07 Juni 2020

5 Makanan Khas Jerman yang Kaya Cita Rasa, Moms Pernah Coba?

Jerman dikenal dengan ragam sosisnya yang lezat!
5 Makanan Khas Jerman yang Kaya Cita Rasa, Moms Pernah Coba?

Makanan khas Jerman tidak hanya sekadar dari sosis buatan mereka yang lezat. Jerman memiliki banyak kuliner khas yang kaya cita rasa, nikmat, dan tentunya sedap.

Jerman tidak hanya menyajikan banyak restoran mewah, tetapi juga pusat ragam bir, festival anggur, dan museum makanan dengan varian rasa menarik. Berikut ini beberapa makanan khas Jerman yang patut dicoba.

Makanan Khas Jerman

Sebagian besar dari hidangan khas Jerman ini melibatkan daging sebagai bahan utamanya. Mengutip Expatica, berikut ini daftar kuliner khas dari Jerman yang menggugah selera.

Baca Juga: 6 Makanan Khas Jawa yang Paling Terkenal Enaknya

1. Wurst

makanan khas Jerman-wurst.jpg
Foto: makanan khas Jerman-wurst.jpg (seriouseats.com)

Foto: seriouseats.com

Diperkirakan ada 1.500 varietas sosis di Jerman, masing-masing dengan persiapan, bahan, dan campuran rempah-rempah yang unik. Jika berkunjung ke Jerman, banyak kios-kios jalanan yang menjual sosis.

Salah satu jenis sosis yang paling populer adalah Bratwurst, sosis goreng yang dibuat dari daging sapi muda, sapi, atau babi.

Beberapa jenis lainnya termasuk Wiener (Wina), dan sosis darah (Blutwurst dan Schwarzwurst). Bahkan di beberapa daerah Jerman memiliki jenis sosisnya sendiri. Seperti Currywurst Berlin yang disajikan dengan saus kari.

2. Rouladen

makanan khas Jerman-rouladen.jpg
Foto: makanan khas Jerman-rouladen.jpg (travellobsters.com)

Foto: travellobsters.com

Di Indonesia, Moms mungkin mengenal nama makanan rolade. Rouladen juga merupakan makanan khas Jerman yang terdiri dari bacon, bawang, mustard, dan acar yang dibungkus dengan daging sapi tipis atau daging sapi muda.

Rouladen juga dianggap sebagai masakan tradisional khas Polandia. Biasanya, Rouladen disajikan beserta dengan pangsit, kentang tumbuk, Blaukraut (kol merah yang dimasak), dan saus anggur merah.

Baca Juga: 6 Makanan Khas Italia yang Tak Kalah Lezat Selain Pizza

3. Käsespätzle

makanan khas Jerman-Käsespätzle.jpg
Foto: makanan khas Jerman-Käsespätzle.jpg (daringgourmet.com)

Foto: daringgourmet.com

Ini merupakan menu khas yang menyajikan mie sebagai bahan utamanya. Käsespätzle merupakan mie telur lembut yang terbuat dari tepung terigu dan telur dan ditaburi dengan keju (Käsespätzle) dan bawang panggang.

Spätzle sering disajikan dengan hidangan daging dan saus. Di beberapa daerah di Jerman, mie telur ini juga dicampur bahan-bahan lain seperti ceri (Kirschspätzle), apel (Apfelspätzle), hati (Leberspätzle), bahkan bir.

4. Brezel

makanan khas Jerman-Bruzel.jpg
Foto: makanan khas Jerman-Bruzel.jpg (iamafoodblog.com)

Foto: iamafoodblog.com

Brezel atau pretzel sangat enak dimakan sebagai lauk atau camilan, brezel merupakan jenis kue kering yang dibuat dari adonan yang biasanya berbentuk simpul. Orang Jerman biasanya makan camilan ini dengan bir.

Biasanya makanan khas Jerman ini ditaburi dengan garam. Tetapi, ada juga taburan lainnya seperti keju, gula, cokelat, kayu manis, dan ragam biji-bijian yang berbeda.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Turki Ini Rasanya Sungguh Menggoda!

5. Apfelstrudel

makanan khas Jerman-Apfelstrudel.jpg
Foto: makanan khas Jerman-Apfelstrudel.jpg (uchicagopalate)

Foto: uchicagopalate.wordpress.com

Apfelstrudel, atau apel strudel merupakan salah satu hidangan penutup nasional Austria. Tetapi, Jerman telah mengadopsinya menjadi masakan lokalnya.

Apfelstrudel terbuat dari kue mentega yang diisi apel, dibumbui gula, kayu manis, dan kismis. Hidangan ini populer di abad ke-18. Cita rasa yang khas rempah dan aroma manis menjadikan makanan ini favorit banyak orang.

Nah, itu dia Moms daftar makanan khas Jerman. Tertarik untuk membuat atau mencobanya?

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb