25 Maret 2022

5+ Manfaat Ekstrak Kolostrum untuk Kulit Bayi, Bisa Mencegah Ruam Popok!

Manfaat ekstrak kolostrum ternyata tidak hanya untuk kulit, lho, Moms
5+ Manfaat Ekstrak Kolostrum untuk Kulit Bayi, Bisa Mencegah Ruam Popok!

Moms, ternyata sangat banyak, lho, manfaat ekstrak kolostrum untuk kulit bayi. Apakah Moms pernah mendengar kolostrum?

Kolostrum adalah cairan susu pertama yang dihasilkan oleh ibu setelah melahirkan. Cairan ini tidak hanya dihasilkan oleh ibu saja, lho, Moms, melainkan hewan mamalia lainnya salah satunya adalah sapi.

Salah satu manfaat ekstrak kolostrum untuk kulit bayi adalah mencegah kerusakan kulit. Seperti yang Moms ketahui, kulit bayi terutama bayi baru lahir memiliki lapisan yang lebih tipis sehingga berisiko untuk kerusakan.

Berdasarkan artikel jurnal Current Research in Nutrition and Food Science, kolostrum sangat kaya akan nutrisi, termasuk antibodi yang mendukung sistem kekebalan bayi.

Sama halnya seperti dilansir dari Medical News Today, manfaat kolostrum terutama kolostrum dari sapi sangat baik khususnya bayi yang lahir prematur, karena dapat meningkatkan kesehatan bayi prematur apabila mereka tidak dapat menyusui.

Baca Juga: Memiliki Banyak Manfaat untuk Si Keci, Ini 5 Ciri ASI Berkualitas

Apa Itu Kolostrum?

7 Manfaat Kolostrum bagi Bayi, Luar Biasa!
Foto: 7 Manfaat Kolostrum bagi Bayi, Luar Biasa!

Foto: Orami Photo Stocks

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, kolostrum adalah cairan susu yang dikeluarkan oleh hewan mamalia termasuk manusia.

Kolostrum adalah sumber nutrisi penting yang mendorong pertumbuhan guna melawan penyakit pada bayi. Tapi tidak menutup kemungkinan bisa dikonsumsi seiring Si Kecil tumbuh dan berkembang.

Dilansir dari Healthline, kolostrum sapi sangat mirip dengan kolostrum manusia. Kemudian pada dasarnya kandungan ini memiliki kaya vitamin, mineral, lemak, karbohidrat, protein untuk menangkal penyakit, membantu hormon pertumbuhan, dan enzim pencernaan.

Untuk kolostrum yang dibentuk menjadi suplemen dari sapi, tentunya melalui proses seperti dipasteurisasi dan dikeringkan sehingga bisa dibentuk menjadi pil atau bubuk yang dapat dicampur dengan air.

Kolostrum sapi dan manusia biasanya memiliki warna lebih kuning kemudian rasa dan baunya lebih halus menyerupai mentega. Sehingga dapat dikatakan kolostrum berbeda dengan ASI pada umumnya.

"ASI awal namanya kolostrum. Kolostrum lebih tinggi protein dan warna lebih kuning," jelas dr. Arini Widodo, SpKK dalam acara bertajuk "Yang Pertama Yang Berharga" yang digelar oleh Pure Baby pada Kamis, 17 Maret 2022.

Manfaat Ekstrak Kolostrum untuk Kulit Bayi

krim-ruam-popok.jpg
Foto: krim-ruam-popok.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Tidak hanya untuk kulit, kolostrum juga baik untuk menjaga kesehatan bayi secara menyeluruh. Yuk, Moms intip apa saja manfaatnya.

1. Mempermudah Penyembuhan Luka pada Kulit

Tentunya Moms tidak bisa mencegah atau menghindari Si Kecil dari luka karena luka pasti akan didapatkan seiring bertambahnya usia. Dengan mengonsumsi kolostrum sejak bayi, dapat membantu mempercepat peyembuhan luka.

"Kulit bayi lebih sensitif sehingga dengan menggunakan ekstrak kolostrum, akan membantu memperbaiki barrier kulit," jelas dr. Arini.

2. Mencegah Eksim

Manfaat ekstrak kolostrum untuk kulit bayi lainnya adalah mencegah eksim. Eksim merupakan salah satu masalah kulit umum yang sering dialami siapa saja termasuk bayi. Bayi memiliki kulit sensitif yang mudah kering sehingga berisiko terhadap eksim.

Pemberian kolostrum dapat meringankan kondisi eksim pada bayi. Moms bisa melakukannya dengan meneteskan kolostrum ke area eksim dengan kapas halus.

Tidak jarang eksim pada bayi juga bisa sembuh secara sendirinya namun hal ini tergantung dari tingkat keparahan.

Baca Juga: 13 Obat Biang Keringat pada Bayi untuk Atasi Masalah Kulit Si Kecil

3. Mengobati Ruam

Bayi yang menggunakan popok berpotensi terhadap ruam kulit sehingga tidak jarang kulit menjadi merah dan teriritasi akibat popok. Kolostrum dapat membantu menenangkan kulit bayi dan mengobati ruam untuk mencegahnya semakin menyebar.

Tentunya jika ruam tidak kunjung sembuh setelah diberikan berbagai produk khusus bayi, Moms perlu konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan perhatian medis.

Manfaat Ekstrak Kolostrum untuk Kesehatan

5 Cara Memaksimalkan Sistem Imun Bayi.jpg
Foto: 5 Cara Memaksimalkan Sistem Imun Bayi.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

4. Mendukung Nutrisi Awal

Kolostrum adalah makanan pertama bayi, dengan memberikan kolostrum, sama artinya dengan memberikan hidrasi, protein, dan nutrisi sesaat setelah bayi lahir. Semua kandungan dalam kolostrum tersebut membantu bayi bertumbuh dengan lebih sehat.

5. Menjaga Kesehatan Usus

Sistem pencernaan bayi belum sesempurna orang dewasa, sehingga tidak jarang bayi terserang diare ataupun masalah pencernaan lainnya. Kalau Si Kecil sudah diare, tentunya membuat Moms sangat cemas.

Kolostrum dapat dengan mudah dicerna oleh bayi dengan begitu dapat membantu melapisi usus. Apabila usus dilapisi dengan kandungan kolostrum, otomatis lapisan tersebut akan melindungi usus dari paparan infeksi serta penyakit yang mungkin datang seiring Si Kecil bertumbuh.

Hal ini juga mendorong pertumbuhan bakteri baik di sistem pencernaan.

6. Meningkatkan Imunitas

Manfaat ekstrak kolostrum untuk kulit bayi terakhir dan tidak kalah penting adalah meningkatkan imunitas. Apabila imun bayi bagus tentunya kulit pun turut menjadi sehat.

Konsumsi kolostrum terutama kolostrum sapi, dipercaya bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan semua bakteri dan virus penyebab penyakit.

Sistem kekebalan tubuh yang meningkat dari kolostrum, sebagian besar disebabkan oleh konsentrasi antibodi lgA dan lgG yang tinggi.

Baca Juga: 7 Nutrisi untuk Imun Bayi, Kuatkan Daya Tahan Tubuhnya!

Nah itu dia Moms manfaat ekstrak kolostrum untuk kulit bayi dan kesehatan lainnya secara menyeluruh. Banyak sekali, ya, Moms manfaatnya. Penelitian mengenai manfaat ekstrak kolostrum tentunya masih berkembang dan kemungkinan manfaat yang belum diketahui di masa sekarang akan ditemukan di masa depan.

Sehingga jangan ragu untuk memberikan Si Kecil produk mengandung kolostrum, ya, Moms!

  • https://www.medela.us/breastfeeding/articles/unexpected-uses-for-breast-milk
  • https://www.healthline.com/nutrition/bovine-colostrum#benefits
  • http://www.foodandnutritionjournal.org/volume1number1/colostrum-its-composition-benefits-as-a-nutraceutical-a-review/
  • https://intermountainhealthcare.org/blogs/topics/intermountain-moms/2018/04/understanding-colostrum-the-baby-super-food/#:~:text=The%20Power%20of%20Colostrum&text=Immunization%3A%20With%20powerful%20immune%2Dboosting,term%20development%20of%20your%20baby.
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/colostrum-supplements#benefits-for-babies

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb