22 Maret 2019

Kapan Waktu Tepat untuk Mengganti Sikat Gigi Anak?

Jangan sampai lupa untuk rutin mengganti sikat gigi
Kapan Waktu Tepat untuk Mengganti Sikat Gigi Anak?

Apakah Moms ingat, sudah berapa lama sikat gigi dipakai oleh Si Kecil? Kapan terakhir kali Anda mengganti sikat giginya? 

Menurut rekomendasi ADA American Dental Association sebaiknya setiap 3-4 bulan sekali, setiap orang mengganti sikat gigi yang digunakan.

Kondisi ini dipengaruhi oleh frekuensi pemakaian sikat gigi dan tingkatan tekanan saat menyikat gigi.

Semakin besar frekuensi pemakaian sikat gigi dan besarnya tekanan saat menyikat gigi, mempengaruhi kondisi bulu sikat menjadi mudah patah.

Apabila kondisi bulu sikat sudah tidak baik lagi, sebaiknya Moms segera mengganti sikat gigi.

Baca Juga : Yuk, Ketahui 5 Penyebab Gigi Berlubang Pada Anak

Hal ini dikarenakan sikat gigi memiliki peranan penting dalam kesehatan gigi yaitu membantu menghilangkan sisa makanan yang menempel di permukaan maupun di antara gigi serta sangat efektif untuk membantu menghilangkan plak.

Hal lain juga yang harus diperhatikan terutama sikat gigi pada anak yakni masih sesuaikah ukuran dari sikat gigi yang digunakan dengan usia anak. Selain itu bulu sikat harus dalam keadaan yang baik dan tidak mudah patah.

Karena seringkali anak-anak mempunyai kebiasaan menggigit sikat gigi atau menyikat gigi terlampau keras sehingga menyebabkan waktu untuk mengganti sikat gigi relatif lebih pendek yaitu kurang dari 3-4 bulan.

Baca Juga: Yuk Kenali 3 Tahapan Tumbuh Kembang Gigi Anak!

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Merawat Sikat Gigi

shutterstock 46404121
Foto: shutterstock 46404121

1. Jangan berbagi sikat gigi Anda dengan orang lain

Berbagi sikat gigi atau bertukar sikat gigi dengan orang lain (bahkan anak Moms sekalipun), dapat menyebabkan perpindahan cairan tubuh atau mikroorganisme yang ada di mulut satu sama lain dan meningkatkan kemungkinan terjadinya risiko infeksi.

2. Bersihkan sikat gigi dengan air mengalir

Menurut ADA selalu membersihkan sikat gigi yang telah digunakan dengan air mengalir. Hal ini bertujuan untuk membersihkan sisa pasta gigi, sisa makanan maupun saliva (air liur) yang menempel di permukaan sikat.

3. Letakkan sikat gigi di tempat terbuka

Meletakkan sikat gigi anak pada tempat terbuka yang bersih dan hindari meletakkan pada tempat tertutup. Hal ini dikarenakan, bagian tertutup tersebut berpotensi menumbuhkan bakteri pada bulu sikat.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mengatasi Bau Mulut Pada Anak

4. Letakkan sikat gigi secara vertikal

Meletakkan sikat gigi yang telah digunakan dengan posisi vertikal dengan bulu sikat pada bagian atas untuk memudahkan pengeringan bulu sikat.

Jadi, seberapa sering mengganti sikat gigi anak kembali kepada kebiasaan yang kita lakukan dan selalu melihat kondisi sikat gigi, agar kualitas kebersihan dan kesehatan gigi tetap terjaga.

Oleh : drg. Annisa Shabrina

Sumber : Kejora Indonesia

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb