05 Juli 2022

Mengenal Kurikulum Merdeka Belajar dan Apa yang Harus Orang Tua Persiapkan

Kurikulum ini mulai diterapkan di tahun ajaran 2022/2023
Mengenal Kurikulum Merdeka Belajar dan Apa yang Harus Orang Tua Persiapkan

Foto: freepik.com/gpointstudio

Moms sudah tahu belum untuk tahun ajaran 2022/2023 pemerintah akan menerapkan sistem belajar yang dikenal dengan Kurikulum Merdeka Belajar.

Kebijakan ini dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) dalam pengembangan Kurikulum Merdeka dalam rangka pemulihan pembelajaran selama 2022-2024.

Melansir dari Kemdikbud, kondisi COVID-19 menyebabkan banyaknya kendala dalam proses pembelajaran di satuan pendidikan sekaligus memberikan dampak cukup signifikan.

Kurikulum Merdeka sendiri merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang cukup beragam dan juga lebih optimal dengan tujuan agar peserta didik memiliki waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan jiwa kompetensi.

Yuk Moms simak di sini selengkapnya!

Baca Juga: Pengumuman SBMPTN 2022: Cara Cek Skor, Link Alternatif, dan Lain-Lain!

Apa Itu Kurikulum Merdeka?

sekolahanak2
Foto: sekolahanak2

Foto ilustrasi sekolah (Sumber: Orami Photo Stock)

Menurut Buku Saku Kurikulum Merdeka, Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam, di mana konten belajar akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk menguatkan kompetensi.

Selain itu, guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhkan belajar dan minat peserta didik.

Sementara itu, menurut Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek, pengertian Kurikulum Merdeka adalah kurikulum berfokus pada materi yang

esensial dan pada pengembangan karakter Profil Pelajar Pancasila.

Kurikulum Merdeka dirancang untuk memberi fleksibilitas bagi satuan pendidikan untuk membuat kurikulum operasional satuan pendidikan yang kontekstual, agar pembelajaran yang diterapkan sesuai dengan kebutuhan belajar murid.

Artinya para peserta didik baik siswa maupun mahasiswa bisa memilih pelajaran apa saja yang diinginkan sesuai dengan bakat dan minatnya.

Kurikulum ini diluncurkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim pada Februari 2022 sebagai bentuk evaluasi perbaikan Kurikulum 2013.

Baca Juga: 20 Jalur Mandiri PTN Seluruh Indonesia, Lengkap Link Pendaftaran!

Pembaharuan kurikulum ini juga diharapkan sebagai upaya pemerintah untuk melahirkan generasi penerus yang lebih kompeten di bidangnya.

Sebagai informasi, Kurikulum Merdeka juga diartikan sebagai Kurikulum Prototipe yaitu bentuk sederhana dari Kurikulum 2013 dengan sistem belajar berbasis proyek.

Mulanya sistem pembelajaran Kurikulum Prototipe ini sudah diuji coba di 2500 sekolah penggerak dan SMK Pusat Keunggulan di Indonesia.

Hasilnya kurikulum baru ini lebih maju dibanding Kurikulum 2013. Hal inilah yang mendorong pemerintah untuk menerapkan Kurikulum Prototipe ke depannya.

Tujuan Kurikulum Prototipe ini berbasis digital di Indonesia, lho Moms!

Baca Juga: Aturan Lengkap PPDB Jakarta Kategori Paud dan SD, Catat!

Persiapan Orang Tua untuk Kurikulum Merdeka

Kembali Belajar di Sekolah, Ini Persiapan Masuk Sekolah Saat New Normal.jpg
Foto: Kembali Belajar di Sekolah, Ini Persiapan Masuk Sekolah Saat New Normal.jpg

Foto ilustrasi orang tua dan anak di sekolah (Sumber: Orami Photo Stock)

Penerapan kurikulum yang baru tentunya tidak hanya berdampak bagi peserta didik saja, lho Moms. Sebagai orang tua ada hal yang perlu disiapkan untuk menyambut metode pembelajaran yang baru ini.

Menurut Buku Saku Kurikulum Merdeka, dukungan orang tua menjadi salah satu kunci keberhasilan penerapan Kurikulum Merdeka.

Secara konkret, orang tua bisa menjadi teman sekaligus pendamping belajar bagi anak serta memahami kompetensi yang perlu dicapai anak pada fasenya.

Moms bisa mengakses buku-buku teks yang digunakan dalam Kurikulum Merdeka melalui buku.kemdikbud.go.id.

Kemendikbudristek mengatakan bahwa akan menghadirkan dan menyediakan buku-buku yang lebih asik, tidak terlalu padat, dan lebih banyak ilustrasi menarik dengan tema yang menyentuh dan relevan.

Hal ini diharapkan dapat memudahkan orang tua sebagai pendamping anak dalam belajar.

Baca Juga: 5 Rekomendasi TK di Depok, Ada Sekolah Islam hingga Sekolah Internasional!

Konsep Kurikulum Merdeka

sekolah anak artis-5-2
Foto: sekolah anak artis-5-2 (kinderfielddepok.sch.id)

Foto ilustrasi anak sekolah (Sumber: Orami Photo Stock)

Konsep utama dari Kurikulum Merdeka adalah proses pembelajaran yang mengacu pada bakat dan minat untuk mengembangkan jiwa kompetensi peserta didik.

Melansir dari buku Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran, ada beberapa konsep lainnya yang akan diterapkan oleh Kurikulum Merdeka, yakni:

1. Sederhana, Mudah Dipahami, dan Diimplementasikan

Prinsip ini dirancang dengan cara sederhana dengan maksud pembelajaran akan lebih mudah dipahami dan diimplementasikan.

Rancangan kurikulum yang lebih sederhana bagi peserta didik diharapkan akan lebih mudah dimengerti sekaligus lebih menarik dalam proses pembelajarannya.

Baca Juga: 7 Sekolah TK di Jakarta Barat, Ada Sekolah Katolik, Kristen, dan Islam!

2. Fokus pada Kompetensi dan Karakter Semua Peserta Didik

Istilah fokus memiliki makna dengan memusatkan perhatian pada materi pelajaran atau konten pembelajaran yang lebih sedikit jumlahnya.

Hal ini diterapkan agar pembelajran dapat lebih mendalam dan lebih berkualitas. Kurikulum Merdeka juga melanjutkan cita-cita kurikulum sebelumnya untuk berfokus pada pengembangan kompetensi dan karakter

3. Fleksibel

Fleksibilitas berkaitan dengan otonomi dan kemerdekaan guru dan peserta didik dalam mengendalikan proses pembelajaran.

Dalam artian, fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi dengan kemampuan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan muatan lokal.

Nah itu dia Moms informasi seputar Kurikulum Merdeka yang akan diterapkan di tahun ajaran 2022/2023 persiapkan diri sebagai orang tua, ya Moms!

  • https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/detail-ikm/
  • https://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/download/kurikulum-merdeka/Kajian%20Akademik%20Kurikulum%20untuk%20Pemulihan%20Pembelajaran%20(2).pdf
  • https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/unduhan/bukusaku.pdf

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb