dan konsisten seperti memandikan dengan air hangat, mendengarkan musik, dan membaca buku bisa menjadi tanda bagi bayi untuk memasuki waktu tidur.
  • Amati kecenderungan tidur bayi. Si Kecil sekarang mungkin memiliki waktu tidur yang lebih disukai. Untuk membantunya menenangkan diri, usahakan untuk memulai rutinitasnya 30 menit atau lebih sebelum waktu itu.
  • Coba menidurkan bayi saat terlihat mengantuk. Menempatkan bayi di boksnya saat terlihat mulai mengantuk akan membantunya belajar bagaimana untuk tertidur sendiri, dilansir MayoClinic.
  • Tempatkan bayi untuk tidur di tempat yang sama. Terkadang, bayi akan tertidur saat dalam perjalanan, tetapi selama di rumah cobalah untuk menempatkannya tidur di tempat tidurnya.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kualitas Tidur Bayi

Masalah Tidur Bayi Usia 3 Bulan

Foto: Jam Tidur Bayi 3 Bulan -3 (Mountain View Sleep)

Foto: Orami Photo Stock

Masalah tidur bisa saja terjadi meski Moms merasa telah melakukan segala sesuatu dengan ‘benar’. Tentu saja, rasa lapar bukanlah satu-satunya alasan bayi terbangun di malam hari. Dalam 3 bulan, bayi masih belum memiliki kemampuan untuk menenangkan diri; sistem saraf parasimpatisnya belum cukup memadai.

“Orang tua baru dapat mulai merasa putus asa pada tahap ini, mencoba taktik apa pun untuk mengembalikan bayi ke tempat tidur. Cobalah untuk tetap pada rutinitas tidur normal dan jangan menciptakan kebiasaan buruk kecuali Anda ingin hal itu menjadi normal baru di masa depan,” jelas Hannah.

ADVERTISEMENT

Ini adalah beberapa masalah tidur pada bayi berusia 3 bulan yang umum terjadi yang bisa saja membuat bayi kekurangan waktu istirahat.

  • Bayi tidak kembali tidur. Saat Moms memasuki kamar bayi untuk menyusui atau mengganti popok basahnya pada malam hari, terkadang Si Kecil tidak kembali tidur. Untuk mengatasinya, Moms bisa mematikan lampu dan minimalkan rangsangan agar bayi mudah kembali tertidur.
  • Bayi kesulitan tidur sendiri. Teruskan menidurkan saat mulai terlihat mengantuk. Menggendong atau mengayunnya sampai tertidur dapat membuatnya lebih sulit untuk belajar kembali tidur sendiri jika terbangun di malam hari.
  • Bayi sering rewel di malam hari. Tunggu beberapa menit sebelum merespons tangisannya dan lihat apakah bayi bisa kembali tidur sendiri. Jika tidak, periksa popoknya tetapi jangan menyalakan lampu. Rewel yang terus-menerus mungkin merupakan tanda lapar, perlu ganti popok, atau tidak enak badan.
  • Bayi tidak ingin tidur. Bangun malam yang lebih sering dan sulit tidur mungkin mengindikasikan regresi tidur pada bayi. Meskipun regresi tidur dapat terjadi kapan saja, regresi tidur pertama bayi sering terjadi antara usia 3 dan 4 bulan.
  • Menyusui yang konstan. Pada usia 3 bulan, bayi mungkin masih perlu menyusu sekali atau dua kali di malam hari. Pastikan bayi banyak menyusu di siang hari dan dorong untuk lebih banyak menyusu sebelum tidur.
  • Sakit gigi membuat bayi terjaga semalaman. Beberapa bayi menunjukkan tanda-tanda tumbuh gigi sejak 2 hingga 3 bulan. Jika Moms curiga bayi sedang tumbuh gigi, patuhi rutinitas waktu tidur dan cobalah untuk menenangkannya dengan menepuk punggungnya atau menyanyikan lagu pengantar tidur.

Memenuhi kebutuhan jam tidur bayi 3 bulan memang menjadi tantangan tersendiri. Segera temukan pola tidur Si Kecil untuk membantu menjalankan rutinitas tidurnya.

Untuk memastikan Si Kecil tumbuh dan berkembang sesuai usianya, Moms bisa pantau tinggi dan berat badannya dengan fitur Growth Tracker di Orami App!

ada fitur Growth Tracker ini, Moms dapat mengetahui apakah berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala Si Kecil tetap berada dalam batas yang normal, atau justru berisiko dan perlu berkonsultasi ke dokter.

Yuk, coba fiturnya dengan meng-klik gambar di bawah ini, ya!

Sebelumnya

Dwarfisme, Kondisi Tubuh Pendek Karena Pengaruh Genetik atau Masalah Hormon
Nurul Aulia Ahmad • 27 Jun 2022

Selanjutnya

Posisi Bayi 2 Bulan di Stroller yang Benar, Moms Harus Tahu!
Defara Millenia • 29 Jun 2022

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

Artikel Terkait
Artikel Pilihan Editor

ADVERTISEMENT